Contoh Birokrasi dalam Berbagai Bidang di Keseharian

Diposting pada

Contoh Birokrasi di Indonesia

Birokrasi sejatinya dimaknai sebagai seseorang yang dipilih karena kemampuan dan keahlian di baidangnya untuk menjalankan printah yang teah menjadi rencana kerja yang terstruktur. Tujuan birokrasi ini salah satunya ialah melaksanakan sistem administrasi dalam pendidikan, politik, pemerintahan, dan bahkan untuk tugas keseharian.

Peristilahan birokrasi ini akhir-akhir ini menjadi salah satu perdebatan yang menarik perhatian, apalagi di Indonesia sebagai salah satu arti negara berkembang akhir-akhir ini mengaungkan refiramasi untuk birokrasi yang tujuannya agar lebih efesien dalam menangani persolan di masyarakat. Untuk lebih lengkapnya berikut ini penjelasan terkait contoh kejadian yang di abtraksikan pada birokrasi.

Birokrasi

Salah satu pengertian birokrasi menurut para ahli telah dikemukaka oleh Max Weber menyangkut sejatinya ada tiga hal untuk memaparkan istilah ini. Antara lain yang pertama legitimasi dasar secara sistem otoritas. Kedua, proposisi penyusunan sistem otoritas legal. Ketiga, konsepsi legitimasi bagi staf administrasi.

Contoh Birokrasi

Adapun untuk contoh Birokrasi dan tugasnya dalam melakukan arti layanan publik terhadap masyarakat dapat kita lihat seperti di bawah ini:

  1. Pejabat Pembuatan SIM

SIM merupakan syarat yang harus dimiliki oleh seorang agar mendapatkan ijin mengemudi. Pembuatan SIM dilayani oleh pejabat pembuat SIM. Terdapat alur dan prosedur yang harus dilalui dalam membuat SIM.

Pejabat pembuat SIM memiliki tugas yang berbeda di tiap loket. Mulai dari petugas pendaftaran, petugas tes, rekam foto serta sidik jari, dan sebagainya.

  1. Pejabat Penerbitan Sertifikat Tanah

Badan Agraria bertugas untuk mengurusi hal yang berkaitan dengan tanah. Di dalamnya terdapat divisi-divisi dengan tugas masing-masing misalnya penerbitan sertifikat tanah. Ketika masyarakat ingin membuat sertfikat tanah, maka banyak prosedur yang harus dilalui.

Mulai dari pendaftaran ke notaris, pengukuran luas tanah oleh petugas pengukuran, pengecekan keabsahan, pembuatan buku tanah dan sebagainya.

  1. Mahasiswa Menyelesaikan Studi

Abstraksi birokrasi yang dijalankan dalam ruang lingkup pendidikan ini tidak terlepas daripada status mahasiswa. Yang miasalnya saja takalan mengurus penyelesaikan perkuliahan haruslah membuat beragam penelitian, seperti skripsi, tugas akhir, atapun thesis.

Setelah penelitian selesai dijalankan bahwa seorang mahasiswa tersebut haruslah mengurus surat-surat terkait dengan birokrasi.

Misalnya saja seperti pembuatan surat tidak plagiasi dari karya orang lain, mengurus surat keterangan telah membuat penelitian, sampai melakukan pendaftaran untuk wisuda. Penjelasan diatas adalah salah satu gambaran secara jelas yang bisa diberikan terkait dengan contoh birokrasi di pendidikan.

  1. Pelajar Melakukan Kegiatan

Contoh lainnya yang masih erat kaitannya dengan birokrasi di lingkungan sekolah misalnya saja takalan seorang pejar ingin melakukan kegiatan. Dalam merealisiasikan kegiatan tersebut haruslah meminta izin kepada pihak sekolah, setelah itu mula mencari media patner serta sponsor yang dapat membantu biaya untuk kegiatan.

  1. Membuat KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Lain halnya dengan birokrasi di Indonesia khususnya dalam pembuatan KTP haruslah meminta surat keterangan dari pihak yang berwewenang di Desa. Misalnya saja dalam hal ini seperti menguus surat domisili di Kantor Kelurahan, yang sebelumnya juga harus membuat keterangan surat dari RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga), dan lain sebaginya.

  1. Mencalonkan Diri Sebagai Anggota Dewan

Contoh tindakan yang merupakan sa;ah satu wujud birokrasi yang sering terjadi adalah dalam dunia politik. Dimana dalam perpolitikan kita pada saat ini untuk menjadi calon pada lembaga legislatif haruslah melakukan pendaftaran, memiliki tingkat pendidikan, serta memiliki masa yang bisa menjadi jaminan untuk bisa menang dalam kontansi Pemilu.

  1. Memakai Fasilitas Umum

Contoh tindakan lain yang terjadi dengan birokrasi dalam layanan publik misalnya takalah kita ingin mempergunakan fasilitas umum. Sebagimana contoh mempergunakan lapangan untuk acara pengajian, dalam hal inilah setidaknya diperlukan surat izin kegiatan, baik dari keluarahan ataupun pada pihak kemananan (Polisi).

  1. Kunjungan ke Kantor Perusahaan

Tindakan lainnya yang juga dikategorikan dalam birokrasi ini misalnya saja ketika akan melakukan kunjunga kerja antar instansi pemerintahan. Maka dalam hal ini lah diperlukan dengan sngat surat-surat izin, selanjutnya setelah dipersetujui maka kunjungan tersebut bisa dijalankan.

Birokrasi Tidak Efisien

Mesekipun diatas adalah gambaran jelas terkait dengan beragam macam birokrasi yang masih dijalankan pada saat ini akan tetapi perlu diketahui bahwasanya masih saja ada birokrasi yang tidak efesiensi sehingga menganggu pembangunan nasional. Adapun contoh nyatanya saja, seperti;

  1. Sulitnya membangun izin bagi UMKM lantaran selain harus ada persetujuan dari dinas perdagangan haruspula masyarakat yang ingin membuat produk membuat lebel halal. Padahal agar lebih efesiensi bisa dilakukan dengan memberikan memberikan jalur khusus yang artinya satu pintu untuk pengurusan keduanya.
  2. Pemilihan Umum dilakukan dengan mempergunakan kertas yang itu semua terjadi pembangunan tidak merata. Selain itu juga untuk proses pemilihan umum kerika berpergian harus menguras surat-surat tertentu, padahal bisa saja dengan langsung menunjukan KTP dan melakukan pemilihan umum secara online bagi daerah-daerah yang maju.

Atas beragam contoh yang telah disebutkan tersebut pada ahirnya kita mengeneal reforamsi dalam birokrasi. Yang intinya pada konsep ini mememntingkan berbagai hal. Yaitu;

  1. Memeberikan Penilaian pada Akuntabilitas Kinerja
  2. Pembangunan Kelembagaan dalam Sau Konsep yang Sama
  3. Tatalaksana
  4. Mencipatakan SDM Aparatur yang Cerdas
  5. Mematuhi peraturan dalam arti Perudangan-Undangan
  6. Mengutamakan Pelayanan Publik.
  7. Menjaga dan Membina Mental Aparatur
  8. Melakukan Pengawasan yang Ketat

Kemudian atas penjelasan inipula pada akhirnya sekarang ini kita mengenai istilah reforamsi dalam birokrasi. Terutamasekali yang peling terleihat ketika akan mengurus Pajak masyarakat bisa melakukan secara online dan pembaran bisa dilakukan pula mempergunakan ATM yang ada di Bank.

Nah, itulah tadi penjelasan dan pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait contoh birokrasi dalam berbagai bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, layanan publik di keseharian. Semoga bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *