Pengertian Negara Maju, Ciri, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Negara Maju Adalah

Banyak dari kita cukup beruntung untuk tinggal di tempat di mana kita tidak perlu khawatir mendapatkan air bersih dan makanan bergizi. Itu mungkin karena kita hidup di negara maju dengan ekonomi yang sangat maju, aktivitas dan infrastruktur industri maju, dan tingkat kemiskinan yang relatif rendah. Negara-negara maju ditandai oleh standar hidup yang relatif tinggi di mana banyak orang memiliki cukup uang untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan. Ekonomi mereka cenderung lebih stabil dan makmur daripada definisi negara berkembang, yang sebagai perbandingan memiliki lebih sedikit industrialisasi, pertumbuhan populasi yang lebih tinggi, dan pengangguran yang lebih tinggi. Banyak negara maju juga dikenal dengan banyak inovasi teknologi. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari pengertian negara maju, ciri, macam dan contohnya.

Negara Maju

Negara maju adalah negara berdaulat dengan industri dan Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi dibandingkan dengan negara lain. Ia juga harus memiliki infrastruktur berteknologi maju, dan ekonominya harus sangat berkembang. Ia juga disebut sebagai negara industri.

Metrik yang paling umum digunakan untuk menentukan apakah ekonomi suatu negara disebut berkembang atau maju adalah PDB per kapita, meskipun tidak ada klasifikasi yang ketat bagi suatu ekonomi untuk dipertimbangkan baik berkembang atau maju.

Beberapa ekonom menganggap US$12.000 hingga US$15.000 PDB per kapita cukup untuk mendapat status negara maju sementara yang lain tidak menganggap negara maju kecuali jika PDB per kapita di atas US$25.000 atau US$ 30.000.

Namun, PDB per kapita yang tinggi saja tidak memberikan status ekonomi maju tanpa faktor-faktor lain. Sebagai contoh, Struktur Perserikatan Bangsa-Bangsa masih menganggap Qatar, yang memiliki PDB per kapita tertinggi kedua di dunia pada tahun 2017 sebesar US$124.900 termasuk negara berkembang karena negara tersebut memiliki ketimpangan pendapatan yang ekstrem, kurangnya infrastruktur dan kesempatan pendidikan yang terbatas bagi warga negara yang tidak kaya.

Untuk bentuk negara-negara yang sulit dikategorikan, para ekonom beralih ke faktor-faktor lain untuk menentukan status negara maju. Kriteria standar hidup seperti tingkat kematian bayi dan harapan hidup, berguna meskipun tidak ada batasan yang ditetapkan untuk tindakan ini juga. Namun, sebagian besar negara maju menderita kurang dari 10 kematian bayi per 1.000 kelahiran hidup, dan warganya rata-rata berusia 75 tahun atau lebih.

Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah negara yang memiliki bidang usaha dan infrastruktur (jalan, bandara, listrik, dan lain-lain) lebih banyak daripada negara berkembang. Angka yang paling banyak digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi adalah produk domestik bruto (PDB) dan pendapatan per kapita (pendapatan rata-rata per orang). Lainnya termasuk jumlah industri, angka melek huruf, harapan hidup dan standar hidup dasar.

Negara-negara maju memiliki ekonomi pasca-industri, yang berarti bahwa sektor jasa menjadi lebih penting dari sektor manufaktur. Pekerjaan sektor jasa adalah pekerjaan di mana seseorang melakukan sesuatu untuk orang lain atau melayani seseorang, seperti menjual atau memperbaiki suatu produk. Sedangkan pekerjaan sektor manufaktur sebenarnya membuat produk, biasanya di pabrik.

Di negara maju, pekerjaan industri dapat dipindahkan (outsourcing) ke negara-negara kurang berkembang yang membayar pekerja lebih murah. Negara-negara berkembang mungkin dalam proses industrialisasi (membangun pabrik dan infrastruktur) dan negara-negara terbelakang biasanya bergantung pada pertanian, seringkali pertanian menjadi mata pencaharian utama.

Pengertian Negara Maju Menurut Para Ahli

Adapun pengertian negara maju menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Kofi Annan

Mantan sekjen dalam sejarah PBB tersebut mendefinisikan negara maju sebagai negara yang memungkinkan semua warganya menikmati kehidupan yang bebas dan sehat di lingkungan yang aman.

Merriam Webster Dictionary

Negara yang memiliki tingkat industrialisasi dan standar hidup yang relatif tinggi.

Cambridge Dictionary

Negara dengan banyak aktivitas industri dan di mana orang umumnya memiliki pendapatan tinggi.

PBB

Negara maju adalah negara yang memiliki indeks HDI 0,8 atau lebih.

Ciri Negara Maju

Negara maju adalah negara yang menawarkan keamanan ekonomi dan kualitas hidup yang tinggi bagi penduduknya. Berikut ini adalah karakteristik dasar dari negara maju.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tinggi

HDI adalah ukuran yang dikembangkan oleh PBB untuk mengukur pembangunan manusia di suatu negara dan semakin tinggi HDI semakin sejahtera negara itu. Berbeda dengan GDP atau GNP, yang hanya memberikan informasi pendapatan dan produktivitas, HDI memberikan informasi bagaimana pendapatan diubah menjadi pembangunan manusia seperti pendidikan atau kesehatan.

Di negara maju, tingkat kematian anak saat lahir sangat rendah, dan pendidikan dapat diakses oleh semua. HDI selalu dikuantifikasi dan diletakkan pada skala antara 0 dan 1 dengan yang paling maju memiliki skor di atas 0,8.

Pendapatan Per Kapita Besar

Ini mengacu pada jumlah rata-rata uang yang diterima seseorang dalam satu tahun di wilayah tertentu. Ini dihitung dengan membagi total pendapatan di negara tertentu dengan total populasi negara itu. Pendapatan per kapita yang tinggi menandakan keamanan ekonomi dan keuangan yang tinggi untuk populasi umum negara itu.

Produk Domestik Bruto (PDB) juga digunakan untuk menentukan nilai per kapita. PDB adalah nilai pasar dari produk akhir yang diproduksi di suatu negara untuk periode tertentu sebagian besar triwulanan atau tahunan. Jika PDB suatu negara tinggi, maka negara itu lebih maju.

Industrialisasi Berkembang Pesat

Untuk negara maju, tingkat industrialisasi tinggi sehingga tenaga kerja kurang bergantung pada pertanian. Negara seperti itu akan memiliki ekspor yang lebih tinggi daripada impor sehingga keuntungan dari perdagangan internasional akan memastikan bahwa ada pertumbuhan ekonomi sehingga meningkatkan industrialisasi. Infrastruktur teknologi negara maju juga tinggi karena tingkat industrialisasi yang tinggi.

Stabilitas Politik Mapan

Indeks untuk mengukur stabilitas politik dikembangkan oleh Bank Dunia dan ini adalah ukuran tingkat perkembangan suatu negara. Negara-negara maju memiliki lingkungan politik yang stabil, korupsi rendah atau tidak ada sama sekali, dan tingkat penghormatan yang tinggi terhadap hukum negara.

Tata kelola yang baik memastikan bahwa tingkat korupsi rendah, transparansi dalam menjalankan pemerintahan tinggi, dan lapangan kerja didasarkan pada prestasi dan kualifikasi. Indikator stabilitas politik distandarisasi pada skala -2,5 dan +2,5. Poin dengan +2,5 merupakan standar stabilitas politik tertinggi yang menandakan negara maju.

Standar Hidup Tinggi

Biaya hidup di negara maju tinggi dibandingkan dengan negara kurang berkembang, dan ini karena mayoritas penduduk berkeinginan dan memiliki kemampuan finansial untuk membeli barang dan jasa berkualitas yang mahal. Kedua, barang-barang yang diproduksi oleh industri lokal sebagian besar dikonsumsi daripada produk impor yang mungkin lebih rendah.

Masyarakat umum memiliki akses ke air bersih dan lingkungan, perumahan yang terjangkau dan berkualitas dan akses ke fasilitas sosial dan ekonomi lainnya di negara ini seperti akses ke layanan darurat yang cepat.

Infrastruktur Memadai

Infrastruktur lunak seperti institusi publik dan infrastruktur keras seperti jembatan. Infrastruktur membuat negara lebih produktif, efisien, stabil, dan menarik bagi tenaga kerja dan modal. Dengan demikian, ini adalah salah satu keunggulan utama yang dimiliki negara-negara maju dibandingkan negara-negara berkembang.

Kualitas Hidup Tinggi

Ketika dunia menjadi lebih makmur secara ekonomi, persaingan antar negara bergeser ke arah kebahagiaan orang. Semua yang sederajat, negara dengan udara bersih dianggap lebih maju daripada negara dengan udara tercemar. Ini biasanya ditangkap sebagai ukuran yang dikenal sebagai kualitas hidup yang didasarkan pada bertanya pada populasi apakah mereka bahagia.

Kualitas hidup adalah keuntungan ekonomi di mana persaingan dunia untuk bakat bisa sangat ketat. Dalam banyak kasus, individu yang berbakat akan menghindari pekerjaan di kota yang tercemar, berbahaya, tidak enak dipandang atau tidak menarik.

Kebebasan

Negara maju memiliki kebebasan bagi warganya dan menghormati hukum. Kebebasan untuk beribadah, menikah, memiliki properti, dan akses informasi menjadi ciri negara maju. Di negara-negara yang kurang berkembang, ada banyak batasan dan warga negara tidak dapat melakukan apa pun yang mereka sukai secara bebas.

Macam Negara Maju

Tidak ada pembagian negara maju berdasarkan satu set kriteria yang membedakan negara maju satu dengan lainnya seperti umum di negara berkembang. Ketika suatu negara disebut negara maju maka setiap aspek kehidupan bisa dikatakan sudah sangat makmur dan berkembang.

Maka kali ini pembagian negara maju dilakukan secara kelembagaan/institusional. Berdasarkan pembagian tersebut macam negara maju adalah sebagai berikut:

Negara-negara G

Ketika orang berpikir tentang negara maju mereka cenderung memikirkan negara kelompok (G Countries). Yang paling terkenal adalah G7 (Kelompok Tujuh). Forum tersebut berasal dari pertemuan puncak tahun 1975 yang diselenggarakan oleh Perancis yang mempertemukan perwakilan dari enam pemerintah: Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat, sehingga mengarah ke nama Kelompok Enam atau G6.

KTT itu kemudian dikenal sebagai Kelompok Tujuh, atau G7, pada tahun 1976 dengan tambahan Kanada. Rusia ditambahkan ke forum politik dari tahun 1997, yang pada tahun berikutnya dikenal sebagai G8. Pada bulan Maret 2014 Rusia ditangguhkan tanpa batas waktu setelah aneksasi Krimea, dimana nama forum ekonomi politik ini dikembalikan ke G7.

Ini adalah negara-negara industri terkemuka di dunia yang para pemimpinnya bertemu secara informal dan membahas masalah-masalah ekonomi global yang penting. Misalnya, mereka dapat mendiskusikan dan sampai pada kesimpulan informal tentang konsumsi minyak, masalah lingkungan dunia dan dampak ekonomi mereka, bagaimana membantu mengembangkan Afrika dan wilayah lain, dan sebagainya.

Menurut IMF, negara-negara maju memasok lebih dari setengah PDB global pada tahun 2010. G7 memiliki 10% populasi dunia, tetapi menghasilkan hampir 40% dari PDB dunia. Mereka juga mengendalikan banyak keputusan ekonomi yang mempengaruhi dunia. G7 terdiri dari:

  • Amerika Serikat
  • Kanada
  • Inggris
  • Jerman
  • Jepang
  • Italia
  • Perancis

Paris Club

Paris Club adalah sekelompok pejabat dari negara-negara kreditor utama yang berperan untuk menemukan solusi terkoordinasi dan berkelanjutan untuk kesulitan pembayaran yang dialami oleh negara-negara debitor. Ketika negara-negara debitur melakukan reformasi untuk menstabilkan dan memulihkan situasi ekonomi makro dan keuangan mereka, kreditor Paris Club memberikan utang yang tepat.

Paris Klub terdiri dari 22 negara. Kecuali Brazil, Israel, dan Korea Selatan yang merupakan negara industrialisasi baru atau negara berkembang yang berada satu strip di bawah negara maju maka semua anggota paris klub adalah negara maju. Daftar anggota paris klub yaitu:

  • Australia
  • Austria
  • Belgium
  • Brazil
  • Kanada
  • Denmark
  • Finlandia
  • Perancis
  • Jerman
  • Irlandia
  • Israel
  • Italia
  • Jepang
  • Belanda
  • Norway
  • Rusia
  • Korea Selatan
  • Spanyol
  • Swedia
  • Swiss
  • Inggris Raya
  • Amerika Serikat

Uni Eropa

Sebagian besar negara maju cenderung terletak di Eropa. Uni Eropa (UE) adalah persatuan politik dan ekonomi dari 28 negara anggota yang sebagian besar terletak di Eropa. Kebijakan Uni Eropa bertujuan untuk memastikan pergerakan bebas orang, barang, layanan, dan modal dalam pasar internal, memberlakukan undang-undang di bidang keadilan dan urusan dalam negeri dan mempertahankan kebijakan bersama tentang perdagangan, pertanian, perikanan dan pembangunan regional.

Meski beberapa negara berkembang bergabung dengan Uni Eropa namun perkembangan ekonominya luar biasa dengan jumlah GDP yang sangat besar seperti Malta, Siprus, Lithuania dan Latvia.

Contoh Negara Maju Secara Regional

UNCTAD mengklasifikasikan negara maju berdasarkan regional sebagai berikut:

Asia dan Oseania

Jepang, Australia, Selandia Baru, Israel

Amerika

Amerika Serikat dan Kanada

Eropa

Austria, Belgia, Perancis, Jerman, Belanda, Swiss, Italia, Portugal, Spanyol, Yunani, Polandia, Denmark, Inggris, Finlandia, Irlandia, Islandia, Norwegia, Swedia, Ukraina, Rusia.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai pengertian negara maju menurut para ahli, ciri, macam dan contohnya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *