Permasalahan Ekonomi Mikro di Indonesia dan Solusinya

Diposting pada

Permasalahan Ekonomi Mikro di Indonesia

Di dalam suatu bentuk negara tentu saja terdapat berbagai masalah, yang mana salah satunya adalah masalah ekonomi. Masalah ekonomi merupakan masalah yang seringkali terjadi di kehidupan sehari-hari baik itu maslaah dalam jual beli, tawar menawar, serta dalam ekspor-impor. Dalam kehidupan masa kini di Indonesia memiliki berbagai masalah ekonomi, antara lain masalah pengangguran, kemiskinan, profit, harga, hutang, pajak, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan sebagainya. Masalah ekonomi ini sejatinya terdapat 2 jenis, masalah ekonomi secara makro dan masalah ekonomi secara mikro. Adapun pada artikel ini akan memberikan ulasan tentang permasalahan ekonomi mikro di Indonesia dan solusinya.

Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro atau biasa disebut dengan mikro ekonomi merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang mana mengupas dan mempelajari mengenai perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga di pasar serta kuantitas, faktor input, serta barang dan jasa yang diperjualbelikan.

Ekonomi mikro ini meneliti tentang berbagai perilaku serta keputusan tersebut yang dapat mempengaruhi bagaimana permintaan dan penawaran pada barang dan jasa yang dapat menentukan jumlah harga serta bagaimana harga, pada selanjutnya, menentukan juga bagaimana penawaran serta permintaan barang dan jasa selanjutnya.

Individu yang melaksanakan kombinasi konsumsi atau produksi optimal, bersama dengan individu lain di pasar akan menciptakan suatu keseimbangan dalam skala besar atau makro, dengan asumsi, mengenai semua hal tetap sama (cateris paribus). Jadi mikro ekonomi dan makro ekonomi ini sangat berbeda dalam pembahasannya.

Pengertian Ekonomi Mikro

Mikro ekonomi adalah subjek ekonomi yang memiliki sifat ekonomis rasional. Hal ini dapat memberi akibat kepada para pelaku ekonomi agar harus membuat pertimbangan hal yang rasional sebelum adanya pengambilan dari keputusan yang dilakukan.

Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Adapun para ahli memberikan definisi mikro ekonomi sebagai berikut;

David Ricardo

Pengertian mikro ekonomi merupakan kondisi para pelaku ekonomi yang memiliki informasi mengenai seluk beluk atau berbagai informasi pasar. Sehingga, makro ekonomi inilah yang menjadi faktor penentu dari pasar ekonomi global.

Mankiw

menurut N. G. Mankiw, mikro ekonomi merupakan suatu ilmu yang membahas mengenai peran dari individu-individu yang berperan sebagai pelaku ekonomi, bagaimana rumah tangga serta perusahaan mengambil keputusan serta bagaimana mereka melakukan interaksi di pasar tertentu.

Aspek Analisis dalam Mikro Ekonomi

Jenis aspek analisis dalam ekonomi mikro ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Analisis manfaat serta biaya
  • Teori penawaran dan permintaan
  • Elastisitas
  • Model pasar
  • Industri
  • Teori harga
  • Teori produksi

Pemasalahan Ekonomi Mikro di Indonesia

Dalam mikro ekonomi juga terdapat beberapa masalah yang terjadi di suatu pengertian negara berkembang, seperti Indonesia. Berikut adalah penjelasannya;

Monopoli

Praktik monopoli dapat memberikan akibat yaitu penguasaan pasar oleh barang atau jasa tertentu yang diproduksi oleh satu perusahaan saja. Praktik monopoli memberikan kerugian pada masyarakat dan tentunya konsumen. Selain itu, monopoli dapat mempersempit peluang dari usaha yang dilakukan masyarakat lain, sehingga mengurangi tumbuhnya semangat berwirausaha atau berbisnis dalam masyarakat.

Perusahaan yang melaksanakan praktik monopoli ini sering saja mempermainkan serta menetapkan pada harga tanpa adanya pertimbangan dari kelompok masyarakat yang memiliki usaha sejenis. Tentu saja hal ini akan menghancurkan para pesaing.

Untuk menhindari adanya kegiatan praktik monopoli ini, dari pihak pemerintah menciptakan peraturan yang mengatur mengenai kegiatan usaha dengan tujuan untuk menumbuhkan iklim usaha yang baik di lingkungan masyarakat.

Distribusi

Proses alur distribusi barang dan jasa yang panjang akan dapat memberi akibat meningkatnya tingkat harga atau mahal ketika barang dan jasa tersebut sampai di tangan konsumen. Untuk itu, beberapa solusi atau upaya telah dilaksanakan pemerintah atau swasta untuk mempersingkat atau memperpendek jalur distribusi agar ketika sampai di tangan konsumen, harga tidaklah mahal.

Harga dasar dan harga tertinggi

Krisis ekonomi seringkali terjadi dan melanda di suatu negara, sehingga diyakini bahwa mekanisme pasar tidak dapat menyelesaikan masalah ekonomi tersebut. Hal ini berarti keseimbangan permintaan dan penawaran tidak mampu tercapai.

Pengaruh dari krisis tersebut yaitu meningkatnya harga dari berbagai jenis barang yang dibutuhkan oleh konsumen dan produsen. Salah satu campur tangan dari pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan ini adalah kebijakan pemerintah tentang harga dasar dan harga tertinggi.

Tujuan ditentukannya harga dasar ini adalah agar produsen terbantu, sedangkan untuk harga tertinggi juga untuk membantu konsumen. Contoh saja, saat masa panen, jumlah produksi beras melimpah dan membuat harga beras menjadi turun, hak ini dapat merugikan petani, oleh karena itu pemerintah memberikan ketentuan harga dasar (floor price) pada beras agar petani tidak lagi dirugikan. Baca juga; Permasalahan Ekonomi Makro di Indonesia dan Solusinya

Nah, itulah tadi ulasan yang lengkap mengenai materi pengertian ekonomi mikro menurut para ahli, jenis analisis, solusi, dan contoh permasalahannya di Indonesia. Semoga hadirnya artikel ini memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *