Pengertian Modernisasi dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Pengertian Modernisasi

Dalam ilmu sosial  istilah untuk merujuk pada suatu bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik yang salah satunya merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang disebut modernisasi. Selanjutnya, dalam artikel ini akan pengertian modernisasi dan contohnya dalam kehidupan.

Modernisasi

Modern, di mana kata modern berasal dari bahasa latin. ‘modernus’, dengan penggabungan kata ‘modo’ yang artinya cara dan ‘ernus’ menunjuk pada suatu periode waktu masa kini. Arti ini mengindikasikan bahwa sejatinya perubahan sikap pada diri seseorang manusia (humams) selalu berkembang ke arah yang menurutnya lebih baik daripada yang sebelumnya.

Pengertian Modernisasi

Pengertian modernisasi adalah suatu fenomena perubahan sosial di mana masyarakat yang sedang memperbarui dirinya berusaha mendapatkan karakteristik yang dimiliki masyarakat modern. Dengan kata lain, perubahan yang terarah karena didasarkan pada sebuah perencanaan.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Adapun pendapat ahli tentang arti modernisasi ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Soerjono Soekanto

Pengertian modernisasi bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat menjadi terorganisasir  dengan berasaskan pada mekanisasi  yang terencana (social planning). Sehingga semua kebutuhan dan perubahan dalam diri manusia akan lebih mudah dijalankan dari keadaan sebelumnya.

Widjojo Nitisastro

Definisi modernisasi adalah transformasi yang terjadi dalam kehidupan kelompok masyarakat dari arah tradisional menuju pada era modern (kemajuan), dengan berdampak pada setiap asas-asas kehidupan masyarakat, seperti pada teknologi, ekonomi, ataupun yang lainnya.

Dari definisi sekilas tentang modernisasi di atas, maka secara umum dapatlah dikatakan bahwa keadaan ini menjadi cerminan bahwa modernisasi ialah proses yang sangat tak terbatas atau luas yang batas-batasnya tidak bisa ditetapkan, mencakup transformasi dalam kehidupan tradisional ke arah modern.

Ciri Modernisasi

Beragam karakteristik masyarakat bisa disebut sebagai bagian daripada modernisasi, antara lain adalah sebagai berikut;

Cara Berfikir Yang Ilmiah

Berfikir melalu proses yang ilmiah dengan mempertimbangkan rasionalitas pada masyarakat bisa disebut sebagai bagian daripada modernisasi. Kondisi inilah menjadi salah satu penyebab manusia di era sekarang selalu mempertimbangkan fakta dan kenyataan di lapangan.

Sistem Adminsitrasi Negara/Bangsa

Kemajuan tentang modernisasi senantiasanya diperlukan dalam perkembangan bentuk-bentuk negara di dunia. Dari beragam ideologi setiap negara mementingkan data/administrasi sebagai langkah besar atau utama untuk menuju pada pencapaian atas tujuan-tujuan yang diperlukan. Selengkapnya, baca; Pengertian Ideologi, Macam, dan Contohnya

Tingkat Kedisiplinan Tinggi

Model utama yang menjadi identitas daripada modernisasi ialah tingkat kedisiplinan masyarakat tinggi, persoalan ini dilakukan untuk mencapai tujuannya secara lebih cepat, sehingga diakui ataupun tidak setiap hak dan kewajiban warga negara mengerti akan kondisi ini.

Menghargai Waktu

Ciri yang utama pada modernisasi pada saat ini ialah penghargaan akan waktu semakin memuncak pada era perembangannya. Waktu bagikan suatu hal yang berharga bisa hilnga tanpa diamnafaatkan, atas prakasa inilah setiap negara yang mengaku sebagai modernisasi akan menghargai atas ini semuanya.

Contoh Modernisasi

Sebagai penjelasan lebih lanjut tentang gambaran fenomena modernisasi. Berikut inilah beragam contoh-contoh nyata mengenai kasus di dalam kehidupan masyarakat. Antara lain;

Masyarakat

Contoh nyata yang menjadi cerminan tentang kasus modernisasi di masyarakat, ini misalnya saja tentang adanya fenomena urbanisasi setiap tahun yang selalu meningkat pasca hari raya lebaran. Hal ini menunjukkan kondisi psikis dari masyarakat untuk berubah ke arah yang lebih maju atau baik dari sebelumnya.

Budaya

Contoh lainnya tentang adanya modernisasi dalam bidang budaya ini misalnya saja, tergantikannya atau tergurusnya budaya gotong royong dalam masyarakat dengan budaya komersial, materialis, dan individualis.

Contoh lainnya ialah saat ini masyarakat, khususnya kaum muda lebih menyukai musik yang modern, dibandingkan musik tradisional. Misalnya saja, demi konser musik modern, orang-orang akan rela mengantri, sementara pementasan musik tradisional malah jarang diminati kaum muda.

Ekonomi

Kasus tentang modernisasi lainnya, dalam bidang ekonomi tidak bisa lepas dari sejarah, yakni sejak awal tahun 1970-an, Indonesia mengalami proses modernisasi di bidang pertanian, seperti penggantian pupuk kandang menjadi pupuk ure, juga pemakaian bibit jenis unggul, serta adanya penerapan teknik irigasi.

Contoh berikutnya, ditandai dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia akan barang dan jasa, sehingga hal ini membuat sektor industri dibangun secara masif untuk memrpoduksi barang dan jasa tersebut.

Sosial

Contoh lainnya tentang bentuk modernisasi masyarakat dalam bidang sosial misalnya saja, ditandai dengan semakin masifnya kelompok baru dalam masyarakat yang membuat kesenjangan sosial. Misalnya orang kaya dengan orang miskin, yang dalam hubungan keduanya akan menimbulkan efek, juga pergaulan sehari-hari.

Contoh selanjutnya, lahirnya sifat konsumerisme, yakni sebagian masyarakat membeli barang-barang yang diinginkan sebagai nilai simbol meskipun harganya yang mahal.

Politik

Contoh lainnya tentang bentuk modernisasi masyarakat dalam bidang politik misalnya saja, sudah banyak negara-negara yang bebas dari penjajahan, lahirnya negara-negara demokratis, adanya lembaga-lembaga politik, dan diakuinya hak-hak asasi manusia.

Selain itu, bermunculan beragam partai-partai baru, seperti partai solidaritas Indonesia, sehingga aspirasi-aspirasi di dalam masyarakat semakin banyak jalur untuk tersalurkan, juga partipasi masyarakat dalam politik semakin meningkat.

Pendidikan

Contoh lainnya tentang fenomena pendidikan yang menjadi bagian daripada modernisasi ini misalnya saja, kini untuk mencari suatu materi pelajaran tidak harus ke perpustakaan, tapi sudah bisa diakses lewat handphone juga komputer dengan sambungan internet yang semakin memudahkan para pelajar atau mahasiswa di seluruh dunia.

Selain itu, contoh lainnya ialah dengan mendatangkan dosen, guru, dan pelajar atau mahasiswa dari berbagai Negara ke Indonesia. Hal ini dilakukan supaya pendidikan di Indonesia sejajar dengan pendidikan di Negara-Negara maju.

Teknologi

Contoh lainnya tentang fenomena teknologi yang menjadi bagian daripada modernisasi ini misalnya saja, munculnya benda-benda seperti laptop, handphone atau smartphone yang bisa dibawa kemana saja tanpa merasa kerepotan yang digunakan sebagai pengganti komputer PC.

Selain itu, dengan adanya internet transaksi jual-beli bisa lebih praktis. Istilahnya transaksi online yang dilakukan dalam proses pembelian di toko-toko online tanpa harus datang di toko yang bersangkutan.

Komunikasi

Contoh nyata komunikasi dalam modernisasi ini misalnya saja seperti, dahulu jika ingin berkomunikasi dengan seseorang yang jaraknya jauh, kita menggunakan surat-menyurat yang membutuhkan rentan waktu yang lama. Tapi kini sudah ada handphone yang membuat kegiatan berpesan jadi lebih praktis dengan waktu yang sangat instan.

Transportasi

Modernisasi dalam bidang transportasi misalnya saja semakin bermunculan motor dan mobil dengan kemutakhirannya masing-masing untuk efisiensi waktu tempuh perjalanan. Contoh lainnya, munculnya transportasi online yang memudahkan apabila kita tidak memiliki transportasi.

Contoh berikutnya, transportasi umum atau alternatif, seperti kereta listrik, monorel, bus trans Sarbagita, trans Jogja, merupakan rupa modernisasi lainnya dalam bidang transportasi.

Kesehatan

Contoh modernisasi dalam bidang kesehatan, misalnya seperti, penemuan-penemuan atau perkembangan pada alat kesehatan, obat-obatan, atau teknik pengobatan untuk menangani, mencegah, atau mengobati penyakit-penyakit tertentu, khususnya penyakit yang tergolong mengerikan.

Dari serangkaian penjelasan tentang contoh kasus modernisasi di masyarakat tersebut, secara umum dapat dikatakan bahwa pemicu terjadinya modernisasi adalah karena sikap mental manusia modern yang mendorong atau sebagai pemantik dari proses modernisasi.

Contoh Perilaku Modernitas

Berikut inilah beberapa kasus nyata modernitas di dalam masyarakat, antara lain tindakan seperti;

  1. Tingkat pendidikan formal kian merata, di tandai dengan beragamnya jurusan serta biayanya yang meningkatkan akses masyarakat terhadapnya.
  2. Kesadaran politik yang kian tinggi
  3. Degradasi moral, seperti perilaku seks bebas
  4. Semakin masifnya pengangguran di daerah perkotaan
  5. Lahirnya diferensiasi struktural, yakni berkembangnya lembaga-lembaga sosial yang memungkinkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.
  6. Kesenjangan sosial
  7. Terjadi beragam kerusakan alam karena perubahan pola kehidupan masyarakat
  8. Pemanfaatan aplikasi online untuk bisa memanggil transportasi umum yang lebih nyaman dan aman
  9. Pembaruan atau inovasi teknologi dalam sistem pembelian dan pemesanan tiket pesawat, hotel juga melalui aplikasi khusus, seperti traveloka.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan contoh modernisasi dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui tulisan ini menambah wawasan yang mendalam bagi segenap pembaca, terutama bagi yang membutuhkan materinya. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *