Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup dan Contohnya

Diposting pada

Faktor Gaya Hidup di Masyarakat

Gaya hidup berkembang begitu pesat sesuai dengan keadaan serta kondisi yang dialami oleh masyarakat. Percaya ataupun tidak, gaya hidup ini dapat dipengaruhi oleh beragam permasalahan serta situasi yang dialami, hampir semua orang mengalami fase-fase dimana ia ingin dikenal atau perbeda dengan orang lain, termasuk juga dalam definisi masyarakat madani seperti pada saat ini. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menuliskan tentang faktor yang melatarbelakangi gaya hidup.

Gaya Hidup

Pengertian gaya hidup adalah prilaku yang dijalankan oleh masyarakat dalam berkelompok ataupun individu terhadap kondisi yang ingin terimpelemntasikan, sesuai dengan dasar-dasar kemampuan yang berbeda serta letak geografi yang berbeda, gaya hidup yang ada di dalam negara satu dengan negara lainnya tentusaja berbeda.

Misalnya saja untuk di Amerika Serikat yang notebene menjadi negara maju di dunia, dalam menyampaikan aspirasi politiknya kebanyakan mereka mempergunakan kritik dan saran dalam media sosial, dan sebailnya negara yang notabene berkembang atau miskin menyampaikan kritikan dengan mencacai maki serta tak jarang berkhir pada konflik sosial sesamanya.

Faktor Yang Memengaruhi Gaya Hidup

Adapun untuk jenis-jenis faktor yang menjadi pengaruh daripada macam-macam gaya hidup ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Faktor internal

Faktor internal yang menjadi pengaruh gaya hidup ini berasal dari dalam diri masyarakat, kondisi ini bisa dipengaruhi dengan sikap merupakan suatu keadaan jiwa dan bagaimana keadaan berpikir yang dipersiapkan untuk mengerahkan tanggapan terhadap suatu objek yang terdapat di suatu organisasi melalui pengalaman dan mempengaruhi secara langsung terhadap perilaku. Keadaan jiwa tersebut dipengaruhi juga oleh tradisi, kebiasaan, kebudayaan dan lingkungan sosial

Faktor eksternal

Faktor kedua yang melatarbelakngi gaya hidup ini identik dengan kondisi yang berasal dari luar masyarakat, sehingga pengaruh-pengaruh lingkungan, kerjasama internasional, ataupun proses perjanjian internasional dapat dengan mudah menjadi pengaruh.

Contoh Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Adapun untuk contoh yang mempengaruhi gaya hidup ini, antara lain;

Contoh Faktor Internal

Berikut inilah penjelasan tentang contoh faktor internal yang mempengaruhi gaya hidu;

Pengamatan serta pemgalaman

Suatu pengalaman dapat berpengaruh pada pengamatan sosial dalam tingkah laku. Pengalaman juga dapat diperoleh dari berbagai tindakannya dimasa lalu dan juga dapat dipelajari, dengan belajar, maka orang akan memperoleh pengalaman. Hasil dari suatu pengalaman bisa menjadi alasan meenyuusun pandangan terhadap suatu objek.

Kepribadian

Kepribadian merupakan sebuah konfigurasi dari karakteristik individu dan juga bagaimana cara berperilaku yang dapat menentukan perbedaan perilaku dari setiap orang atau individu

Konsep diri

Konsep diri merupakan inti dari kepribadian yang akan menentukan perilaku setiap individu dalm menghadapi bagaimana permasalahan hidup miliknya. Konsep diri juga berperan sebagai frame of reference.

Persepsi

Persepsi merupakan proses seseorang dapat memilih, mengatur, dan dapat menginterrpretasikan informasi.

Motif

Perilaku individu akan muncul dengan alasan terdapat motif tertentu yang mendorong dirinya untuk melakukan suatu hal.

Contoh Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Berikut ini untuk beragam contoh kajadian yang menjadi pengaruh gaya hidup, diantaranya;

Kelompok referensi

Kelompok referensi merupakan jenis kelompok yang memberikan pengaruh secara langsung atau tidak secara langsung terhadap sikap dan perilaku setiap orang.

Keluarga

Keluarga merupakan peranan paling besar dalam hal pembentukan sikap setiap individu. Pola asuh orang tua akan mempengaruhi kebiasaan individu dan secara tidak langsung dapat membentuk kebiasaan anak dan mempengaruhi pola hidup mereka.

Kelas sosial

Kelas sosial merupakan kelompok yang homogen dan bertahan lama dalam masyarakat yang mana tersusun di dalam sebuah urutan jenjang dan terdapat para anggota di dalam jenjang tersebut.

Kebudayaan

Kebudayan terdiri dari pengetahuan, kesenian, kepercayaan, moral, adat istiadat, norma hukum, dan sebagainya. Kebudayaan terdiri dari bentuk sesuatu yang dapat dipelajari dari pola perilaku yang normatif. Dan meliputi ciri-ciri pola pikir, dappat merasakan dan bertindak.

Nah, itulah tadi ulasan serta kajian secara lengkapnya mengenai faktor gaya hidup dalam masyarakat Indonesia ataupun dunia beserta contohnya. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca, trimakasih.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *