Macam Gaya Hidup di Masyarakat Indonesia di Contohnya

Diposting pada

Macam Gaya Hidup

Gaya hidup atau biasa kita sebut dengan lifestyle, merupakan bagian dari suatu kebutuhan atau hajat hidup setiap masyarakat yang seringkali berubah-ubah dan sangat bergantung pada zaman. Istilah gaya hidup sudah tak asing lagi bagi kita. Karena kehidupan setiap manusia pastinya tak jauh berbeda dari yang namanya gaya hidup.

Semakin merangkaknya zaman, semakin merangkak pula dunia digital. Sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan berbagai cepatnya arus komunikasi maka dapat juga memberikan pengaruh terhadap gaya hidup suatu masyarakat. Adanya globalisasi juga terdapat pengaruhnya terhadap gaya hidup di negara Indonesia yang meniru gaya hidup kebarat-baratan (western). Hal ini juga bisa memberikan dampak negatif untuk masyarakat itu sendiri apabila kurang memilih bagaimana yang baik dan buruk.

Gaya Hidup

Gaya hidup setiap manusia sangatlah berbeda-beda. Seperti cara berpakaian, kebiasaan makan, minum, dan lain-lain. Gaya hidup setiap orang sebenarnya tergantung dengan bagaimana pandangan orang lain dan persepsi orang lain.

Gaya hidup merupakan salah satu perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam bentuk kegiatan atau aktivitas, berbagai minat dan opini yang lebih khusus berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan bagaimana status sosialnya.

Pengertian Gaya Hidup

Adapun definisi gaya hidup menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Kotler

Gaya hidup merupakan sebuah pola hidup seseorang yang ada di dunia yang melakakukan pengekspresiannya dalam bentuk aktivitas, minat serta bagaimana opininya. Gaya hidup menggambarkan bagaimana kesuluruhan yang ada pada diri manusia ketika berinteraksi dalam lingkungannya.

Plummer

Gaya hidup merupakan suatu cara hidup setiap individu yang mana diidentifikasikan dengan bagaimana orang tersebut menghabiskan waktu atau aktivitas mereka, dengan menganggap itu penting bagi dirinya.

Adler

Mengungkapkan bahwa gaya hidup merupakan suatu hal yang paling mudah berpengaruh pada sikap dan perilaku setiap orang terhadap hubungannya dengan 3 hal dalam hidupnya yaitu pekerjaan, cinta dan persahabatan.

Sarwono

Menjelaskan bahwa gaya hidup dilatarbelakangi beberapa faktor dan salah satunya adalah faktor yang mempengaruhi gaya hidup adalah konsep diri. Yang mana gaya hidup tergantung bagaimana seseorang tersebut beranggapan.

Macam Gaya Hidup di Indonesia dan Contohnya

Adapun untuk jenis-jenis gaya hidup yang umumnya ada dalam karakteristik masyarakat madani, antara lain sebagai berikut;

Gaya hidup Modern

Pada zaman sekarang ini semua serba modern dan praktis. Semua yang rumit menjadi lebih mudah dan memuaskan. Misal saja penggunaan handphone untuk berkomunikasi. Dulu sebelum ada handphone, alat komunikasi adalah surat. Pengiriman surat juga membutuhkan waktu yang lama. Dan sekarang sudah ada handphone.

Lebih praktis penggunaannya dan lebih mudah untuk berkomunikasi. Semua yang jauh menjadi lebih dekat. Dengan maraknya teknologi maka disebut sebagai gaya hidup digital atau digital lifestyle yang merupakan penggambaran gaya hidup modern. Teknologi sangat berperan untuk semua bidang. Tujuan adanya teknologi adalah untuk mencapai efisiensi dan produktivitas yang maksimal. Kenyataannya memang teknologi berperan besar dalam kehidupan.

Gaya Hidup Sehat

Kesehatan merupakan unsur paling penting yang harus diperhatikan. Kesehatan yang terganggu akan sangat berpengaruh pada aktivitas keseharian. Kesehatan yang terganggu juga akan membuat tingkat fokus menurun. Kesehatan sangat mahal harganya, begitulah pepatah mengatakan. Karena ketika sakit, semua kegiatan akan sulit dan tidak mudah seperti biasanya.  Perilaku hidup sehat harus ditanamkan sejak dini, agar terhindar dari penyakit.

Gaya hidup Hemat

Hemat pangkal kaya. Tentunya ketika kita berhemat akan semakin banyak tabungan yang disimpan. Melakukan penghematan salah satu hal terpuji dan memang setiap manusia yang boros, sangat tidak dianjurkan oleh agama. Gaya hidup hemat tentu saja akan melatih disiplin dalam hala manajemen pengeluaran.

Gaya hidup Hedonis

Hedonis ini merupakan sebaliknya dari hemat. Dalam hedonis ini, adalah dengan membelanjakan sesuatu secara berlebihan dan hidup mewah. Tentu saja, hidup hedonis ini juga dipandang tidak baik dalam sisi agama. Karena mengahamburkan uang untuk berbelanja atau konsumsi. Apalagi semakin pesatnya teknologi, maka semakin mudah pula masyarakat untuk hidup hedonis. Semua menjadi lebih mudah dan praktis.

Gaya hidup bebas

Semakin pesatnya perkembangan kehidupan, semakin banyak pengaruh yang didapat. Adanya globalisasi memberika pengaruh positif dan negatif. Secara positif, globalisasi membantu masyaraat dalam mencari informasi serta memudahkan pekerjaan mereka. Namun juga memberikan hal negatif. Seperti semakin maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja.

Indonesia ini merupakan negara yang mengunggulkan macam-macam norma kesopanan untuk setiap daerah, namun karena pengaruh global, semuanya menjadi berantakan. Berbagai budaya atau kebiasaan barat memasuki negara ini dan menyebabkan banyak remaja yang meniru gaya hidup mereka yang secara bebas. Banyak sekali kasus di Indonesia mengenai pernikahan dini atau hamil diluar nikah.

Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai dampak perilaku tercela tersebut. Juga pengaruh dari kebiasaan orang barat. Tentunya perbuatan seperti ini melanggar norma. Merugikan semua pihak. Dan rentan dikucilkan masyarakat.

Nah, itulah tadi referensi yang menjadi literasi tentang macam-macam gaya hidup di Indonesia dan contohnya. Semoga memalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian, trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *