Manfaat Lingkungan Keluarga dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Manfaat Lingkungan Keluarga

Pada hakekatnya setiap orang akan hidup dengan dikelilingi oleh orang-orang di lingkungan sosial sekitar, baik yang tidak memiliki hubungan maupun memiliki hubungan langsung. Akan tetapi untuk hubungan pertama paling sering tercipta dalam keluarga.

Dimana hubungan dalam lingkungan keluarga ini bisa dibilang yang paling penting karena dapat memberikan manfaat yang sangat beragam mulai dari kebutuhan dasar hingga kebutuhan akan cinta dan rasa aman, seperti kerjasama, arti musyawarah, makna mufakat, dan partisipasi antar anggota di dalamnya.

Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga merupakan  inti dari segenap proses dari setiap pengasuhan anak dengan memiliki pengaruh positif ataupun negatif kepada kehidupan yang dilakukan seseorag pada tahapan selanjutnya yakni lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Hal ini terjadi misalnya saja terimplementasi kerjasama ketika salah satu keluarga mengalami trauma mendadak dan tidak terduga, seperti orang yang dicintai mengalami luka yang parah, semua anggota keluarga akan terpengaruh dengan satu atau lain cara. Realitas ini mengungkapkan bahwa lingkungan keluarga akan berpengaruh terhadap seseorang dalam berbagai aspek, termasuk kondisi psikologis dan finansial.

Disisi lain, sebuah keluarga mungkin adalah dua orang tua dari jenis kelamin apa pun, menikah atau tidak. Beberapa orang bahkan memiliki keluarga dengan lebih dari tiga orang tua. Anak-anak mungkin lahir dari salah satu orang tua, kedua orang tua, atau adopsi.

Manfaat Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga dapat memberikan manfaat bagi anggota keluarga yang bersangkutan, antara lain:

  1. Membantu memenuhi kebutuhan dasar

Satuan sosial dasar yang disebut keluarga bertugas untuk memenuhi kebutuhan dasar anggota keluarga yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. Penjelasan ini termasuk anak di bawah umur, orang tua dan penyandang cacat, atau hanya mereka yang tidak mampu untuk hidup sendiri.

Kebutuhan dasar seperti makanan, air, papan, dan udara bersih dapat diperoleh jika satu atau lebih anggota keluarga dapat menyediakannya untuk seluruh keluarga. 

  1. Memenuhi kebutuhan akan cinta dan rasa aman

Bertahun-tahun yang lalu, Abram Maslow membuat diagram yang disebut ‘Hierarki Kebutuhan‘. Hierarki ini menunjukkan kebutuhan mana yang paling penting bagi manusia. Diagram piramida Maslow yang lebar merepresentasikan kebutuhan dasar yang disebutkan di atas, yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Di tingkat berikutnya adalah kebutuhan keamanan yang diikuti oleh kebutuhan cinta dan memiliki. Keluarga menghabiskan begitu banyak waktu dan energi untuk mendukung satu sama lain melalui masa-masa sulit karena ikatan yang telah mereka ciptakan dan pelihara sejak mereka masing-masing menjadi bagian dari keluarga.

  1. Memberikan manfaat finansial dan keuangan

Keluarga yang berfungsi dengan baik memberikan keamanan finansial bagi semua orang yang tinggal di rumah. Pertama, anggota keluarga yang dapat bekerja menyumbangkan setidaknya sebagian dari penghasilan mereka untuk membantu keluarga memenuhi kebutuhan dan keinginan semua orang.

Kedua, keluarga menggabungkan sumber daya untuk membayar tagihan dan mengelola uang mereka untuk memastikan bahwa kebutuhan finansial selalu terpenuhi.

  1. Sistem pendukung bawaan

Orang yang berada dalam keluarga harmonis memiliki akses pada kesenangan sehari-hari yang tidak dimiliki beberapa orang.

Selain itu, setiap orang mengalami masa-masa sulit. Contoh lingkungan keluarga yang harmonis saling mendukung. Ketika anggota keluarga sedang stres, seseorang yang dekat dengan mereka kemungkinan besar akan melihat gejala yang mereka hadapi.

Orang mungkin menyembunyikan masalah mereka dengan orang lain, tetapi keluarga mereka paling sering sudah mengerti. Bahkan jika mereka tidak memaafkan tindakan seseorang, mereka mencintai tanpa syarat. Mereka ada untuk anggota keluarga.

  1. Manfaat dalam hal kesehatan

Anak-anak menikmati gaya hidup sehat jika mereka hidup dalam keluarga yang sehat. Mereka memiliki makanan yang sehat, didorong untuk bangun dan beraktivitas, menikmati waktu di luar ruangan, dan segera mendapatkan perhatian medis saat dibutuhkan. Manfaat kesehatan juga ada untuk orang tua.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal dengan anak-anak dalam keluarganya cenderung hidup lebih lama, bahkan setelah anak-anak tersebut dewasa dan pindah.

Penjelasan ini mungkin karena orang tua cenderung makan makanan yang lebih sehat, berhenti merokok, berhenti menggunakan obat-obatan, dan bahkan mungkin lebih aktif dibandingkan dengan teman sebaya mereka yang tidak memiliki anak.

  1. Memberikan dukungan ketika salah satu dari anggota keluarga sakit

Menghadapi masalah medis sendirian bisa menjadi mimpi buruk. Keluarga berpotensi membantu menyelesaikan semua masalah ini dan dapat memastikan bahwa makanan, air, istirahat, dan perawatan medis tersedia. Masyarakat mungkin tidak perlu melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan dasar seseorang karena keluarga sudah mencukupi.

  1. Pentingnya keluarga dalam mendidik anak

Salah satu cara terpenting orang tua berkontribusi kepada masyarakat adalah dengan mendidik anak-anak mereka. Pembelajaran tidak hanya berjalan satu arah. Dalam keluarga yang sehat, belajar menjadi prioritas utama, mungkin setelah memenuhi kebutuhan dasar.

Orag tua mulai mengajar anak-anak mereka segera setelah mereka lahir. Mereka dapat membantu mereka belajar berjalan dan mengajari mereka kata-kata baru saat mereka mengembangkan kosakata. Mereka melatih mereka menggunakan toilet, mengajari mereka tata krama, dan memanfaatkan kesempatan belajar dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat keberadaan lingkungan keluarga dalam berbagai sisi bidang dikeseharian. Semoga saja mampu memberikan wawasan serta edukasi mendalam bagi kalian.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *