Topik Penelitian; Pengertian, Jenis, Contoh, Unsur, dan Cara Menuliskannya

Diposting pada

Topik Penelitian Adalah

Sebelum menentukan pusataka/literature yang akan ditinjau dalam sebuah proyek penelitian, hal pertama yang harus dilakukan lebih dahulu adalah mengidentifikasi satu topik yang akan diteliti, lalu pertimbangkan apakah topik tersebut bermanfaat secara praktis atau tidak.

Topik adalah subjek atau materi subjek penelitian. Jelaskan topik penelitian dalam beberapa kata atau satu frasa singkat. Topik inilah yang nantinya akan menjadi gagasan utama yang harus dipelajari dan dieksplorasi oleh si peneliti. Topik penelitian akan menuntun  dan memberikan petunjuak atas apa yang harus diteliti, serta petunjuk yang akan digunakan peneliti untuk menyampaikan gagasan penelitian kepada orang lain. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang topik penelitian, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, jenis, unsur, dan cara menuliskan topik penelitian.

Topik penelitian

Topik ialah suatu pokok dari sebuah pembicaraan atau sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah contoh artikel. Jika dalam konteks penelitian, maka topk penelitian adalah suatu pokok permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian. Dalam menentukan topik penelitian terdapat beberapa syarat, yaitu:

  1. Topik penelitian yang dipilih harus menarik perhatian,
  2. Topik yang dipilih dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca,
  3. Topik penelitian yang dipilih harus mempunyai sumber acuan yang jelas atau real, dan lain-lain

Pemilihan topik harus terbatas karena apabila suatu topik itu terlalu luas maka topik itu akan menjadi dangkal dan tidak menarik untuk dibahas. Pembatasan topik meliputi : konsep, variabel, data, lokasi pengumpulan data dan waktu pengumpulan data.

Pengertian Topik Penelitian

Topik penelitian merupakan pokok dari penelitian atau pembicaraan dalam penulisan artikel ilmiah. Topik penelitian harus ditentukan sebelum seseorang melakukan penelitian karena topik penelitian akan menjadi landasan dasar setiap kegiatan penelitian dilakukan.

Pengertian Topik Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi topik penelitian menurut para ahli, antara lain:

Howe Opik

Topik penelitian ialah landasan dasar yang harus dimiliki sebelum langkah penelitian dilakukan, hal ini menyangkut pada proses syarat terbentuknya wacana percakapan yang baik dan secara sistematis dilakukan untuk meningkatkan kreadibiltas penelitian yang dilakukan.

SAGE Reference

Topik penelitian adalah subjek atau masalah yang menarik minat peneliti saat melakukan penelitian. Topik penelitian yang didefinisikan dengan baik adalah titik awal dari setiap proyek penelitian yang berhasil. Memilih topik adalah proses berkelanjutan yang dilakukan oleh para peneliti untuk mengeksplorasi, mendefinisikan, dan memperbaiki ide-ide mereka.

Norges teknisk-naturvitenskapelige universitet

Topik penelitian adalah pertanyaan penelitian yang akan Anda jawab dalam makalah Anda. Topik penelitian Anda dapat didasarkan pada fenomena yang diamati atau fakta.

Jenis Topik Penelitian

Topik penelitian ilmiah memiliki banyak sumber inspirasi termasuk dari pengamatan fenomena alam, mengamati perilaku hewan, atau reaksi orang dalam situasi kehidupan. Tanggapan alami untuk pengamatan ini adalah untuk bertanya:

Mengapa mereka melakukan itu? Bagaimana itu bisa terjadi? Bagaimana jika saya yang melakukan itu? 

Pada dasarnya banyak hal yang dapat menjadi topik penelitian. Berikut ini terdapat beberapa kategori beserta contoh topik penelitian, diantaranya yaitu:

Antropologi

Topik penelitian ini merupakan studi komparatif budaya manusia; bagaimana gagasan tentang adat, tindakan, dan bentuk institusi yang didasarkan pada pengalaman individu dan kelompok.

Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya;

Topik Penelitian Sosial

Membandingkan nasionalisme pada negara berbentuk republik dan monarki; Pengobatan HIV/AIDS di Afrika Barat.

Studi Media Komparatif

Topik penelitian ini merupakan studi tentang bagaimana teknologi media dan penggunaannya dapat memperkaya kehidupan individu secara lokal, nasional, dan global. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Media Komparatif

Produksi dan pengaruh media di Korea Utara; Pengaruh Bollywood pada konteks sosial India; Dampak permainan elektronik, video, dan seluler pada perkembangan sosial remaja.

Seni dan Arsitektur

Topik penelitian in merupakan studi tentang karya seni dan arsitektur serta keterlibatan kritis terhadap konteks sosial, politik, dan materialnya. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Seni dan Teknik Arsitektur

Perdebatan sejarah tentang patung polikrom di Yunani kuno; Teknik grafis dalam poster propaganda Soviet; Ekspresi nasionalisme dalam rencana Le Corbusier untuk Chandigarh.

Studi Budaya

Topik penelitian ini berfokus pada dinamika politik budaya dan fondasi historisnya, konflik, ciri-ciri yang menentukan, estetika, dan praktik. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Studi Budaya

Perbandingan penggunaan gerakan di berbagai budaya; Ras dalam perspektif komparatif; Gerakan sosial: Pemikiran kembali tentang globalisasi.

Ekonomi

Topik penelitian ini merupakan studi tentang perilaku individu, kelompok, dan organisasi ketika mereka menggunakan sumber daya yang langka untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Ekonomi

Mengapa serikat pekerja masih penting: Pengaruh serikat pekerja pada distribusi pendapatan karyawan; Faktor-faktor yang mempengaruhi resesi ekonomi 2008.

Sejarah

Topik penelitian ini merupakan studi tentang masa lalu dan bagaimana hubungannya dengan manusia; khususnya, analisis urutan peristiwa masa lalu, dan penentuan sebab dan akibatnya. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Sejarah

Politik dan teater di Perancis pada abad ke-17 dan ke-18; Sejarah Rusia dan Soviet.

Ilmu bahasa

Topik penelitian ini merupakan sudi tentang aturan yang mendasari struktur bahasa, dan apa yang mereka ungkapkan tentang prinsip-prinsip umum yang menentukan perkembangan bahasa pada individu. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Bahasa

Lokalitas dan kekhususan fitur dalam efek OCP: Bukti dari Aymara, Belanda, dan Jawa; Partikel, modalitas, dan semantik imperative Jerman.

Literatur

Topik penelitian ini merupakan studi tentang sebuah karya tulis. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Studi Literatur

Hadirnya Alusi Alkitab dalam literatur modern; Tema umum dalam literatur Renaissance Inggris; Tulisan tentang perjalanan dan pertemuan budaya.

Sains, Teknologi, dan Masyarakat

Topik penelitian ini merupakan studi tentang bagaimana sains dan teknologi mempengaruhi dan mengekspresikan nilai-nilai kemanusiaan, politik, dan budaya. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Sains, Teknologi, dan Masyarakat

Teknologi dalam sejarah Amerika; Interaksi antara manusia dengan mesin; Representasi diri di media sosial; Narkoba, politik, dan budaya.

Studi Tentang Wanita dan Gender

Topik penelitian ini merupakan studi tentang perempuan, jenis kelamin, dan seksualitas dalam persimpangan dengan ras, etnis, agama, dan kelas. Contoh proyek penelitian yang telah dilakukan misalnya:

Topik Penelitian Studi Tentang Wanita dan Gender

Karakteristik para pemimpin wanita global di abad ke-21; Membandingkan kebijakan tempat kerja dan sosial di berbagai negara; Sejarah industrialisasi dan perubahan peran gender.

Unsur Topik Penelitian

Topik penelitian memiliki beberapa karakteristik yang menjadi syarat daripada unsur kepenulisan, diantaranya yaitu;

  1. Bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Dapat diteliti atau rasiopal.
  3. Sesuai dengan keahlian yang dikuasal peneliti.
  4. Dapat dijangkau (tempat, waktu, tenaga, dan dana).
  5. Mempunyai data-data pendukung atau penelitian yang relevan.
  6. Menarik bagi peneliti.
  7. Mempunyai variabel yang jelas.

Cara Menulis Topik Penelitian

Berikut ini langkah-langkah dalam memilih dan menuliskan topik penelitian yang tepat dalam 5 Langkah, yaitu:

Brainstorm atau curah pendapat

Langkah pertama dan mungkin langkah termudah adalah mengadakan sesi curah pendapat untuk melihat topik apa yang terbaik untuk Anda. Yang terbaik adalah menemukan sesuatu yang menarik minat Anda, tetapi Anda tidak perlu takut untuk keluar dari zona nyaman Anda sedikit pun.

Lihatlah apa yang terjadi di berita dan lihat apakah ada sesuatu yang memicu ledakan kreatifitas Anda. Buatlah daftar terkait pilihan topik yang memungkinkan dan mulailah proses seleksi.

Pilih Topik

Langkah selanjutnya adalah memilih topik yang mungkin terdengar jelas dan langsung karena melakukan langkah ini dengan benar adalah penting jika Anda ingin sisa prosesnya tidak menyulitkan. Kesalahan umum yang sering dilakukan siswa adalah terlalu spesifik pada tahap awal, namun memilih topik yang tepat adalah proses eliminasi.

Tujuan memulai dengan ide akhir adalah untuk menghemat waktu. Waktu yang Anda habiskan untuk mencapai tahap itu akan membantu Anda dengan sisa proses, jadi sebaiknya jangan terburu-buru.

Mulailah dengan memilih subjek yang sangat luas, semakin luas maka akan semakin baik. Langkah-langkah selanjutnya akan memperkuat ide Anda yang akan membawa Anda lebih dekat pada konsep akhirnya.

Dapatkan Subjek yang Super Spesifik

Setelah Anda menentukan subjek yang luas, langkah selanjutnya adalah mempersempit subjek agar Anda mendapatkan yang lebih spesifik atau super spesifik. Ini akan membantu Anda menentukan apakah subjek Anda memiliki kedalaman dan layak dibaca.

Jika langkah ini membutuhkan sedikit waktu dan Anda berubah pikiran tentang topik Anda, jangan khawatir karena setelah Anda melakukan langkah ini, sisanya akan mudah.

Idenya adalah untuk mendapatkan ide luas Anda dan kemudian mengekstrak elemen tertentu dari subjek itu. Kemudian, Anda harus mengambil aspek itu dan membuatnya lebih spesifik. Misalnya, jika topik Anda tentang musik, maka Anda harus menunjukkan musick yang lebih spesifik, misalnya tentang musik blues.

Dan kemudian menjadi lebih tepat dengan semakin mempersempit atau menspesifikkan kajian penelitian Anda tentang efek dan pengaruh Musik Blues dari pedesaan Mississippi terhadap Musik Blues di Chicago pada tahun 50-an.

Tentukan Topik Anda sebagai Pertanyaan

Setelah Anda memiliki topik tertentu, Anda sekarang perlu mendefinisikannya sebagai sebuah pertanyaan yang akan membantu Anda memahami konteks penelitian Anda. Misalnya, jika topik pilihan Anda adalah “Efek Musik Blues dari pedesaan Mississippi terhadap Musik Blues di Chicago pada tahun 50-an”, maka Anda perlu mengubahnya menjadi sebuah pertanyaan: “Bagaimana Musik Blues dari pedesaan Mississippi mempengaruhi arus utama Musik Blues di Chicago”.

Teliti Topik Anda Secara Lebih Mendalam/Buat Garis Besar

Pada tahap ini, pada dasarnya Anda memiliki makalah yang menunggu untuk ditulis, yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengkaji  secara mendalam tentang aspek-aspek spesifik penelitian Anda, dan membuat garis besar dari apa yang ingin Anda hasilkan dari penelitian Anda.

Tulis jawaban dengan kalimat untuk pertanyaan topik yang sudah Anda tentukan, dan Anda siap untuk memulai penelitian Anda.

Baca juga;

  1. Contoh Penelitian Kualitatif
  2. Contoh Penelitian Kuantitatif
  3. Pengertian Sampel Penelitian dan Contohnya

Itulah tadi penjelasan secara lengkapnya mengenai pengertian menurut para ahli, jenis, unsur, cara menuliskan, dan contoh topik penelitian dari beragam kajiannya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan kepada segenap pembaca yang sedang mendalaminya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *