Contoh Kesimpulan Makalah/Laporan Penelitian/Skripsi/Karya Ilmiah

Diposting pada

Kesimpulan Adalah

Menulis kesimpulan adalah bagian penting dari setiap tulisan. Seringkali mungkin untuk mendapatkan gambaran umum yang baik dari suatu tulisan dapat dilihat secara singkat kesimpulannya. Namun, menulis kesimpulan bisa sangat sulit. Ini karena seringkali sulit untuk menemukan sesuatu yang menarik atau berguna untuk dikatakan dalam kesimpulan.

Kesimpulan harus menarik tetapi seringkali agak membosankan. Menyimpulkan suatu hal dapat diartikan sebagai penyampaian atau penetapan pendapat (opini) yang didasarkan pada hal-hal yan disimak, dilihat, didengar atau dibaca. Dalam menarik suatu kesimpulan dapat dilakukan dengan cara menjadikan gagsan utama sebagai dasar atau pedoman dalam merumuskan kesimpulan.

Untuk memperjelas pemahaman kita tentang kesimpulan, khususnya dalam suatu karya ilmiah, baik itu laporan penelitian, stady tour, PKL di bagian industri, makalah, essay, ataupun bentuk karya tulisan yang lainnya.

Kesimpulan

Pallant (2009) melihat lima bahan dasar kesimpulan sebagai berikut, meskipun ini tidak akan selalu digunakan dalam kesimpulan yang sama:

  1. Ringkasan poin-poin utama (berhati-hati untuk tidak mengulangi apa yang telah Anda tulis sebelumnya)
  2. Pernyataan penutup
  3. Rekomendasi
  4. Prediksi
  5. Solusi

Rekomendasi mungkin berlaku lebih untuk esai diskusi dibandingkan untuk jenis tulisan lain yang dinilai di universitas. Misalnya, jika Anda menulis rencana bisnis atau mendiskusikan skenario hukum, atau menjawab pertanyaan pemeriksaan, Anda mungkin tidak memerlukan elemen-elemen di atas, kecuali jika pertanyaannya secara spesifik meminta Anda untuk itu atau kecuali diketahui bahwa Anda diharapkan untuk melakukannya di disiplin tempat Anda bekerja.

Kesimpulan merupakan bagian terakhir  atau hasil dari sesuatu. Saat Anda menulis makalah, Anda selalu mengakhiri dengan meringkas argumen Anda dan menarik kesimpulan tentang apa yang telah Anda tulis.

Ungkapan dalam kesimpulan misalnya;

akhirnya, untuk menyimpulkan….,

Itu biasanya digunakan untuk memperkenalkan beberapa komentar pada akhir pidato atau tulisan. Sedangkan ada pula ungkapan jump to conclusions atau melompat langsung ke kesimpulan yang berarti “untuk menghakimi tanpa cukup bukti.” Kesimpulan terdahulu adalah hasil yang tampaknya pasti.

Pengertian Kesimpulan

Kesimpulan ialah suatu proposisi (kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku). Kesimpulan adalah sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan atau karya tulis.

Pengertian Kesimpulan Menurut Para Ahli

Adapun definisi kesimpulan menurut para ahli, antara lain:

  1. KBBI, Kasimpulan adalah keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif dari suatu pembahasan maupun gagasan.
  2. Merriam Webster, Kesimpula merupakan penilaian yang masuk akal: inferensi dan Kesimpulan merupakan konsekuensi yang diperlukan dari dua atau lebih proposisi yang diambil sebagai premis
  3. Your Dictionary, Definisi kesimpulan adalah bagian terakhir dari sesuatu atau pendapat yang dicapai setelah beberapa pemikiran.
  4. Cambridge Rindge & Latin School. Kesimpulan adalah paragraf terakhir dalam makalah penelitian Anda, atau bagian terakhir dalam jenis presentasi lainnya.

Kenapa kesimpulan sangat diperlukan?

Kesimpulannya seperti akord terakhir dalam sebuah lagu. Itu membuat pendengar merasa bahwa potongan itu selesai dan dilakukan dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk pembaca Anda. Anda ingin mereka merasa bahwa Anda mendukung apa yang Anda nyatakan dalam tesis Anda.

Kesimpulan, dalam beberapa hal, seperti  bagian perkenalan. Anda menyatakan kembali tesis Anda dan merangkum poin-poin utama Anda untuk pembaca. Anda biasanya dapat melakukan ini dalam satu paragraf.

time4writing

  • Kesimpulannya adalah apa yang akan Anda tinggalkan pada pembaca Anda
  • Kesimpulan merupakan “pembungkus” esai Anda
  • Kesimpulan menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda mencapai apa yang Anda ingin lakukan
  • Kesimpulan menunjukkan bagaimana Anda telah membuktikan tesis Anda
  • Kesimpulan memberi pembaca adanya penutupan pada topik

Jenis Kesimpulan

Ada banyak macam-macam penulisan dalam kesimpulan, diantaranya yaitu;

Perbandingan

Jenis kesimpulan ini membandingkan dua elemen satu sama lain atau membandingkan satu elemen dengan elemen itu sendiri. Indikator kata yang umum untuk perbandingan, misalnya lebih baik daripada, lebih sehat daripada, lebih berguna daripada, dapat membantu Anda mengidentifikasi kesimpulan sebagai perbandingan.

Contoh Kesimpulan Perbandiangan

Contohnya kesimpulan yang berupa perbandingan yaitu Jelas bahwa kandidat tahun ini lebih kuat dari kandidat tahun lalu; Jelas bahwa kandidat tahun ini memahami keinginan publik lebih baik daripada yang dia lakukan setahun yang lalu.

Sebab Akibat

Jenis kesimpulan ini digunakan ketika satu hal (seperti suatu peristiwa, tindakan, fenomena) secara langsung mempengaruhi yang lain, itu adalah hubungan sebab akibat.

Contoh Kesimpulan Sebab-Akibat

Contohnya yaitu  Tadi malam, saya minum obat batuk dan hari ini saya merasa jauh lebih baik. Sehingga obat batuk benar-benar efektif. (Penyebab: obat batuk; efek: merasa lebih baik)

Akan tetapi, yang perlu diingat adalah jika seseorang percaya sesuatu itu benar karena fakta-fakta tertentu benar, itu belum tentu hubungan sebab akibat.

Bentuk Kesimpulan Sebab-Akibat

Contohnya yaitu Teman saya selalu memanggil saya pada hari Rabu. Karena itu, dia pasti akan menelepon saya besok. Tidak ada sebab dan akibat langsung di sini karena tidak ada sesuatu yang secara langsung mempengaruhi sesuatu yang lain.

Penilaian

Jenis kesimpulan ini dilakukan ketika seorang arguer memberikan atribut subyektif tertentu untuk suatu hal, maka Anda bisa menyebutnya kesimpulan yang berupa penilaian. Anda perlu memahami mana yang berupa penilaian dan mana yang bukan, misalnya fakta-fakta ilmiah bukan penilaian “Matahari terdiri dari beberapa gas” adalah fakta; sedangkan “Matahari adalah pemandangan yang menyenangkan” adalah penilaian.

Contoh Kesimpulan Penilaian

Contohnya kesimpulan yang berupa penilaian yaitu Bunganya indah;  Kebijakan ini sangat membantu; Hasilnya akan menjadi penting.

Rekomendasi

Jenis kesimpulan ini menegaskan metode atau tindakan yang terbaik (atau, dalam bentuk negatifnya, merekomendasikan terhadap metode atau tindakan tertentu). Dalam membuat kesimpulan yang berupa rekomendasi perhatikan indikator umum yang seringkali digunakan, kata kunci seperti “harus” akan memberi sinyal rekomendasi kepada Anda, tetapi kadang-kadang rekomendasi dapat tersirat (seperti dalam contoh tentang garansi).

Contoh Kesimpulan Rekomdasi

Contoh kesimpulan yang berupa rekomendasi yaitu Dalam mengobati penyakit ini, maka, dokter harus mendukung Pengobatan X; Kemungkinan memperpanjang garansi adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pelanggan baru.

Prediksi

Sebuah prediksi menegaskan pendapat si pendebat tentang sesuatu yang akan terjadi dalam waktu dekat atau jauh. Kiat utama dalam kesimpulan ini adalah mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan kesimpulan. Jika si pendebat percaya bahwa sesuatu akan atau tidak akan terjadi di beberapa titik di masa depan, kemungkinannya bagus bahwa itu adalah kesimpulan utama sebuah argumen.

Contoh Kesimpulan Prediksi

Contoh kesimpulan yang berupa prediksi yaitu Jelas, pertandingan tenis akan dijadwal ulang; Populasi tunawisma kami mungkin tidak berkurang tahun depan.

Ciri Kesimpulan

Terdapat beberapa karakteristik daripada kesimpulan yang benar, antara lain:

  1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  2. Menggunakan bahasa yang mudah di pahami.
  3. Berisi pokok pembicaraan.
  4. Menggunakan penarikan pernyataan secara umum dari kalimat fakta sebelumnya.
  5. Membandingkan dua hal yang berbeda namun tetap memperlihatkan kesamaan pada sisi tertentu,
  6. Tidak berbelit-belit.
  7. Berupa fakta dan jelas.

Syarat Kesimpulan

Adapun kriteria atau syarat dalam menuliskan kesimpulan yaitu:

  1. Kesimpulan ditulis sebagai pernyataan singkat
  2. Kesimpulan penelitian tindak lagi memuat bahasa statistik/hasil analisis data atau angka angka
  3. Kesimpulan sebagai gambaran umum dari hasil analisis data dan pembahasan yang sudah ditulis pada bab IV
  4. Kesimpulan harus selalu merujuk pada rumusan masalah dan tujuan penelitian yang dilakukan

Setelah memberikan penjelasan tentang beragam keterangan dalam pembuatan kalimat kesimpulan, alangkah lengkapnya artikel ini memberikan contoh penulisan yang sampai saat ini masih lazimnya dipergunakan kebanyakan mahasiswa ataupun pelajar di seluruh Indonesia. Baik untuk pembuatan makalah, laporan penelitian, skripsi, sampai dengan jenis karya tulisan yang lainnya.

Contoh Penulisan Kesimpulan

Berikut ini adalah beragam contoh kalimat kesimpulan dalam proses pembuatan beragam karya tulis ilmiah. Diantaranya;

Contoh Kasimpulan Makalah

Makalah adalah jenis karya ilmiah yang paling banyak ditemukan dalam model pendidikan di Indonesia. Untuk kesimpulan dalam makalah bisa mengacu pada bahasan-bahasan secara universal kemudian ditarik pada satu titik yang mengerucut pada solusi yang ditemukan.

Kesimpulan Makalah

Salah satu kunci di dalam keberhasilan pembangunan yang mengedepankan pada modal sosial di masyarakat hakekatnya terletak pada kemampuan sekelompok orang dalam asosiasi/perkumpulan dalam melibatkan diri dalam suatu jaringan hubungan sosial.

Masyarakat selalu berhubungan sosial dengan masyarakat yang lain melalui berbagai variasi hubungan yang saling berdampingan dan dilakukan atas prinsip kesukarelaan (voluntary), kesamaan (equality), kebebasan (freedom) dan keadaban (civility).

Dengan hadirnya modal sosial yang mengedepankan pada proses pembangunan berwawasan kemanusian sudah sepentasnya dijalankan oleh pemerintahan di semua sektor yang sudah direncanakan. Hal ini lantaran modal sosial yang ada menjadi bagian daripada SDS (Sumber Daya Sosial) yang memberikan solusi atas kekeliruan pelanggaran beragam macam norma yang ada.

Contoh Kesimpulan Laporan Penelitian

Adapun khusus untuk membuatan laporan penelitian pada umumnya seringkali dilakukan oleh para mahasiswa ataupun pelajar yang sedang bertugas untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan. Bisa dalam bentuk PKL, ataupun dalam bentuk  stady tour.

Kesimpulan Laporan Penelitian

Berikut ini adalah beberapa kesimpulan yang telah di dapatkan, dari serangkaian penleitian yang sudah dilakukan. Antara lain;

  1. Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan  sampah-sampah dari berbagai tempat dan diolah lebih lanjut. Pengolahannya dapat dilakukan dengan memisahkan sampah organik dan anorgonik. Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik dipilah lebih lanjut menjadi kelompok plastik, kertas, botol beling, logam, dan lain lain. Sampah yang telah dipilah dapat didaur ulang, disetorkan ke tempat  pembuatan berbagai kerajinan dari sampah, dijual, atau diteruskan ke tempat
    pengelohan sampah.
  2. Bank sampah memiliki banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan sekitarnya, seperti membantu pengolahan sampah lokal, menyadarkan masyarakat sekitar akan pentingnya kebersihan, membuat lingkungan menjadi  lebih bersih, meningkatkan nilai ekonomis barang-barang yang telah dibuang,
    serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.
  3. Pada tahun 2013, bank sampah di Kota Bandung berhasil mengolah 1.237,12 ton sampah. Dari penjualan sampah, terkumpul Rp 1 milyar yang dinikmati lebih dari 36.479 nasabah bank sampah. Hal ini juga berdampak pada sekitar 182.395 orang yang menerima manfaat dari keberadaan bank sampah. Bank sampah juga berhasil mengurangi 80% sampah di masing-masing kawasan dan meminimalkan potensi gangguan kesehatan.
  4. Aplikasi mobile bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi waktu, mempermudah dalam mencari informasi, menciptakan data yang lebih valid dan transparan, mempercepat prosedur, dan masih banyak lagi.
  5. Penggunaan aplikasi mobile dalam pengelolaan bank sampah belum tepat sasaran. Hal tersebut disebabkan oleh masih kurangnya sosialisasi mengenai konsep bank sampah kepada masyarakat dan kesadaran masyarakat sendiri akan pentingnya mengelola sampah dengan tepat yang masih minim. Keadaan  tersebut diperparah dengan kondisi bank sampah yang pada umumnya dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga yang belum paham dengan teknologi, pengelolaan bank sampah yang belum dilakukan secara profesional, serta kurangnya peran vital pemerintah dalam mendukung pengelolaan sampah. Penggunaan aplikasi dalam mengelola bank sampah akan efektif jika seluruh elemen masyarakat sudah memiliki kesadaran untuk mengelola sampah dengan tepat.

Contoh Kasimpulan Skripsi

Skripsi menjadi salah satu tugas akhir yang penting dilakukan oleh mahasiswa, terutama menempuh pendidikan S1 di Indonesia. Skripsi ini dilakukan dengan memilih terlebih dahulu metode penelitian yang akan dilakukan, selanjutnya menentukan populasi penelitian dan sempel penelitian. Adapun untuk contoh kaliamat kesimpulan yang bisa dilakukan dalam penelulisan skripsi/tesis adalah sebagai berikut;

Kesimpulan Skripsi

Dari hasil pembahasan tentang detail aplikasi dan hasil survey yang dilakukan dalam skripsi ini, maka diambil kesimpulan;

  1. Penggunaan teknologi informasi pada masa kini sangat dibutuhkan untuk mengakses informasi dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi TtM untuk memperkenalkan pariwisata di Malang Raya.
  2. Inovasi teknologi dapat menunjang sektor pariwisata. Oleh karena itu, pembuatan aplikasi TtM akan mempermudah para wisatawan asing untuk mendapatkan informasi mengenai pariwisata di Malang Raya.
  3. Aplikasi TtM mendapat respon positif dari wisatawan asing karena sangat membantu mereka dalam berwisata di wilayah Malang Raya karena memuat informasi detail mengenai destinasi.

Contoh Kesimpulan Karya Ilmiah

Karya tulis ilmiah merupakan bagian daripada tulisan-tulisan yang non fiksi, misalnya essay, artikel, opini, ataupun LKTI. Karya ilmiah ini bisa dilakukan dengan melakukan stdy pustaka ataupun bisa juga dengan mempergunakan penelitian kualitataif ataupun memakai contoh penelitian kuantitatif. Untuk contoh kesimpulan dalam karya ilmiah, antara lain adalah sebagai berikut;

Kesimpulan Karya Ilmiah/Essay/Artikel

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki masalah mengenai sampah. Maka dari itu, perlu adanya suatu proses inovatif dalam pemanfaatan sampah plastik menjadi produk yang estetis, fungsional, ramah lingkungan sekaligus bernilai ekonomis. AIRA adalah brand produk kaligrafi dari sampah plastik sebagai alternatif dalam proses pembuatan karya seni kaligrafi bernilai ekonomis yang berpengaruh positif terhadap lingkungan.

Sampah plastik yang digunakan dalam Kaligrafi AIRA adalah sampah plastik sejenis kemasan makanan,minuman, maupun deterjen karena memiliki tekstur yang lentur sehingga mudah untuk diolah. Selain itu juga teksturnya yang berkilau dapat mendukung nilai artistik pada Kaligrafi AIRA. AIRA berorientasi pada proses inovatif dan kreatif dalam memanfaatkan sampah plastik sebagai elemen hias interior maupun unsur dekoratif pada media fungsional. AIRA memiliki potensi besar menjadi produk usaha karena bahan baku sampah plastik yang mudah didapat dengan modal yang sedikit serta dapat menyerap tenaga kerja dalam proses pengerjaannya.

Untuk memperluas segmentasi pasar, Kaligrafi AIRA tidak hanya berfokus pada jenis Kaligrafi Arab. Desain dan jenis kaligrafi dapat menyesuaikan permintaan pelanggan agar produk yang dihasilkan lebih fleksibel menjangkau masyarakat luas baik laki-laki maupun perempuan dari berbagai usia dan latar belakang agama.

AIRA merupakan salah satu bentuk kontribusi dalam mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi menangani masalah sampah dan mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih berguna. Diharapkan dengan adanya AIRA, dapat membuka lapangan kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus mengurangi pencemaran sampah plastik di Indonesia.

Cara Membuat Kesimpulan

Dalam paragraf kesimpulan, Anda meringkas apa yang Anda tulis di makalah atau karya tulis Anda yang lain. Saat Anda menulis paragraf kesimpulan yang baik, Anda perlu memikirkan poin utama yang ingin Anda sampaikan dan memastikannya disertakan dalam kesimpulan.

Jika Anda sudah menulis paragraf pengantar yang luar biasa, Anda dapat menulis sesuatu yang mirip dengan kata-kata yang berbeda. Inilah beberapa hal yang perlu diingat:

  1. Gunakan paragraf pengantar Anda sebagai panduan. Misalnya yaitu Anda mengatakan, “Ada tiga kelas di sekolah yang saya benar-benar membuat saya tidak sabar untuk pergi ke sana setiap hari.” Anda dapat memulai kesimpulan Anda dengan mengatakan, “Gym, Matematika, dan Seni adalah tiga kelas yang membuat saya untuk tidak pernah ketinggalan. “
  2. Jika ini makalah yang lebih panjang, hal yang baik untuk memulai membuat kesimpulan adalah adalah dengan melihat apa yang dimaksud setiap paragraf. Misalnya, jika Anda menulis makalah tentang binatang-binatang yang ada di kebun binatang, setiap paragraf mungkin tentang satu hewan tertentu. Dalam kesimpulan Anda, Anda harus menyebutkan secara singkat setiap hewan lagi. Misalnya yaitu “Binatang yang terdapat di kebun binatang seperti beruang kutub, singa, dan jerapah adalah makhluk yang luar biasa.”
  3. Tinggalkan satu hal untuk dipikirkan oleh pembaca Anda. Sarankan agar mereka belajar lebih banyak dengan kalimat seperti, “Kami harus banyak belajar tentang pemanasan global.” Anda juga dapat memberi mereka sesuatu untuk dilakukan setelah membaca makalah Anda. Misalnya, “Sangat mudah membuat es loli sendiri. Ambil jus jeruk dan cobalah! “. Untuk membuat paragraf kesimpulan yang baik ingatlah bahwa penting untuk menyelesaikan tulisan Anda dengan merangkum ide utama untuk pembaca Anda. Ini membuat tulisan Anda berakhir dengan mulus dan menciptakan karya yang ditulis dengan baik.

Selain perlunya mengingat beberapa hal di atas, dalam membuat kesimpulan terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan, antara lain:

Teknik Generaslisasi

Teknik generalisasi adalah salah satu teknik didalam cara membuat kesimpulan. Fokus utama dalam penggunaan teknik ini yaitu membuat kesimpulan dengan menarik satu kesimpulan umum. Hal tersebuat bisa Anda dapatkan setelah melakukan penelitian yang Anda lakukan berdasarkan fakta dan data yang telah Anda buat dan teliti. Kemudian, harus sesuai dengan jenis penelitian yang telah Anda perbuat sebulumnya.

Teknik Analogi

Teknik analogi merupakan teknik yang dilakukan dengan membuat perbandingan antara antara satu pembahasan dengan pembahasan lainnya yang serupa. Selanjutnya dicari persamaan yang terkait dengan hal tersebut, atau bisa juga dengan menggambarkan suatu hal dengan memberi perbandingan hal lain.

Tenik Sebab-Akibat

Teknik sebab akibat merupakan teknik menentukan kesimpulan dengan cara menjelaskan sebab kemudia akibat yang ditimbulkan dari sebab tersebut. Teknik sebab-akibat ini bertujuan untuk memperjelasn gagasan utama yang telah diajukan pada bab pendahuluan. Sehingga, kesimpulan yang akan diajukan nantinya tidak akan keluar dari topik yang telah dibahas pada gagasan utama karya tulis yang dibuat.

Demikianlah penjelasan secara lengkapnya mengenai pengertian, jenis, ciri, syarat, dan contoh kesimpulan untuk penulisan makalah/laporan penelitian/skripsi/karya ilmiah serta cara panduan cara menulisnya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *