Contoh Artikel Pendidikan/Ilmiah dan Cara Menuliskannya

Diposting pada

Artikel Adalah

Pernahkan Anda menulis artikel, artikel jenis apa yang Anda tuliskan? Menulis artikel, ketika direncanakan dengan baik dan dipikirkan dengan cermat biasanya menghasilkan bahan artikel yang bagus. Sama seperti upaya penulisan lainnya, perencanaan tata letak untuk bahan adalah karakteristik dasar ketika menulis artikel. Dalam perencanaan, Anda harus membuat pilihan yang baik untuk topik atau subjek apa yang akan Anda bahas.

Mengajukan pertanyaan seperti, seberapa jauh pengetahuan Anda tentang hal yang akan Anda tuliskan? Apakah Anda tertarik dengan topik tersebut? Bagaimana topik ini menarik bagi pembaca yang Anda targetkan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dipertanyakan dalam proses memilih topik yang akan Anda tulis, misalnya saja topik besar yang ingin dituliskan tentang pendidikan, ekonomi, sosial, lingkungan, atau kesehatan.

Dengan melakukan hal itu, Anda bisa mendapatkan topik artikel topik menarik. Untuk memperjelas tentang apa yang dimaksud dengan artikel, apa saja jenisnya, bagaimana ciri- ciri, syarat, dan cara membuatnya, berikut ini ulasannya.

Artikel

Artikel bisa diartikan sebagai karya tulis yang lengkap, misalnya laporan berita, atau esai dalam majalah, surat kabar, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, artikel ialah karangan ilmiah yang bersifat faktual dan lengkap dengan panjang karangan tertentu yang ditulis untuk dipublikasikan lewat media massa dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca.

Pengertian Artikel

Artikel dapat diartikan sebagai karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Isi artikel dapat bermacam-macam, contohnya antara lain artikel tentang: (1) Sejarah; (2) Petualangan; (3) Argumentasi; (4) Hasil penelitian; (5) Bimbingan untuk melakukan/mengajarkan sesuatu.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Adapun definsi artikel menurut para ahli, antara lain:

Rillan E. Wolseley

Artikel merupakan karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan, tujuannya adalah untuk menyampaikan gagasan maupun fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, ataupun menghibur

Sumandiria

Artikel ialah suatu karya tulis lepas yang isinya berupa opini tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembacanya.

Al-‘Aqli

Artikel ialah karya tulis yang dibuat oleh setiap disiplin ilmu serta masing-masing pembahasan tersebut dikaji dan juga diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas sehingga pembaca dapat mengambil inti sarinya.

Jenis Artikel

Secara umum, terdapat  lima macam artikel yang sering kita baca sehari-hari, diantaranya adalah sebagai berikut;

Narasi

Artikel narasi merupakan jenis artikel yang isinya bercerita tentang rangkaian peristiwa secara sistematis (awal, tengah, dan akhir). Pada artikel narasi terdapat tokoh, konflik, dan penyelesaian masalah. Contohnya yaitu biografi, autobiografi, kisah pengalaman.

Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan atau medeskripsikan tentang suatu hal kepada pembacanya, sehingga pembaca seolah-oleh dapat merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi.

Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik agar menambah pengetahuan pembacanya. Artikel jenis ini biasanya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan jenis artikel yang tujuannya ingin membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan data/ fakta sebagai alasan. Di dalam artikel ini biasanya terdapat unsur opini dan data, serta fakta sebagai pendukung opini.

Persuasi

Artikel persuasi merupakan jenis artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga bersedia melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh si penulis dalam karangannya. Artikel jenis ini banyak digunakan dalam kampanye-kampanye, misalnya yaitu kampanye anti Narkoba yang isinya menjelaskan tentang bahaya Narkoba.

Ciri Artikel

Karakteristik yang ada di dalam artikel yaitu sebagai berikut:

  1. Artikel pada umumnya dibuat secara ringkas, padat, jelas, dan tuntas.
  2. Isi dalam sebuah artikel didasari oleh fakta, bukan fiksi atau mitos yang kebenarannya masih diragukan.
  3. Artikel bersifat informatif dan faktual, artinya mengungkapkan informasi berdasarkan suatu penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Sebuah artikel bisa mengandung opini dan analisis, tapi harus berdasarkan teori dan data yang valid.
  5. Penulisan artikel menggunakan bahasa yang baku atau resmi, serta kalimat yang lugas, logis, denotatif, dan efektif.
  6. Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis, agar pembaca bisa mengerti isinya dengan mudah.

Syarat Artikel

Syarat-syarat suatu tulisan dikatan sebagai artikel, antara lain:

  1. Bahasa yang digunakan dalam artikel disesuaikan dengan model artikel:  populer, ilmiah, dan ilmiah populer.
  2. Tulisan harus orisinal atau bukan jiplakan dari karya orang lain.
  3. Tulisan memiliki topic yang bersifat respons dari sebuah peristiwa.
  4. Ide dari sebuah artikel adalah murni dari ide penulis dan sebagian mengambil dari sumber  referensi: studi pustaka, buku, dan lain sebaginya.
  5. Penulisan artikel tidak terikat oleh waktu, bentuk berita, gaya bahasa, dan  teknik penulisan lainnya.
  6. Aktualitas, gaya penulisan, dan panjang pendeknya artikel harus diperhitungkan  antara 700—1.200 kata.

Contoh Artikel

Dalam memperjelas tentang pemahaman artikel diatas, maka penting bagi tulisan ini membagikan beberapa contoh penulisan artikel yang bisa membantumu dalam penyelesaian akan tugas-tugasmu. Penulis artikel ini terbagi atas tema pendidikan, kebudayaan, sejarah, dan juga kepemudaan yang kesemuanya bersifat ilmiah.

Bentuk artikel ini juga bisa kalian convert pdf ke word ataupun sebaliknya. Hal ini dilakukan guna mempermudah proses penyelesaian yang diinginkan. Berikut inilah kumpulan contoh-contoh tulisan artikel tersebut.

Artikel Pendidikan

Tulisan ilmiah tentang pendidikan ini dilakukan berdasarkan pada kondisi yang saat ini sedang terjadi. Artinya tema yang dibahas masih terbaru bagi masyarakat Indonesia. Adapun untuk penulis dalam contoh ini ialah Sulastri Handayani.

Judul Artikel Pendidikan

Strategi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Membentuk Generasi yang Unggul dan Mandiri

Setelah menuliskan judul maka langkah selanjutnya ialah membuat latar belakang yang menjadi kerangka berfikir dalam artikel yang ingin diselesaikan. Dari contoh diatas, setidaknya ini menjadi pendahuluan akan tulisan yang diselesaikan.

Pendahuluan Artikel

Pendahuluan

Latar Belakang Persoalan

Di zaman yang modern sekarang ini,alat-alat elektronik semakin canggih.Seorang pemuda yang tangguh harus berani dalam bertindak untuk berkontribusi dalam mencapai Indonesia emas 2045,tidak hanya berkontribusi namun perlu untuk memantapkan karakter bangsa ini menuju generasi muda yang unggul dan mandiri 2045. Didalam mencapai dan memantapkan karakter bangsa menuju Indonesia emas 2045,seorang pemuda harus mempunyai strategi yang jitu dalam pembelajaran kearifan lokal untuk membentuk generasi yang unggul dan mandiri.

Lantas nilai-nilai apa sajakah yang harus dimiliki oleh generasi 2045.? dapat diwujudkan melalui sikap antara lain: cinta kepada Allah Swt. dan alam semesta beserta isinya; tanggung jawab; disiplin; mandiri; jujur; hormat; santun; kasih sayang; peduli; kerja sama; percaya diri; kreatif; kerja keras; pantang menyerah; keadilan;baik dan rendah hati; toleran; cinta damai; dan persatuan.timbul sebuah pertanyaan kembali,apakah generasi sekarang sudah berada pada nilai-nilai tersebut.? Jawabannya muncul apabila bangsa ini sudah mulai ada perubahan yang signifikan, pemuda yang unggul dan mandiri harus keluar dari zona nyaman mereka, karena dengan itu bangsa ini akan bisa mencapai Indonesia emas tahun 2045.karena Generasi 2045 merupakan generasi yang jauh dari perilaku amoral, destruktif, anarkis, dan korup, serta sangat dekat dengan perilaku cerdas spiritual, emosional, intelektual, dan sosial.

Dengan demikian untuk mewujudkan tercapainya Generasi 2045 ini tidak semudah kita membalikkan telapak tangan. Segala upaya, baik itu pemikiran ataupun tanaga harus dioptimalkan seintegral dan sedemikian rupa. Fenomena penting yang diprediksi akan mengiringi kelahiran membentuk generasi yang unggul dan mandiri., menjadi karakteristik utama, sekaligus pembentuk generasi bangsa indonesia 2045 adalah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan keterbukaan pemanfaatan kemajuan TIK.Tidaknya hanya melalui TIK,namun bersaing dengan MEA kita perlu siap siaga tanggap dalam berkontribusi membentuk generasi yang unggul dan mandiri,dan Arus globalisasi yang tidak dapat dibendung, senantiasa menuntut ruang gerak yang dinamis dalam segala aspek kehidupan.

Pembelajaran yang berbasis kearifan lokal atau sering disebut local Wisdom dapat dipahami sebagai usaha manusia dengan menggunakan akal budinya (kognisi) untuk bertindak dan bersikap terhadap sesuatu, objek, atau peristiwa yang terjadi dalam ruang tertentu. Pengertian tersebut disusun secara etimologi, di mana wisdom dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan akal pikirnya dalam bertindak atau bersikap sebagai hasil penilaian terhadap suatu objek atau peristiwa yang terjadi. Sebagai sebuah istilah wisdom sering diartikan sebagai ‘kearifan/kebijaksanaan’. Lokal secara spesifik menunjuk pada ruang interaksi terbatas dengan sistem nilai yang terbatas pula.

Identifikasi Topik Bahasan

  1. Kiat-kiat apa saja yang perlu dilakukan oleh pemuda untuk mencapai Indonesia emas 2045 melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk generasi yang unggul dan mandiri.
  2. Yang harus dipersiapkan kemendikbud untuk mencapai generasi yang tanggap terhadap berbagai hal yang mempunyai tujuan dan bereksperimen dalam mencapai Indonesia emas 2045.
  3. Strategi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk generasi yang unggul dan mandiri seperti apa yang harus dimiliki oleh pemuda indonesia pada masa emas 2045.
  4. Apakah generasi bangsa ini sudah menunjukkan karakter pemuda yang unggul dan mandiri dalam mencapai Indonesia emas 2045.
  5. Pendidikan bagi pemuda yang mempunyai Strategi pembelajaran berbasis kearifan local mestinya mencakup pengetahuan (kognitif), emosi, rohani, toleransi, kebersamaan, keterbukaan, kemanuasiaan, dan aspek-aspek lainnya yang bersinggungan pada spiritualitas, moralitas, sosialitas, emosionalitas, rasionalitas (intelektualitas), estetis, dan fisik.

Setelah menuliskan tentang latar belakang, maka tapan struktur lainnya ialah dengan menuliskan pembahasan. Sub ini tentusaja hampir sama dengan contoh penelitian kualitatif ataupun penelitian kuantitatif. Berikut lanjuatan bahasan artikel tersebut;

Bahasan Artikel Pendidikan

Pembahasan

Kiat-kiat apa saja yang perlu dilakukan oleh pemuda untuk mencapai Indonesia emas 2045

Mereka yang sekarang pada masa usia dini akan menjadi generasi yang mengendalikan bangsa ini pada tahun 2045. Tahun 2045 ini, akan menjadi tonggak sejarah pemuda bangsa indonesia yang unggul dan mandiri bisa mencapai target yang lebih pada masa Indonesia 2045 ini karena pada tahun itu Bangsa Indonesia memperingati 100 tahun kemerdekaannya. Dengan berbagai strategi pembelajaran yang berbasis lokal maka bangsa ini pada tahun itu, bangsa Indonesia akan sudah 100 tahun bebas dari penjajahan. Adalah suatu kewajaran atau bahkan suatu keharusan bahwa tahun 2045 itu dijadikan benchmark (patokan) untuk menentukan kinerja bangsa ini selama seratus tahun merdeka dari penjajahan dan menentukan daya saing di arena internasional.

Grand design Kemendikbud untuk menyiapkan generasi emas 2045 mendapatkan momentum yang sangat tepat, karena periode tahun 2010—2035 merupakan periode “bonus demografi Indonesia” (demographic dividend), di mana potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif merupakan yang terbesar sepanjang sejarah kemerdekaan Indonesia).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2011, jumlah penduduk Indonesia 2010 usia muda lebih banyak dibandingkan dengan usia tua. Jumlah anak kelompok usia 0-9 tahun sebanyak 45,93 juta, sedangkan anak usia 10- 19 tahun berjumlah 43,55 juta jiwa. Diprediksi, bahwa pada 2045, mereka yang usia 0-9 tahun akan berusia 35-45 tahun, sedangkan yang usia 10-20 tahun berusia 45-54.

Pada usia-usia itu merekalah yang akan memegang peran di suatu Negara,karena generasi yang unggul dan mndiri yang harus dimiliki oleh bangsa ini,bagi generasi muda tidak ada kata sulit jika mau bergerak dan menunjukkan kwalitas diri baik itu di nasional maupun internasional,tidak hanya mampu menjadi generasi yang unggul dan mandiri namun kiat-kiat yang harus dimiliki generasi muda adalah memiliki wawasan yang luas agar mampu
berpikir secara kritis di dalam bertindak dalam mencapai Indonesia emas 2045.

Berdasarkan isyarat awal yang dikemukakan oleh Mendiknas, ada dua fenomena penting yang dapat diprediksi akan mengiringi kelahiran, sekaligus akan menjadi karakteristik utama, dan pembentuk generasi bangsa 2045. Kedua fenomena tersebut adalah: kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan keterbukaan pemanfaatan kemajuan TIK. Pertama, kemajuan TIK dengan segala keunggulannya sudah menyentuh hampir semua bidang kehidupan manusia, tak terkecuali bidang pendidikan.

Revolusi spektakuler teknologi internet (WWW) dari Web 1.0 (1993) ke Web 2.0 (2004), bahkan kini dengan dukungan teknologi tiga dimensi (3-D), telah mampu menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran baru di dunia maya (virtual world learning environments) yang lebih menarik dan menantang bagi peserta didik, tak terkecuali mereka yang kini ada di pendidikan dasar (PAUD, TK, SD, dan SMP).

Berbagai situs internet nasional dan dunia, menyediakan ruangruang dan media-media jejaring sosial online/virtual yang dapat digunakan tidak saja bagi orang dewasa, tetapi juga oleh peserta didik pada pendidikan dasar, baik untuk kepentingan belajar, bermain, maupun untuk membangun relasi-relasi sosial dengan sebaya mereka.

Pengetahuan yang harus dimiliki oleh pemuda yang mempunyai Strategi pembelajaran berbasis kearifan lokal.

Pengetahuan (kognitif), emosi, rohani, toleransi, kebersamaan, keterbukaan, kemanuasiaan, dan aspek-aspek lainnya yang bersinggungan pada spiritualitas, moralitas, sosialitas, emosionalitas, rasionalitas (intelektualitas), estetis, dan fisik.Itu semua yang harus dimiliki oleh pemuda generasi dalam mencapai Indonesia emas tahun 2045,Sebagian dari beberapa pemuda yang hanya memiliki pengetahuan seperti yang tertera diatas,karena pemuda zaman moderen sekarang ini memiliki strategi pembelajaran yang kurang efektif,semua serba berubah.

Oleh karena itu generasi saat ini maupun yang akan datang harus berani keluar dari zona-zona yang menurut mereka nyaman untuk dilakukan,karena jika bukan kita yang merubah bangsa ini menjadi lebih baik dan maju serta terdepan di kanca internasional. Demikian halnya dengan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) VII tahun 2012 bertemakan “Memantapkan Karakter Bangsa Menuju Generasi 2045” merupakan salah satu bentuk dukungan institusi pendidikan yang bergabung dalam Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Indonesia (ALPTKI) dan sekaligus upaya strategis untuk terus menyosialisasikan pentingnya pendidikan karakter dan pengetahuan menuju terbentuknya Generasi 2045.

Analisis

Hasil analisis telah menunjukkan bahwa kurangnya minat pemudapemuda bangsa yang berkemauan tulus dan berkemampuan profesional serta berkarakter dalam mencapai pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk generasi yang unggul dan mandiri.

Akibatnya, kehidupan bangsa Indonesia dewasa ini, khususnya di bidang sosial dan budaya dicirikan oleh semakin hilang dan menjauhnya jati diri bangsa dari perilaku masyarakat, utamanya para elite, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Studi Koster (2000) juga mengungkap bahwa dari pembentukan sikap, watak, dan kepribadian siswa, ternyata kurikulum pendidikan belum menunjukkan hasil seperti yang diharapkan oleh masyarakat. Hal ini dapat diamati dari kecenderungan terjadinya kenakalan remaja, kemerosotan moral, dan perilaku menyimpang dari etika kehidupan dan budaya bangsa,jika semua itu berlanjut maka adakah harapan bangsa ini untuk mencapai target pada tahun 2045, hanya perubahan yang diharapkan oleh bangsa ini dalam mencapai target pada 2045. Sekolah yang diharapkan menjadi salah satu wahana terjadinya proses transformasi nilai-nilai dan norma-norma sebagai bagian dari pembentukan kepribadian siswa belum menjadi kenyataan.

Padahal sekolah dituntut sebagai agen perubahan dalam membentuk manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang tidak hanya pandai secara akademik, yang mempunyai keahlian, keterampilan, dan kemampuan intelektual, spiritual, yang mempunyai ciri-ciri kepemimpinan dalam memecahkan masalah, tetapi juga mempunyai integritas moral yang baik.

Setelah proses penyelsaian bahasan diatas, langkah selanjutnya adalah pembuatan dalam contoh kesimpulan. Meskipun dalam tulisan artikel ini secara kaidahnya akan berbentuk penutup. Berikut adalah penjelasan serta lanjutan contohnya.

Contoh Kesimpulan Artikel

Penutup

Generasi bangsa 2045 adalah sebuah generasi yang secara intelektual mampu untuk merubah bangsa ini ke arah yang lebih baik,pandai dalam memanfaatkan peluang yang ada, dan secara sosio-kultural ”tetap santun dan hormat” terhadap keberagaman khasanah kearifan lokal (local wisdom) yang telah membentuk jatidirinya sebagai bangsa yang beradab. Untuk membentuk generasi yang sedemikian rupa, perlunya dukungan pemerintah untuk turun tangan langsung dalam membantu generasi muda dalam mencapai Indonesia emas 2045.

Tidak hanya dari pemerintah,namun yang paling penting adalah dari pemuda itu sendiri, yang mau berubah untuk bangsa ini,karena generasi sekarang kebanyakan membuang waktunya untuk hal-hal yang kurang untuk menguntungkan bangsa. Harapannya generasi sekarang maupun yang akan datang dapat memiliki strategi pembelajaran yang berdaya internasional.Oleh karena itu, diharapkan mampu memadukan dua kekuatan karakter generasional yang bersifat komplementer, yaitu “ekologisme” personal dan sosio-kultural, dan “egoisme” keilmuan dan teknologi.

Untuk memperjelas dalam alur penulisan diatas, dibawah ini akan disertakan PDF dalam tulisan yang dibuat. Hal ini bisa lebih mempermudah untuk menjadi panduan dasar dalam penyelesaian artikelnya.

Artikel tentang Pendidikan dan Pembelajaran

Artikel Ilmiah

Dalam sturktur penulis artikel ilmiah kadangkala tidak jelas yang disebut bagian pendahuluan, pembahasan/analisis, serta kesimpulan. Meskipun demikian secara pembacaanya hal ini mudah untuk dilakukan analisis bagian-bagian tersebut.

Artikel ilmiah selanjutnya ini menjadi contoh kedua dengan tidak memberikan keterangan antara pembukaan, isi, dan penutup. Penulis dalam artikel ini adalah Fitria Luziana.

Contoh Judul Artikel Ilmiah

Sosialisasi dan Strategi Pemuda Dalam Upaya Melestarikan Kebudayaan Untuk Mengatasi Permasalahan Global

Atas judul diatas setidaknya bahasan artikel ini mencangkup tentang lingkungan,kesehatan, semangat kepemudaan, pendidikan, serta sosial. Bahasan yang diberikan dalam tulisan ini adalah sebagai berikut;

Artikel Ilmiah Sosial/Kesehatan/Budaya

Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan ini menunjukkan bahwa negeri kita yang tercinta adalah negeri yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya yang tetap satu meskipun berbeda-beda. Menurut sensus penduduk BPS tahun 2010 terdapat 1.340 suku bangsa di Indonesia dengan mayoritas suku adalah Suku Jawa.

Dengan jumlah suku yang begitu banyak maka tak heran bila Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang khas dan unik dari berbagai macam penjuru daerah dari sabang hingga merauke. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi dan arus globalisasi seakan semakin memudarkan rasa nasionalisme masyarakat indonesia.

Teknologi yang semakin canggih dan pengaruh global membuat budaya barat mampu masuk ke Indonesia dengan mudah dan cepat dan ini menjadi hal yang seolah lebih menarik bagi masyarakat Indonesia dibandingkan budaya lokal yang dimiliki. Banyak masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak hingga orang tua yang tidak mengenal budaya Indonesia sementara ia lahir besar dan tinggal di Indonesia dan yang lebih miris lagi ada beberapa anak indonesia yang justru tidak dapat berbahasa Indonesia dan fasih dalam bahasa asing.

Hal ini terjadi karena sejak kecil anak-anak indonesia justru telah dikenalkan dengan budaya barat dan juga pola pikir masyarakat yang menganggap bahwa berbudaya kebarat-baratan merupakan gaya hidup yang berkelas dan juga pemikiran untuk menjadi bangsa yang besar maka harus mengikuti perkembangan zaman dan juga budaya yang berasal dari negara-negara maju.

Hal tersebut memang benar, namun alangak baiknya bila bangsa ini dapat maju tanpa harus menghilangkan budaya-budaya khas yang telah ada. Mengapa Indonesia tidak dapat maju ke garis internasional dengan membawa kekhsan budaya yang dimiliki contohnya dari segi bahasa. Bila dibandingkan dengan negara satu benua yaitu korea, mengapa orang korea mampu berkiprah di berbagai ajang internasional tanpa meninggalkan bahasa korea dan menggantinya dengan bahsa inggris ? Selain itu teknologi yang sudah ada sekarang tidak digunakan dengan tepat mengingat semakin meluasnya arus global yang masuk ke indonesia, masih banyak pemuda-pemuda indonesia yang dianggap memiliki nilai yang lebih didalam masytrakat justru menggunakannya kemajuan teknologi untuk hal yang dapat merusak kebudayaan bangsa.

Untuk mengatasi masalah ini peran pemuda  sangatlah dibutuhkan mengingat setaip tahunnya pengaruh global akan terus meluas masuk ke Indonesia. Pemuda dipilih karena memiliki semangat dan energi yang tinggi serta pemikiran dan pengetahuan yang luas. Seperti kata Bung Karno “ beri aku seribu orangtua maka niscahya akan aku cabut semeru dari akarnya dan beri aku sepuluh pemuda maka niscahya akan aku guncangkan dunia”. Dari kutipan kata-kata tersebut dapat diambil makna bahwa pemuda memiliki peranan yang angat penting dalam menjaga bangsa.

Menurut Wikipedia.org arus globalisasi artinya proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur, transportasi, dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan internet merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan aktifitas ekonomi dan budaya.

Arus globalisasi selalu dipandang buruk oleh kebanyakan orang. Namun, bila ditinjau dari sisi positifnya arus globalisasi tidak selamanya memberikan dampak yang buruk bagi bangsa, melainkan dapat dimanfaatkan oleh pemuda-pemuda indonesia dalam menuangkan ide-ide kreatif untuk memperkenalkan budaya indonesia dimulai dari seluruh lapisan masyarakat yang ada di indonesia bahkan sampai ke ajang internasional. Memperkenalkna budaya indonesia ke berbagai lapisan asyarakat dan belahan dunia merupakan salah satu tindakan nyata pemuda indonesia dalam melestarikan budaya bangsa.

Namun, sebelum bertindak sejauh itu hendaknya pemuda indonesia harus menjadi contoh yang baik bagi kalangan masyarakat indonesia itu sendiri dengan cara mencintai dan melestarikan budaya bangsa dimulai dari diri sendiri setelah menjadi contoh yang baik maka pemuda dengan pemikiran-pemikiran yang kreatif mampu menciptakan berbagai hal yang mampu memberikan nilai positif contohnya dalam bidang makanan dapat dimulai dengan mengkreasikan makanan tradisional indonesia yang dipadukan dengan makanan budaya barat agar tetap menarik minat masyarakat.

Dalam bidang tata busana, dapat dilakukan pembuatan busana yang menggunakan kain khas dari berbaga suku yang ada di Indonesia dan juga membuat produk-produk yang mengandung unsur khas dari Indonesia yang mampu untuk di pasarkan di seluruh Indonesia dan juga internasional.

Beberapa contoh diatas telah lazim dilakukan oleh masyarakat Indonesia namun belum maksimal dan perlu tindak lanjut agar usaha tersebut tetap berjalan dan berkembang seiring berjalannya waktu. Yang menarik saat ini untuk melestarikan budaya indonesia yaitu melalui bidang fotografi dan juga perfilman. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan pemuda di indonesia sangat ingin memiliki popularitas dikalangan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Akun intagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh kalangan remaja hingga dewasa saat ini.

Menurut siaran pers CCNIndonesia.com pengguna aktif instagram di Indonesia ada sekitar 22 juta pengguna. Akun ini biasanya berisi aktifitas keseharian dari penggunanya, dengan memanfaatkan media sosial yang ada para pemuda indonesia mampu mensosialisasikan budaya-budaya diseluruh penjuru indonesia melalui foto dan juga video yang dapat dibuat semenarik mungkin agar pengguna instagram tertarik untuk melihat isi akun tersebut.

Mengapa sosialisasi dilakukan melalui media sosial? karena menurut okezone.com indonesia merupakan pengguna smartphone terbesar kedua setelah cina yang artinya bahwa hampir seluruh masyarakat indonesia menggunakan smarthpone dalam aktifitas sehari-hari.maka akan sangat efektif bila pengenalan dilakukan melalui smartphone.\

Selain melaui instagram, para pemuda yang memiliki intelektual tinggi dan juga kreatifitas yang tinggi dapat menuangkan ide tersebut dalam bentuk film pendek dan video yang diunggah melalui youtube yang berisikan tentang budaya indonesia baik itu berupa tarian, lagu dan juga adat-adat yang ada di indonesia karena selain pengguna instagram yang banyak Indonesia juga menjadi salah stu Negara pengakses youtube terbesar se-Asia Pasifik pada tahun 2015 lalu dengan rata-rata lama akses perhari yaitu sekitar 30 menit. Melalui media sosial ini maka akan memudahkan pengenalan budaya indonesia ke khalayak banyak. Namun, agar para penonton tidak bosan maka dapat ditambahkan kedalamnya unsur dari dunia luar namun tdiak menghilangkan niali esensial dari budaya itu sendiri.

Dengan memodifikasi lagu serta tarian khas indonesia diharapkan masyarakat indonesia dan juga masyarakat dari seluruh penjuru dunia akan tertarik terahadap budaya indonesia karena ketertarikan inilah yang akan membuat masyarakat indonesia  ingin melestarikan budaya yang ada karena bila di pelajari dan dipahami lebih lanjut budaya-budaya di indonesia memiliki nilai estetika yang sangat indah.

Peran pemuda sebagai generasi emas dapat dirasakan dampaknya diseluruh lapisan masyarakat bahkan dunia apabila telah melakukan suatu tindakan yang dapat membawa perubahan yang besar dan juga mampu membuat ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi bangsa. Sebagai seorang yang berperan penting dalam kemajuan bangsa maka peran pemuda dalam menajaga kelestarian budaya bangsa dapat dimulai dengan langkah awal mengubah pandangan bahwa pengaruh global akan memberikan dampak yang negatif bagi bangsa karena sebagai seorang yang memliki pemikrian yang luas dan itelektual yang tinggi cobalah untuk melihat dari sisi positif pengaruh global itu sendiri.

Karena tidak semuanya akan memberikan hasil yang buruk bila kita mampu mengendalikan hal yang harusnya dikendalikan bukan diikuti dalam hal ini adalah pengaruh arus globalisasi dan kemajuan teknologi. Pemuda-pemuda indonesia dengan segudang tenaga dan semangat yang dimiliki akan mampu membawa bangsa indonesia menjadi bangsa yang maju dengan menciptakan berbagai gagasan dan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Mari menjadi pemuda yang mampu menjaga kelestarian budaya bangsa dengan sutau tindakan nyata yang dapat dimulai dari diri sendiri dengan berbagai cara seperti menggunakan produk dalam negeri dan menjaga serta memahami keseluruhan budaya yang ada di Indonesia. Dengan belajar maka kita akan mengetahui dan dengan mengetahui maka akan timbul rasa sayang dengan sayang maka akan ada rasa ingin menjaga. Hal itulah yang harus kita lakukan tehadap budaya Indonesia.

Cara Menulis Artikel

Selanjutnya tentang bagimana penylesaikan atas contoh artikel diatas, berikut ini langkah-langkah dalam menulis artikel, yaitu;

Kenali jenis artikel yang akan Anda tulis

Pikirkanlah topik dan fokus penulisan, selain itu pikirkan pula jenis artikel yang paling tepat untuk menyampaikan gagasan yang akan Anda komunikasikan.

Pelajari dan pertimbangkan topik Anda berulang kali

Anda perlu membuat daftar kemungkinan topik. Untuk bisa menulis artikel yang singkat tapi mengalir dengan baik, Anda perlu mempersempit topiknya. Itu akan menghasilkan pembahasan yang lebih spesifik, sehingga isi artikel itu menjadi lebih kuat.

Pilihlah topik yang sangat membangkitkan minat Anda

Anda harus memilih topic yang benar-benar ingin Anda tulis. Antusiasme Anda akan terlihat di dalam tulisan itu dan akan jauh lebih kuat dalam hal melibatkan para pembacanya. Tujuan Anda ialah membangkitkan minat yang cukup besar dari para pembaca, sehingga mereka menganggap pembahasan dalam artikel Anda layak untuk dipedulikan.

Lakukan penelitian awal

Apabila Anda belum terlalu memahami topik Anda (misalnya, jika Anda perlu menulis tentang suatu topik spesifik sebagai tugas pelajaran), Anda harus mulai dengan melakukan penelitian awal.

Temukan sudut pandang penulisan yang unik

Setelah  Anda memutuskan topik yang akan Anda tulis dan mempersempitnya hingga menjadi lebih spesifik, pikirkanlah bagaimana Anda bisa membuat tulisan tersebut berbeda dari yang lain.

Apabila Anda menulis artikel tentang suatu topik yang telah dibahas di dalam tulisan orang-orang lain, usahakan agar Anda membuat tulisan unik dari sisi pendekatan yang Anda digunakan. Anda perlu memperkaya pembahasan yang telah ada, bukan hanya menyajikan pokok pembahasan yang sama lagi.

Pertajam argumentasi Anda

Pada sebagian besar artikel, penulis turut menyertakan argumentasinya. Ini merupakan bagian inti dari sebuah artikel. Penulis juga menunjukkan bukti-bukti yang mendukung argumentasi tersebut.

Untuk membuat artikel yang berkualitas tinggi, Anda memerlukan argumentasi yang berkualitas tinggi pula. Setelah Anda dapat menentukan sudut pandang yang tepat, Anda dapat memberikan “pukulan telak” dalam argumentasi yang Anda sajikan.

Pelajari topik dan argumentasi Anda

Anda perlu mulai meneliti topik spesifik dan argumentasi Anda. Penelitian bukan hanya sekadar penelitian awal yang telah Anda lakukan sebelumnya. Pelajarilah isu-isu mendasar yang terkait, keuntungan dan kerugiannya, pandangan para ahli, dan hal-hal lainnya.

Kumpulkan bukti-bukti pendukung

Temukanlah cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk mendukung argumentasi Anda secara keseluruhan. Setidaknya kumpulkanlah 3 hingga 5 contoh yang kuat yang mendukung argumentasi Anda secara keseluruhan.

Gunakan sumber informasi yang tepercaya

Anda harus waspada saat melakukan penelusuran di internet. Gunakan informasi hanya dari sumber-sumber yang tepercaya, seperti surat kabar yang bereputasi baik, para ahli di bidangnya, situs web resmi milik pemerintah, atau situs web resmi milik perguruan tinggi.

Tetap perhatikan sumber-sumber penelitian Anda

Anda harus menuliskan sumber informasi yang Anda peroleh, agar Anda bisamencantumkan sumber-sumber itu. Informasi yang biasanya terdapat pada daftar pustaka berisi sumber-sumber informasi memuat nama penulis, judul artikel, judul media, tahun, nomor halaman, serta nama penerbit.

Jangan menjadi plagiat

Anda harus berhati-hati dalam mengutip informasi dari suatu sumber. Terkadang, orang-orang menyalin teks dari sumber lalu mememasukkannya ke dalam dokumen sebagai catatan khusus di dalam artikel mereka. Hal tersebut sebenarnya berisiko menjadi tindakan plagiat, sebab teks yang disalin tercampur dengan hasil tulisan si penulis sendiri.

Tentukan panjang artikel Anda

Anda perlu memikirkan apakah artikel yang Anda tulia memiliki jumpah kata atau batas halaman tertentu. Anda juga perlu memikirikan jenis topik yang dibahas dan seberapa pembahasan itu membutuhkan ruang penulisan. Pikirkan pula berapa banyak yang perlu ditulis untuk membahas topik ini agar pembahasannya cukup tuntas.

Pikirkan para pembaca

Anda perlu memikirkan siapa yang akan membaca artikel Anda. Perimbangkan pula tingkat kemampuan membaca, bidang minat, ekspektasi, dan lain-lain. mengenai pembaca.

Buat kerangka artikel Anda

Anda perlu membuat kerangka penulisan terlebih dahulu. Kerangka tersebut akan menunjukkan letak masing-masing informasi di dalam tulisan Anda. Kerangka akan membantu pula untuk melihat bagian-bagian mana di dalam tulisan yang masih membutuhkan lebih banyak informasi.

Pilih kutipan dan bukti-bukti lain yang mendukung pembahasan Anda

Anda perlu mencantumkan kutipan atau bukti-bukti yang benar-benar mendukung apa yang Anda sampaikan. Itu dapat berupa pernyataan seseorang, atau kalimat tertentu di dalam artikel lain yang sangat berkaitan.

Tulis bagian pendahuluan

Paragraf pendahuluan yang baik sangat penting untuk menarik minat pembaca. Pada beberapa kalimat awal, pembaca akan menentukan apakah seluruh artikel yang Anda tulis layak dibaca atau tidak.

Ikuti alur kerangka Anda

Kerangka kerja yang telah Anda buat akan membantu Anda berfokus untuk menulis artikel yang kuat dan mengalir dengan baik. Selain itu, kerangka juga akan membantu Anda untuk mengingat keterkaitan di antara setiap perincian. Kerangka juga akan membantu Anda dalam mengingat bagaimana kutipan-kutipan tertentu mendukung bagian-bagian tertentu di dalam tulisan Anda.

Berikan konteks yang sesuai

Janganlah mengasumsikan bahwa pembaca Anda memahami topik seperti Anda memahaminya. Anda perlu memikirkan informasi latar belakang yang mungkin dibutuhkan pembaca untuk memahami topik artikel.

Sesuai dengan jenis artikel, Anda mungkin bisa menambahkan satu paragraf yang berisi informasi latar belakang sebelum berlanjut pada bukti-bukti pendukung. Atau, Anda bisa memasukkan informasi latar belakang ini sesuai konteksnya di sepanjang artikel.

Berikan deskripsi yang baik

Anda harus menggunakan gaya bahasa deskriptif dan jelas untuk memberikan gambaran yang tepat kepada para pembaca mengenai apa yang Anda tulis. Pilihlah kata-kata kerja yang bersifat deskriptif dan kata-kata sifat yang tepat.

Gunakan kata-kata penghubung sebagai transisi

Anda perlu menghubungkan gagasan-gagasan yang berbeda dengan kata-kata penghubung, sehingga artikel Anda dapat mengalir dengan baik sebagai satu kesatuan. Anda perlu memulai tiap paragraf dengan kata-kata penghubung yang mengaitkannya dengan paragraf sebelumnya.

Perhatikan gaya, struktur, dan nada penulisan

Tentunya Anda ingin menulis dengan gaya, struktur dan nada yang sesuai dengan jenis artikel yang Anda tulis, sehingga Anda perlu memahami pembaca Anda untuk menentukan cara terbaik untuk menyajikan informasi Anda kepada mereka.

Tulis kesimpulan yang membuat pembaca terkesan

Akhiri artikel dengan kesimpulan yang dinamis. Sesuai dengan jenis artikel Anda, ini bisa berupa kesimpulan yang menggerakkan para pembaca.

Pertimbangkan untuk memberikan materi tambahan

Anda bisa membantu pembaca untuk memahami topik Anda lebih jelas dengan menambahkan gambar atau materi pelengkap lainnya.

Sunting tulisan Anda

Anda perlu meluangkan waktu untuk menyunting dan memperbaiki artikel Anda. Apabila memungkinkan, tunggu satu atau dua hari sebelum Anda menyunting. Ini akan membantu Anda untuk memberi jarak yang Anda butuhkan. Sehingga, Anda akan bisa membaca artikel Anda dengan pandangan mata yang segar, seperti membacanya untuk pertama kali.

Sisir kembali dan temukan kesalahan tata bahasa

Walaupun artikel Anda ditulis dengan sangat baik, tapi isinya tidak akan diperhatikan jika memuat banyak kesahan tata bahasa atau ejaan, sehingga pastikan bahwa tulisan Anda berdampak kuat, dengan cara membersihkannya dari kesalahan tata bahasa.

Baca artikel Anda keras-keras sendiri

Bacalah artikel Anda dengarkan nada, irama, panjang kalimat, alur, kesalahan isi atau kesalahan tata bahasa, serta argumentasi yang tersaji. Bayangkan apabila artikel ini adalah suatu karya seni musik, yang menyajikan pengalaman audio, kemudian gunakan telinga Anda untuk mengamati kualitas, kekuatan, serta kelemahannya.

Mintalah orang lain membaca artikel Anda

Anda perlu menunjukkan artikel yang Anda tulis kepada teman, guru, atau orang lain yang Anda percayai untuk membacanya. Apakah orang yang Anda tuju mengerti pokok pembahasan yang Anda tuliskan? Apakah dia bisa mengikuti alur berpikir tulisan Anda?

Tulis judulnya

Anda harus memberikan judul yang tepat untuk artikel Anda. Judul haruslah singkat dan langsung, dengan tidak lebih daripada sepuluh kata, jika mungkin. Judul harus berorientasi pada tindakan dan menunjukkan mengapa tulisan ini penting untuk dibaca. Judul sebisa mungkin harus memancing minat pembaca untuk melanjutkan membaca isi artikelnya.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkapnya mengenai pengertian menurut para ahli, jenis, ciri, syarat, dan contoh artikel beserta cara penulisannya awal hingga akhir. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *