Permasalahan Ekonomi Makro di Indonesia dan Solusinya

Diposting pada

Permasalahan Ekonomi Makro di Indonesia

Ekonomi merupakan suatu ilmu sosial yang mepelajari bagaimana aktivitas manusia yang berkaitan dengan produksi, distribusi, serta konsumsi pada barang dan jasa. Istilah ekonomi berasal dari bahasa yunani, yaitu oikos dan nomos. Oikos memiliki arti adalah rumah tangga atau keluarga, sedangkan untuk nomos memiliki arti peraturan, aturan atau hukum. Sehingga secara garis besar, ekonomi dapat diartikan sebagai “peraturan rumah tangga” atau bisa juga “manajemen rumah tangga”. Lalu ahli ekonomi atau biasa disebut sebagai ekonom merupakan orang yang ahli di bidang ekonomi atau menggunakan konsep ekonomi dalam bekerja, terutama dalam memberikan solusi atas permasalahan ekonomi makro di dunia. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menjelaskan tentang jenis dan contoh permasalahan ekonomi makro di Indonesia.

Ekonomi Makro

Makro ekonomi merupakan suatu studi ekonomi yang dilakukan secara keseluruhan. Makro ekonomi memaparkan perubahan ekonomi yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat, perusahaan dan juga pasar. Ekonomi makro juga dapat digunakan untuk menganalisis bagaimana cara terbaik untuk memengaruhi target dari kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, stabilitas harga, serta pencapaian keseimbangan neraca yang saling berhubungan.

Pengertian Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah bidang pembelajaran yang sangat luas, terdapat dua area penelitian yang merupakan ciri khas disiplin ini yaitu kegiatan guna mempelajari sebab akibat dari adanya fluktuasi penerimaan negara pada jangka pendek (siklus bisnis), serta kegiatan untuk mempelajari faktor yang menetukan pertumbuhan ekonomi di jangka panjang (adanya peningkatan pada pendapatan nasional).

Pengertian Makro Ekonomi Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli tentang pengertian ekonomi makro ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Budiono

Pengertian ekonomi makro merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai pokok dari ekonomi, baik dari jangka panjang serta jangka pendek, antara lain stabilitas serta pertumbuhan ekonomi di suatu bentuk negara.

Sadono Sukirno

Definisi ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas mengenai kegiatan utama dari perekonomian dengan cara komprehensif dari berbagai masalah pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

Masalah Pada Makro Ekonomi di Indonesia

Adapun beragam bentuk permasalahan ekonomi makro di Indonesia secara umum serta solusi yang diberikan, antara lain adalah sebagai berikut;

Pengangguran

Pengangguran atau tunakarya merupakan istilah untuk seseorang yang tidak melakukan pekerjaan sama sekali. Dengan kata lain, pengangguran merupakan, seseorang yang dalam angkatan kerja, yang sedang mencari pekerjaan namun belum mendapatkan pekerjaan. Pengangguran umumnya dikarenakan jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja di suatu wilayah. Pengangguran seringkali menjadi masalah dan selalu ada di setiap pengertian negara berkembang.

Akibat dari adanya pengangguran maka tingkat produktivitas dan pendapatan pada masyarakat akan menurun sehingga bisa menyebabkan timbul kondisi kemiskinan serta maslaah sosial lainnya. Pengangguran memiliki beberapa jenis berdasarkan penyebabnya. Antara lain :

  • Pengangguran musiman : pengangguran yang disebabkan karena adanya perubahan musim. Pengangguran ini biasanya terjadi pada petani.
  • Pengangguran struktural : pengangguran struktural merupakan pengangguran yang disebabkan karena kualitas pencari kerja tidak sesuai dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.
  • Pengangguran teknologi : penggangguran yang disebabkan karena adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Inflasi

Permasalahn inflasi adalah masalah ekonomi yang disebabkan karena kenaikan tingkat harga secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Secara sederhananya, kenaikan harga ini naik dari bulan ke bula, atau dari tahun ke tahun. Karena adanya beban seperti ini, maka perekonomian tidak dapat mencapai tujuan stabilitasnya.

Inflasi dapat menyebabkan meningkatnya rata-rata harga produksi dan jasa. Ketika inflasi terjadi, harga dalam keadaan ini naik diatas rata-rata. Dan hanya beberapa saja yang naik dibawah rata-rata. Karena harga naik, maka tingkat produktivitas juga bisa meningkat bebannya, sehingga harga yang diproduksi juga meningkat. Ketika inflasi terjadi pada salah satu jenis, maka juga dapat mempengaruhi harga pada jenis lain.

Suku bunga

Suku bunga merupakan biaya yang dikenakan dari bank untuk memberi pinjaman. Perusahaan yang meminjam uang dari fungsi bank, dan ketika suku bunga meningkat, maka memberikan pengaruh pada bisnis nya secara langsung.

Dengan naiknya suku bunga, maka beban bunga juga semakin meningkat. Dengan naiknya suku bunga akan menyebabkan perusahaan akan menurun permintaannya dalam peminjaman uang sehingga produksi juga menurun, sehingga bisa menyulitkan konsumen dalam mencari barang atau jasa. Baca jugaPermasalahan Ekonomi Mikro di Indonesia dan Solusinya

Itulah tadi ulasan secara lengkapnya mengenai pengertian ekonomi makro menurut para ahli, jenis, solusi, dan contoh permasalahannya di Indonesia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca sekalian. Trimkasih,

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *