Pengertian Komunisme, Ciri, Prinsip dan Contohnya

Diposting pada

Komunisme Adalah

Komunisme merupakan kritik dari paham kapitalisme yang berusaha untuk menghapuskan makna negara protektorat di seluruh dunia. Alasannya adalah penguasaan produksi oleh kaum borjuis dan sengsaranya kaum proletar atau kaum buruh. Sehingga, melalui kontrol dari pemerintah komunisme berusaha memperbaiki keadaan yang sebelumnya.

Namun, ketika paham komunisme diterapkan tetap saja mengakami kesengsaraan. Untuk lebih jelasnya, pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, ciri, prinsip dan contoh komunisme.

Komunisme

Komunisme digunakan pertama kali pada tahun 1840. Banyak nasionalisme anticolonial di Asia Timur pada tahun 1940-an serta Amerika Latin dan Selatan mulai pada akhir 1960-an melihat komunisme sebagai ideologi yang menjanjikan. Beberapa tulisan komunis yang terkenal masih dibaca hingga sekarang seperti “The Communist Manifesto” oleh Marx dan Engels pada tahun 1848 dan masih popular di Inggris pada tahun 2015.

Pengertian Komunisme

Komunis berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “berbagi” atau “umum”. Sebuah divisi masyarakat yang mungkin dianggap komunis muncul sejak abad ke-4 sebelum Masehi. Pada kondisi ideal, kelas penjaga yang mengabdikan diri untuk melayani kepentingan seluruh komunitas. Hal ini dikarenakan kepemilikan pribadi akan memberikan dampak buruk kepada pemiliknya, yaitu menimbulkan keegoisan.

Pengertian Komunisme Menurut Para Ahli

Beberapa definisi dari komunisme adalah sebagai berikut seperti di bawah ini:

Amerikan Heritage

Pengertian dari komunisme adalah suatu sistem pemerintahan di mana negara merencanakan dan mengendalikan ekonomi dan satu partai otoriter yang berkuasa. Partai tersebut mengklaim untuk membuat kemajuan menuju tatanan sosial yang lebih tinggi di mana semu barang dibagi secara adil oleh rakyat.

Marx-Lenin

Hakikat dari komunisme yakni menganjurkan revolusi untuk menggulingkan sistem kapitalis. Membangun kediktatoran proletariat yang pada akhirnya akan berkembang menjadi masyarakat yang egaliter dan komunal yang sempurna.

Collins

Arti dari komunisme adalah hidup bersama atau komunalisme. Terdapat advokasi masyarakat tanpa kelas di mana kepemilikan pribadi telah dihapuskan dan alat-alat produksi dan subsistem milik masyarakat.

Konsep ini berasal dari konflik kelas dan perjuangan revolusioner yang pada akhirnya dimenangkan oleh kaum proletar. Hasilnya adalah terbentuk tatanan sosialis yang didasarkan atas kepemilikan publik atau alat-alat produksi.

Random House Kernerman Webster

Definisi dari komunisme antara lain:

  1. Teori atau sistem organisasi sosial yang didasarkan pada kepemilikan bersama yang berasal dari masyarakat atau negara.
  2. Doktrin atau gerakan politik yang didasarkan atas Marxisme dan dikembangkan oleh Lenin serta yang lainnya, mencari penggulingan kapitalisme, dengan kekerasan dan penciptaan masyarakat tanpa kelas.
  3. Sistem organisasi sosial di mana semua kegiatan ekonomi dan sosial dikendalikan oleh negara totaliter dan didominasi partai tunggal.

Kernerman Dictionary

Arti dari komunisme adalah sistem pemerintahan yang tidak memiliki industri swasta dan dalam beberapa bentuk tidak ada kepemilikan pribadi. Sebagain barang adalah milik negara. Hal ini sesuai dengan apa yang ditentukan oleh pemerintah mengenai penyitaan dan penghapusan kepemilikan pribadi.

Ciri Komunisme

Pada manifesto komunis, Marx dan Friederich Engels menguraikan beberapa karakteristik dari komunisme ke dalam sepuluh poin sebagai berikut:

  1. Penghapusan properti di tanah dan penerapan semua sewa tanah untuk tujuan umum

Para kaum borjuis yang memiliki dan mengembalikan banyak asset tanah kemudian dihapuskan karena hanya untuk kepentingan pribadi. Tanah yang dihapuskan diambil oleh pemerintah dan digunakan untuk kepentingan umum.

  1. Pajak penghasilan progresif atau lulus yang berat

Pajak penghasilan semakin berat dengan alasan untuk menekan kaum borjuis. Penghasilan tersebut akan disetorkan kepada negara.

  1. Penghapusan semua hak waris

Penghapusan arti hak waris bertujuan agar semua asset dan tanah yang ada bukan hanya dimiliki oleh kaum borjuis. Ketika semua hak tanah diwariskan, maka hanya keturunan kaum borjuis yang menguasai produksi. Sementara kaum buruh akan tetap tertindas.

  1. Penyitaan properti semua emigran dan pemberontak

Penyitaan asset bukan hanya bagi para pemilik tanah atau kaum borjuis saja. Seluruh emigrant dan pemberontak apa yang ditetapkan oleh pemerintah akan disita semua property atau asset yang dimiliki.

  1. Tanggung jawab yang sama dari semua pekerja. Pembentukan tantara industri terutama untuk pertanian

Penindasan kaum buruh yang sewenang-wenang oleh kaum proletar membuat inisiatif gerakan komunis untuk membentuk tentara industri. Tujuannya adalah agar terdapat hak dan tanggung jawab yang sama bagi para pekerja.

  1. Kombinasi pertanian dengan industri manufaktur

Kesenjangan ekonomi kaum buruh dan pemilik modal diawali dengan penghapusan bertahap perbedaan antara kota dan negara.  Hal ini akan dicapai dengan distribusi populasi yang lebih merata di seluruh negeri.

  1. Pendidikan gratis untuk semua anak di sekolah umum

Salah satu hal positif negara yang menerapkan paham komunisme adalah adanya penghapusan pekerja pabrik anak-anak . Mereka melakukan kombinasi pendidikan dengan produksi industri. Sebagian hasil industri yang dikuasai negara digunakan untuk membiayai pendidikan bagi rakyat.

  1. Sentralisasi kredit ada di tangan negara

Hal tersebut memicu adanya bank nasional dengan modal negara dan monopoli eksklusif. Dalam arti lain, monopoli yang semuala dilakukan oleh pemilik modal berubah menjadi monopoli yang dilakukan oleh negara.

  1. Negara akan mengontrol komunikasi dan transportasi

Pada intinya, paham komunis menghendaki semua aspek kehidupan negara dikuasai oleh negara. Mulai dari aspek ekonomi, komunikasi hingga transportasi yang menunjang kehidupan perekonomian negara.

  1. Pabrik dan instrument produksi negara

Industri yang semula dikuasai oleh kaum borjuis atau pemilik modal akhinrnya dikuasai oleh negara. Implikasinya adanya pengolaha tanah terlantar dan memperbaiki tanah yang didasarkan atas perencanaan bersama. Namun, kendali besar mengenai industry mengakibatkan pemerintahan yang semakin otoriter.

Prinsip Komunisme

Prinsip-prinsip komunisme yang sangat dominan dan nampak jelas antara lain sebagai berikut:

  1. Penghapusan kepemilikan pribadi

Paham kapitalisme yang sebelumnya diterapkan membuat kesenjangan sosial antara kaum borjuis dan kaum buruh. Semakin banyak asset pribadi yang dimiliki, maka semakin tinggi pula status sosialnya. Sementara itu, kaum buruh selalu mengalami tindakan yang sewenang-wenang.

Sehingga menghapus kepemilikan pribadi dianggap akan mengurangi kesenjangan sosial antara kaum borjuis dan proletar (buruh).

  1. Penguasaan semua asset dan perekonomian di tangan negara

Semua kepemilikan pribadi yang dihapuskan, tingginya pajak penghasilan hingga disitanya aset rakyat dikelola oleh negara. Tujuannya digunakan untuk kepentingan seluruh rakyat agar tidak terjadi kesenjangan. Namun, sebaliknya ternyata pihak pemerintah juga bertindak sewenang-wenang kepada rakyatnya.

  1. Terdapat kontrol yang terpusat dari pemerintah

Segala bidang dan aspek kehidupan di dalam negara dikontrol oleh pemerintah secara terpusat. Kontrol yang besar dari pemerintah menekan kebebasan rakyatnya. Sehingga paham komunis ini mengarah kepada pemerintahan yang otoriter. Rakyat yang sebelumnya mengalami pendindasan, pemerasan dan penderitaan justru semakin menderita.

  1. Pembagian yang sama

Sebenarnya, tujuan awal gerakan komunisme adalah memperjuangkan hak-hak kaum buruh. Kendali pemerintah atas segala aspek ekonomi digunakan untuk menghidupi rakyat. Terdapat pembagian yang sama untuk seluruh rakyat.

Kesenjangan sosial berusaha untuk dihapuskan. Namun, pada dasarnya semua aspek ekonomi yang dikelola oleh rakyat hanya menguntungkan para pejabat dan jajarannya. Sehingga masih terdapat kesenhangan sosial di dalam negara.

  1. Komunisme dan Agama

Pada paham komunisme cenderung mengedepankan apa yang diperintahkan oleh negara. Rakyat harus tunduk kepada pemerintah dan aturannya. Mengenai permasalahan agama tidak lebih penting dibandingkan dengan melaksanakan perintah negara.

Contoh Komunisme

Negara-negara yang menerapkan paham komunisme dalam pemerintahannya antara lain sebagai berikut:

  1. Cina

Pada bulan Oktober 1949, Mao Tse Tung mendirikan partai Komunis Tiongkok. Pada akhir 1970-an, Cina mulai bergerak ke arah ekonomi campuran di mana pertanian kolektif dihapuskan dan memungkinkan bisnis swasta yang mana sebelumnya Cina membatasi produksi luar untuk masuk ke dalam negeri.

  1. Kuba

Pada April 1960, Fidel Castro menyatakan Partido Communixta de Cuba sebagai partai yang berkuasa, Uni Soviet memberikan dukungan ekonomi. Uni Soviet yang menerapkan paham komunis mendukung partai pemenang untuk menerapkan paham komunis.

  1. Kamboja

Kamboja merupakan salah satu bentuk negara komunis dari tahun 1975 hingga 1979. Dalam upayanya yang salah arah untuk mencipatakan masyarakat yang komunis pertanian, mereka membunuh sekitar dua juta orang.

Itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian komunisme menurut para ahli, ciri, prinsip dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi semuanya. Trimakasih,

Daftar Pustaka
  • https://www.britannica.com/topic/communism
  • https://www.thebalance.com/comunism-characteristics-pros-cons-examples-3305589
Gambar Gravatar
Guru PPKn Alumni Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *