Dasar Negara: Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Dasar Negara

Setiap bentuk negara di dunia selalu memiliki dasar-dasar yang kerapkali dijadikan panduan dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan serta regulasi pengendalian sosial dalam masyarakat. Termasuk di dalamnya ialah Indonesia, yang mana dari de facto memiliki dasar negara Pancasila dengan memberikan 5 konsep landasan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial, pemerintahan, dan pengaturan kewarganengaraan. Oleh sebab itulah sebagai penjelasan lebih lanjut, artikel ini mengulas lengkap tentang pengertian dasar negara, manfaat, fungsi, dan contohnya.

Dasar Negara

Dasar negara adalah sebuah peristilahan yang menjelasan tentang landasan hidup untuk menjadi pedoman prilaku masyarakat dalam bangsa-bangsa merdeka, sebagai rangkaian aktivitas-aktivitasnya agar sesuai dengan tujuan serta harapan yang diiinginkan.

Pengertian Dasar Negara

Pengertian dasar negara adalah pondasi yang menjadi latar belakang terhadap berdirinya negara merdeka secara de facto dan de jure, sehingga bisa dijadikan sebagai pusat pelaksanaan serta pengontrolan terhadap berbagai kehidupan ketatanegaraan yang ada. Baik dalam segi hukum, budaya, keanekaragaman ataupun yang lainnya.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli tentang arti dasar negara, antara lain adalah sebagai berikut;

Karl Marx

Pengertian dasar negara adalah tingkatan konsensus masyarakat yang memiliki peranan tertinggi dalam mergulasi kekuasaan serta penyetaraan atas kesajahteraan masyarakat secara bersama-sama. Arti ini lebih mengindektikan bahwa dasar negara sebagai tujuan utama untuk menciptakan masyarakat yang sosialis.

George Jellinek

Definisi dasar negara adalah kekuasan hukum yang didapatkan dalam suatu bengsa atas kesempatakan kelompok-kelompok tertentu sebagai keterwakilan berbagai daerah yang ingin bersatu guna menunjukan kesepakatan untuk hidup secara bersama-sama.

J. Rousseau

Arti dasar negara adalah kesepakatan masyarakat yang memiliki fungsi dalam menjaga kebersatuan serta kemerdekaan negara dengan atas dasar hukum serta sejarah untuk proses pembentukannya. Ahli kewargenagaraan ini seolah memberikan makna terhadap konsep kesatuan dan persatuan secara menyeluruh.

Aristoteles

Dasar negara adalah korelasi yang dilakukan antar dewan masyarakat untuk membentuk persatuan hukum dalam sistem kebersamaan tanpa memberikan perbedaan sebagai upaya menciptakan kerukunan, perdamaian, serta memudahkan mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.

Atas dasar pengertian diataslah setidaknya, mengertiakan bahwa pengalaman sejarah politik pada masa Iampau membuktikan bahwa sejatinya dasar negara akan didapatkan. Misalnya saja dalam koredor ini seperti ideologi Pancasila yang dapat bertahan dari pengaruh komunisme yang sangat besar dengan keyakinan masyarakat sebagai dasar negara baik (sempurna).

Manfaat Dasar Negara

Adapun beberapa manfaat yang bisa dikemukakan dari adanya dasar kenegaraan ini, antara lain sebagai berikut;

Pedoman Hidup

Peranan yang dikemukakan dalam terbentuknya dasar negara ialah memberikan jaminan atas pedoman hidup masyarakat. Karakteristik ini didapatkan lantaran setiap negara harus memiliki batasan-batasan tertentu yang menjadi ketentuan dalam penerapan norma hukum yang dilakukan.

Kejelasan Tujuan

Tujuan pendirian setiap bangsa-bangsa di dunia tidak akan terlepas daripada dasar negara, hal ini mengindikan bahwa setiap bangsa merdeka senantiasa menyelipkan dasar keneragaam untuk menjadi pedoman bagi masyarakat secara luas.

Identitas Nasional

Contoh identitas nasional yang dipergunakan setiap bangsa-bangsa merdeka di dunia tidak akan terlepas darimapada adanya peranan dasar negara, kondisi ini dilakukan dengan tujuan bahwa setiap neraga maju akan menjunjung tinggi peranan sejarah yang melatarbelakangi kemerdekaan. Selengkapnya, baca; Contoh Identitas Nasional Indonesia dalam Keseharian

Pandangan Hidup

Selanjutnya, yang bisa disebutkan sebagai bagian daripada manfaat dasar negara ialah menjadi pandangan hidup, untuk seluruh element masyarakat. Peristiwa ini terjadi dengan sebab bahwa setiap masyarakat akan mematuhi apapun yang sudah menjadi konsensus bersama. Selengkapnya, baca; Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Ideologi

Terakhir, yang menjadi peranan dalam dasar negara ialah menjadi ideologi. Pengertian ideologi ini sendiri ialah keyakinan yang dimiliki masyarakat untuk menunjukan sikap persatuan dan kesatuan sehingga memiliki fungsi-fungsi yang lebih baik lagi, misalnya salam hal ini adalah Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

Fungsi Dasar Negara

Adapun peranan yang dapat diberikan dalam koredor dasar negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat dipahami melalui sifat yang melakat pada landasan dasar ini, beragam sifat-sifat penting yang menjadi identitasnya tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Dasar negara memiliki fungsi dengan jelas untuk arah dan tujuan pasti. Atas dasar ideologi, program-program pembangunan dapat dirumuskan secara balk, terarah, kontinu, dan maju, balk yang bersifat internasional, nasional, regional, maupun lokal. Dengan demikian, pembangunan dapat berguna bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Pembangunan tidak akan berhasil tanpa ide, cita-cita, dan tujuan hidup. Dengan demikian, tidak ada program pembangunan yang lahir tanpa terbentunya dasar negara.
  • Dasar negara mampu menjawab setiap tantangan dan hambatan dalam kehidupan nyata (bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara).
  • Dasar negara sebagal pokok fundamental normatif bagi kehidupan negara dan mentalitas serta martabat bangsa.
  • Dasar negara sebagai konsensus bersama berperan besar dalam menjaga integrasi secara nasional, bagi setiap negara dunia.

Contoh Dasar Negara

Adapun contoh tentang perwujutan atas dasar negara ini, misalnya saja ialah Indonesia dengan melekatkan Pancasila sebagai konsensus bersama-sama dengan memiliki sejarah panjang untuk proses pembentukannya, termasuk mengedepankan nilai bersamaan dan pluralisme diantara perbedaan yang ada. Baca jugaPengertian Negara Bagian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Pancasila Dasar Negara Indonesia

Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia akan senantiasanya tetap bertahan sebagai  pegangan hidúp bangsa Indonesia. Pancasila merupakan hasil komitmen bersama yang mampu mengantarkan Indonesia mencapai tujuan para tokoh bangsa mengenai nilai-nilai luhur seperti dalam Pembukaan UUD 1945.

Tujuan negara bangsa Indonesia. Sikap komitmen hendaknya Indonesia akan tercapai apabila nilai-nilai dalam  Pancasila diterapkan secara disiplin dalam menunjukkan sikap komitmen. Misalnya saja aktivitas ini bisa dilakukan oleh setiap pelajar (sekolah) di Indonesia dengan cara membuat jadwal belajar di rumah dan mematuhi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang serangkaian uraian pengertian, manfaat dasar negara, tujuan, serta contohnya implementasinya. Semoga melalaui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pemahaman kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *