Macam-Macam Disiplin dan Contohnya

Diposting pada

Macam-Macam Disiplin

Memahami apa sebenarnya disiplin dan apa arti yang pada hekakatnya ada, mari kita lihat asal kata untuk menemukan maksud dan bentuk aslinya. Kata disciple berasal dari kata Latin discipulus yang berarti murid. Dengan demikianlah, kebanyakan orang percaya seorang disciple adalah pengikut, dalam kenyataannya itu berarti murid. Seorang murid adalah seorang pembelajar. Kata disiplin juga berasal dari kata dasar discere yaitu belajar.

Sehingga sangat amatlah pantas jika dalam berbagai kehendak-kehendak hidup di dalam masyarakat peristilahakan ini lebih sering bermunculan di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, serta lingkungan di masyarakat. Sebagai penjelasan lebih lengkapnya, artikel ini akan menguraikan tentang jenis-jenis disiplin secara umum.

Disiplin

Pengertian disiplin menurut pa ahli, salah satunya ialah John Macquarrie adalah kemauan dan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang dalam mematuhi seluruh peraturan yang telah terangkai dengan tujuan-tujuan untuk tertentu untuk menpai kebersamaan, kesajahaan, keadilan, serta keteraturan sosial di dalam kehidupan bermasyarakat.

Macam Disiplin

Disiplin yang muncul di dalam kehidupan masyarakat pada dasarnya terdiri dari banyak hal. Antara lain sebagai berikut;

Disiplin dalam Menggunakan Waktu

Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan sangat baik. Sebabnya waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan yang dimiliki oleh seseorang adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik. Contohnya di lingkungan sekolah misalnya, adalah dengan mempergunakan waktu untuk belajar selama 8 Jam perharinya.

Disiplin dalam Beribadah

Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan. Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk disiplin seperti halnya dalam arti norma kita, yakni menjaga sholat lima waktu.

Disiplin dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kedisiplinan merupakan hal yang amat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan nasional yang mencerminkan karakter bangsa dalam bernegara. Salah satu sikap yang bisa diberikan adalah disiplin dalam menjalakan segala bentuk ideologi Pancasila serta tidak ada keinginan sedikitpun untuk merubahnya.

Disiplin Diri Pribadi

Disiplin pribadi mengandung beberapa unsur seperti adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Misalnya dalam disiplin waktu ini sendiri ialah dengan berusaha sekuat hati untuk tidak mempergunakan kendaraan pribadi dan lebih mengutamakan kendaraan umum.

Disiplin ini sangat baik diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, lantaran dengan adanya disiplin yang seperti inilah polusi serta tingkat kemacetan dan kecelakaan bisa ditekan dengan seminal mungkin.

Disiplin Sosial

Disiplin sosial adalah ketepatkan yang berkaitan dengan berhubungan dengan masyarakat atau dalam hubungannya dengan lingkungan yang ada di sekitar. Contoh nyata yang ada dalam disiplin sosial ini sendiri misalnya dengan menjalakan gotong royong di masyarakat seusai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Disiplin Nasional

Disiplin nasional adalah status mental setiap bangsa yang tercermin dalam perbuatan-perbuatan yang ada di dalam bentuk keputusan dan ketaatan. Disiplin nasional dilakukan secara sadar ataupun melalui pembinaan terhadap beragam macam norma-norma kehidupan yang berlaku.

Misalnya disiplin nasional ini adalah dengan mengagendakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan di Indonesia yang setiap waktunya selalu dirayakan pada tanggal 17 Agustus. Selain sebagi penghargaan kepada para pahalawan yang memperdekaan Indonesia juga memberikan nilai-nilai sejarah yang seyognya akan senantiasanya diwariskan di dalam kehidupan bermasyarakat.

Dari serangkaian penjelasan serta pengulasan diatas, setidaknya penting diketahui bahwasanya disiplin ini dapat berupa seperangkat harapan yang diperlukan oleh setiap sistem pemerintahan pemerintahan termasuk diri, kelompok, kelas, bidang, industri, atau masyarakat. Sehingga semuanya bisa diakomodir dengan baik, agar sesuai dengan identitas nasional yang berkembang.

Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang jenis-jenis disiplin dan contohnya dalam kehidupan. Semoga melalui tulisan inilah bisa memberikan wawasan serta menambah segenap pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *