Pengertian Kerjasama Internasional, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada

Kerjasama Internasional Adalah

Berbagai bentuk negara-negara yang ada di seluruh dunia akan senantiasa tergantung dengan negara lainnya. Hal ini tentusaja sedikit banyak membuktikan bahwa setiap bangsa yang secara de jure dan de facto tidak akan pernah bisa mandiri tanpa adanya bantuan dari Negara lain. Oleh karena itulah kerjasama internasional bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan warga negaranya.

Disisi lainnya, upaya kerjasama internasional dilakukan tidak terlepas daripada hubungan dengan Negara lain, hingga akhirnya keadaan ini memunculkan bahasan tentang berbagai bidang kehidupan dalam arti negaranya, baik pada sosial, budaya, politi, pendidikan, bahkan hukum.

Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional bisa dikatakan sebagai serangkaian perwujudan dan hubungan antarbangsa yang berpijak pada kepentingan nasional. Dimana kepentingan nasional ini sendiri berkaitan dengan tujuan nasional dalam kurun waktu tertentu yang berisi sasaran-sasaran nyata yang harus diwujudkan.

Sehingga keberhasilan dalam mewujudkan tujuan nasional dapat menjamin kelangsungan hidup seluruh element bangsa. Peryataan inilah, sejalan dengan asas hubungan intemasional yang dilaksanakan oleh tokoh politik dan bangsa Indonesia.

Pengertian Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional adalah hubungan yang dilakukan oleh berbagai bentuk negara atas nama warganya dalam memenuhi kebutuhan hidup dan menjaga keamanan secara nasional yang bisanya dilakukan lebih dari 2 negara dan tidak ada batasan wilayah serta batasan asas teritorial di dalamnya.

Pengertian Kerjasama Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Kerjasama Internasional Menurut Para Ahli
Pengertian Kerjasama Internasional Menurut Para Ahli

Adapun definisi kerjasama internasional menurut para ahli antara lain sebagai berikut;

  1. Dougherty dan Pflatzgraff (1997), Pengertian kerjasama internasional adalah hubungan antar Negara berbeda yang tidak ada unsur kekerasan atau paksaan dan disahkan secara hukum internasional dalam upaya memberikan kebebasan dalam membangun negaranya sendiri.
  2. Holsti (1987), Definisi kerjasama internasional adalah kolaborasi yang dilakukan setiap Negara dalam melihat masalah nasional (negaranya) yang dinggap perlu adanya penangan baik, lantaran jika tidak dilakukan akan mengancam kesatuan dan persatuan.
  3. Perwita dan Yani (2005), Arti kerjasama internasional adalah system hubungan dengan berdasarkan pada kehidupan internasional yang terbagi dalam berbagai bidang seperti ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya, lingkungan hidup, kesehatan, pertahanan, dan keamanan.

Jenis Kerjasama Internasional

Ragam macam bentuknya dalam kerjasama internasional, hal ini dilihat dari kebutuhan serta jumlah Negara yang berkaitan, diantarnya;

  1. Bilateral

Kerjasama internasional bilateral adalah sistem hubungan yang dilakukan setiap Negara dalam upaya menciptakan kebutuhan hidup masyarakatnya. Dengan ciri khas dalam kerjasama ini hanya dilakukan dalam satu bidang dan hanya dilakukan oleh dua Negara.

  1. Muliteral

Bentuk kerjasama internasional yang ke-2 adalah multiteral yaitu hubungan antar Negara yang dilakukan dengan jumlah tidak terbatas. Hal ini mengindikasikan bahwa setiap Negara dengan karakteristik yang sama akan mencoba membangun nilai kedamaian yang lebih baik.

  1. Regional

Jenis kerjasama internasional yang selanjutnya adalah kerjasama regional yang dilakukan oleh suatu Negara meredeka dengan karakteristik sama dalam wilayahnya. Simpelnya kerjasama ini senantisa identik dengan kesamaan dalam budaya, wilayah, dan lain sebaginya.

  1. Internasional

Kerjasama yang selanjutnya sekala internasional yang dilakukan dalam kesatuan Negara merdeka dalam upaya menjaga kedamaian hidup bersama. Sistem kerjasama ini lebih condong pada keterpihakan pada kedamaian dan kesamarataan antar Negara tergabung.

Tujuan Kerjasama Internasional

Adapun untuk tujuan diselenggarakannya kerjasama internasional. Antara lain;

  1. Iptek

Dalam segi kerjasama internasional yang dialkukan setiap Negara haruslah bertujuan untuk menengmbangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Apalagi pada era global seperti saat ini kemajuan setiap Negara lebih di ukur pada SDM-nya daripada SDA yang ada.

  1. Devisa

Dalam kerjasama internasional ialah meningkatkan devisa atau pendapatkan setiap Negara. Baik dalam segi investasi ataupun ekonomi setiap Negara yang melakukan hubungan kerjasama mempertimbangkan segi pendapatan untuk negaranya.

  1. Menjaga Perdamaian

Setiap Negara yang ada di seluruh dunia akan senantiasa untuk menghindari konflik dengan Negara lain. Hal ini dilakukan dalam upaya mengindari kerugian material dan nonmaterial. Dengan demikianlah setiap kerjasama internasional dilakukan akan bertujuan menjaga perdamaian.

Tujuan Kerjasama Internasional bagi Indonesia

Melihat penjelasan tentang pengertian, bentu, dan tujuan kerjasama internasional. Khusus bagi bangsa Indonesia, pelaksanaan kerja sama internasional dilakukan agar dapat mewujudkan kondisi yang bisa menjadikan status Negara berkembang menjadi Negara maju. Selain itupula hal-hal sebagal berikut ini menjadi fokus Indonesia dalam melakukan kerjasama;

  1. Upaya pembentukan NKRI sebagai Negara yang demokratis dengan wilayah kekuasaan dari seluruh wilayahnya.
  2. Mencipatakan masyarakat yang adil dan makmur, baik secara material, non material, dan spiritual dalam wadah NKRI.
  3. Uapaya melaksanakan hubungan persahabatan yang baik dengan semua negara di dunia.

Oleh karena itulah dalam melaksanakan kerja sama internasional Indonesia dengan bangsa lain, harus berorientasi pada;

  1. Kepentingan nasional
  2. Menitikberatkan pada arti solidaritas antar negara berkembang
  3. Mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa-bangsa, menolak penjajahan dalam segala bentuk
  4. Meningkatkan kemandirian bangsa dan bekerja sama internasional bagi kesejahteraan rakyat

Manfaat Kerjasama Internasional

Sejumlah manfaat yang dapat diberikan bagi setiap Negara dalam melakukan kerjasama internasional, antara lain;

  1. Kerjasama internasional akan senantisanya meningkatkan hubungan persahabatan antar Negara
  2. Mamberikan solusi atas perasamalah nasional
  3. Mampu meningkatkan devisa (pendapatan) setiap Negara
  4. Menjadikan wadah dalam bertukar pengetahuan dan teknologi

Contoh Kerjasama Internasional

Kejadian mengenai kerjasama internasional dilihat dalam peran Indonesia dalam hubungan internasional yang telah dilakukan, diantarnya;

  1. ASEAN

ASEAN tergolong sebagai bentuk kerjasama internasional dalam bentuk regional, hal ini dikarenakan yang menjadi anggota dalam kerjasama ini adalah Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara. Hingga saat inilah jumlah Negara yang tergabung dalam ASEAN berjumlah 10 negara merdeka.

  1. PBB

Contoh tentang bentuk kerjasama internasional selanjutnya adalah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang menjadi wadah bagi seluruh Negara di dunia termasuk Indonesia yang saat ini menjadi Anggota Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB.

  1. Ibadah Haji

Contoh dalam bentuk kerjasama internasional bilateral yang hanya dilakukan antara dua negara, yaitu Indonesia dan Arab Saudi dalam proses pelaksanaan Ibdah Haji bagi umat Islam.

Kerjasama ini kemudian dilakukan dalam upaya memberikan kesempatan untuk umat Islam melaksanakan Rukun Islam yang ke-5. Bentuk kerjasamanya dalam ibdah haji ini meliputi keamanan dan jaminan dalam pelaksanaan ibdahnya.

  1. Penanganan Covid

Salah satu hal yang mencenangkan bagi setiap negara di dunia pada tahun 2020 adalah terjadinya gelombang Covid yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan virus corona. Virus ini menular begitu sangat cepat antara manusia bahkan menalan jutaan jiwa masyarakat yang menanggal, oleh karena itulah beberapa negara melakukan kerjasama internasional dalam bidang kesehatan guna mengatasi permasalahan ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan dapat disimpulkan bahwa setiap Negara senantiasa melakukan hubungan dengan Negara lain dalam upaya memuh kebutuhan serta menangani masalah secara nasional. Hal ini dilakukan melalui sarana-sarana hubungan internasional.

Sehingga atas berlakunya hubungan internasional atas kerjasama internasional yang ada di setiap Negara seolah menujukan kebebasaan untuk bisa mensejahterakan warga negaranya.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai pengertian kerjasama internasional menurut para ahli, macam, tujuan, dan contohnya.

Saya adalah lulusan Universitas Lampung Tahun 2022 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bercita-cita ingin menjadi dosen