Syarat Penelitian yang Baik dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Syarat Penelitian

Penelitian biasa dilakukan untuk menemukan sesuatu yang baru dan biasa dilaksanakan dalam berbagai bidang kehidupan. Pada lingkungan akademis, penelitian dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial masyarakat. Pada bidang bisnis, penelitian dilakukan untuk menemukan target pasar. Pada lingkungan kesehatan, penelitian dilakukan untuk menemukan solusi penyakit. Begitu pentingnya sebuah penelitian, sehingga dijadikan syarat menempuh kelulusan di universitas.

Lantas, bagaimana penelitian dapat memenuhi standar yang baik sebagai sebuah penelitian? Bagaimana seorang peneliti harus bersikap dan betindak dalam melakukan penelitian? Pertanyaan tersebut adalah bekal yang sangat penting sebelum seseorang melakukan penelitian. Sehingga kita akan membahasnya pada artikel ini mengenai syarat-syarat penelitian yang baik dalam berbagai bidang kehidupan.

Penelitian

Penelitian adalah penyelidikan sistematis yang melibatkan pengumpulan data, dokumentasi informasi penting untuk menggambarkan, menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan fenomena yang diamati sesuai dengan metodologi yang ditetapkan oleh bidang profesional tertentu.

Penelitian biasa diartikan sebagai proses untuk menemukan pengetahuan baru dan atau penggunaan pengetahuan yang ada dalam cara yang baru dan kreatif sehingga menghasilkan konsep, metodologi, dan pemahaman baru. Penelitian dalam menemukan pengetahuan baru berbeda dari pengetahuan yang didapat dari membaca buku. Hal ini dikarenakan, penelitian menggunakan proses yang sistematis yang bisa kita sebut sebagai metode ilmiah.

Penelitian dirancang dengan cara tertentu untuk meningkatkan peluang mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan tertentu. Informasi yang dikumpulkan selama penelitian hanya berguna jika peneliti mengikuti prosedur penelitian.

Ketika peneliti mengikuti prosedur penelitian dengan baik, maka akan meningkatkan hasil penelitian yang akurat dan bermakna bagi orang lain.

Tujuan utama dari penelitian adalah untuk menginformasikan tindakan, membuktikan teori dan berkontribusi untuk mengembangkan pengetahuan dalam bidang atau studi. Dalam ilmu sosial, penelitian yang baik adalah penelitian yang dapat mempengaruhi kondisi manusia, baik dalam masyarakat pada organisasi besar atau individu di mana orang berada.

Penelitian harus dimulai dengan pertanyaan yang benar karena pertanyaan peneliti harus dijawab. Sehingga untuk mulai melakukan penelitian, maka seorang peneliti harus memiliki topik penelitian, keprihatinan, atau masalah yang berubah menjadi sebuah pertanyaan. Pertanyaan tersebut berasal dari masyarakat, penelitian sebelumnya, literatur profesional, atau dari lingkungan sekitar.

Syarat Penelitian

Adapun syarat penelitian yang baik dalam berbagai bidang adalah sebagai berikut, antara lain:

  1. Sistematis

Karakteristik penting dari penelitian yang baik adalah penelitian disusun berdasarkan langkah-langkah yang sudah ditentukan.

Metodologi penelitian didefinisikan secara jelas dengan rincian yang memadai. Ini akan memungkinkan pengulangan studi di masa depan untuk kemajuan lebih lanjut. Sambil mempertahankan kesinambungan dari apa yang telah dilakukan di masa lalu. Jadi, penelitian tidak mengesampingkan pemikiran kreatif. Hanya saja menolak penggunaan dugaan dan intuisi dalam mencapai hasil penelitian.

Sistematika penelitian tergantung dari jenis penelitian yang dilaksanakan. Apakah penelitian tersebut merupakan contoh penelitian kualitatif, kuantitatif atau pengembangan.

Sistematika penelitian juga tergantung dari bidang yang ditekuni. Apakah penelitian termasuk dalam menyelesaikan masalah sosial, pengembangan produk, atau penemuan formula baru. Sistematika penelitian menjadi acuan peneliti sehingga menghindari kesalahan dalam meneliti baik dari pengambilan data, pengolahan data hingga menarik kesimpulan.

  1. Logis

Penelitian harus dipandu dengan penalaran logis dan langkah-langkah yang logis pula, baik secara induksi maupun deduksi. Induksi merupakan penalaran dari bagian keseluruhan. Sementara itu, deduksi merupakan proses penalaran dari beberapa premis menuju kesimpulan dari premis tersebut.

Penalaran yang logis dapat mempermudah peneliti dalam mengambil kesimpulan. Jadi, penelitian tidak memiliki kesimpulan yang ambigu dan dapat diterima oleh akal manusia. Penelitian yang ambigu, tidak akan dapat dipercaya kebenarannya sehingga tidak dipakai untuk menyelesaikan permasalahan.

  1. Empiris

Penelitian yang baik menyiratkan bahwa penelitian tersebut terkait dengan satu atau lebih aspek pada situasi nyata serta berkaitan dengan data konkret guna memberikan dasar validitas eksternal penelitian.

Tennik analisis data harus diperoleh berdasarkan kondisi nyata dari pengamatan aktual dalam masyarakat. Peneliti tidak boleh membuat peristiwa seolah-olah ada. Penelitian didasarkan atas permasalahan yang benar-benar ada dengan tujuan menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi dalam masyarakat.

  1. Akurat

Akurasi adalah salah satu aspek yang penting untuk menghasilkan penelitian yang baik. Informasi yang diperoleh harus akurat dan benar untuk sifatnya. Akurasi diukur dalam instrumen yang digunakan, kalibrasi instrumen atau alat, dan hasil akhir penelitian.

Penelitian menggunakan berbagai macam validitas untuk menentukan keabsahan penelitian. Penelitian yang akurat sangat dibutuhkan dalam menjawab fakta atau permasalahan yang terjadi. Penelitian yang tidak akurat, maka akan diragukan kebenarannya.

  1. Dapat Ditiru dan Dilaksanakan

Desain dan prosedur penelitian direplikasikan atau diulang untuk memungkinkan peneliti sampai pada hasil yang sah dan konklusif.

Artinya, prosedur dan sistematika penelitian yang sudah direncanakan secara rinci memungkinkan peneliti lain mengulangi penelitian demi kemajuan hal yang diteliti. Selain itu, juga berguna untuk menjaga kesinambungan penelitian yang sudah dilaksanakan.

Oleh karena itu, hasil penelitian harus diizinkan untuk diverifikasi dengan mereplikasi studi mereka, sehingga dapat membangun dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan. Semakin banyak penelitian ditiru untuk direproduksi, maka semakin besar kemungkinan bahwa para peneliti dan masyarakat akan menerima penelitian tersebut sebagai penelitian yang benar.

  1. Tujuan Jelas

Tujuan memberikan kerangka kerja yang sangat baik dalam mendukung keberhasilan penelitian. Tujuan adalah pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian. Dirancang dengan baik untuk menciptakan hubungan yang jelas antara proyek penelitian dengan pertanyaan dalam penelitian.

Tujuan mendefinisikan struktur dalam penelitian. Hal ini berarti bahwa jika merencanakan penelitian dengan cermat, maka tujuan penelitian akan memenuhi tujuan yang ditentukan oleh pertanyaan dalam penelitian.

Salah satu karakteristik penelitian yang baik adalah tujuan dari penelitian ini didefinisikan dengan jelas. Sebuah studi penelitian dengan tujuan jelas menemukan penerimaan dan pengakuan yang lebih luas dalam komunitas penelitian.

Kesimpulan hanya dibatasi pada yang dibenarkan oleh data penelitian dan terbatas pada yang datanya diberikan secara memadai.

  1. Objektif

Penelitian harus dilaksanakan dengan prosedur yang benar guna mendapatkan hasil seobjektif mungkin. Peneliti harus melaporkan dengan kejujuran penuh, kelemahan dalam desain prosedural dan memperkirakan efeknya pada temuan penelitian.

Peneliti harus menghindari manipulasi data. Hasil akhir penelitian harus sesuai dengan prosedur penelitian, bukan berdasarkan perasaan peneliti. Penelitian yang subyektif akan mengurangi makna dari penelitian itu sendiri.

  1. Relevan

Penelitian yang baik adalah penelitian yang relevan dengan bidang studi peneliti dan masyarakat yang lebih luas. Penelitian dengan berbagai sumber materinya harus dikuasai oleh peneliti. Ketika peneliti menguasai materi penelitian, maka akan mempermudah peneliti untuk mengumpulkan dan mengolah informasi sehingga hasil penelitian menjadi akurat.

Namun, ketika materi penelitian tidak dikuasai oleh peneliti, maka kemungkinan besar akan terjadi hambatan dalam melaksanakan prosedur penelitian maupun dalam menarik kesimpulan. Selain itu, penelitian yang diteliti seorang ahli di bidangnya akan mudah diterima dan dipercaya keabsahannya oleh masyarakat.

  1. Kebaruan

Penelitian yang baik mempunyai prinsip kebaruan. Melalui prinsip kebaruan, menghindari adanya duplikasi penelitian yang sama persis. Artinya peneliti menghasilkan sesuatu yang baru dan asli di mana sebelumnya belum dikenal untuk memecahkan masalah baru. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan pemecahan masalah yang sesuai dengan kondisi jaman ketika penelitian dilaksanakan.

Terdapat beberapa tipe kebaruan di antaranya menemukan sesuatu untuk merubah prinsip dasar yang sebelumnya sudah pernah ada. Kebaruan juga dapat berupa perbaikan dari teori atau praktik yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Terakhir, kebaruan penelitian di mana peneliti menghasilkan prinsip dasar baru. Prinsip kebaruan dalam penelitian ini membutuhkan keratifitas dari peneliti.

  1. Komitmen dan Integritas Peneliti

Kepercayaan yang lebih besar dalam penelitian diperlukan jika peneliti berpengalaman, memiliki reputasi yang baik dalam penelitian dan merupakan orang yang berintegritas. Peneliti harus terbuka mulai dari hipotesis awal, prosedur penelitian, analisis data hingga penarikan keseimpulan.

Kualitas penelitian bergantung pada integritas dan moral peneliti. Peneliti harus meminimalisir kesalahan dalam penelitian karena akan berakibat fatal. Meskipun begitu, seorang peneliti bisa saja melakukan kesalahan. Hanya saja peneliti tidak boleh melakukan kebohongan dan manipulasi dalam penelitian. Manipulasi membuat hasil yang diperoleh tidak akurat.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Tentang syarat penelitian yang baik dalam berbagai bidang kajian yang akan dilakukan. Semoga bisa memberi edukasi, referensi, serta penjelasan yang bisa memahamkan.

Daftar Pustaka
  • https://parkerderrington.com/aims-and-objectives-why-the-world-needs-your-research/
  • https://en.wikiversity.org/wiki/Characteristics_of_research
  • https://www.drjohnlatham.com/good-research/
  • https://ori.hhs.gov/module-1-introduction-what-research
Gambar Gravatar
Guru PPKn Alumni Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *