Manfaat Mempelajari Propaganda dalam Keseharian

Diposting pada

Manfaat Mempelajari Propaganda

Sebagai salah satu bentuk ajaran dalam tujuan propaganda adalah menyebarkan berbagai informasi, opini, maupun sikap yang harus dilakukan oleh orang lain dari apa yang sudah diyanini benar, agar seseorang mau untuk ikut andil dalam arti ideologi yang sudah diyakini.

Atas dasar itulah berbagai contoh propaganda begitu banyak mulai dari politik maupun keagamaan. Akan tetapi yang perlu dipahami dalam melakukan propaganda haruslah memiliki sumber atau tujuan yang sifatnya terus terang maupun tersembunyi. Artinya memiliki propaganda dua bentuk yaitu propaganda terbuka atau propaganda tertutup.

Propaganda

Propaganda adalah bentuk komunikasi massa yang dilakukan oleh seorang individu maupun kelompok dengan tujuan untuk memperluas suatu ajaran, keyakinan atau doktrin kepada orang lain yang sudah ditentukannya. Sehingga dalam hal ini propaganda menjadi suatu komunikasi efektif yang dilakukan dengan sifat persuasif, agar bisa mengajak orang lain untuk ikut serta atau masuk dalam ajaran yang disampaikan.

Manfaat Propaganda

Manfaat mempeajari propaganda dapat dibedakan menjadi beberapa hal. Antara lain;

  1. Mempengaruhi orang lain agar mempercayai sesuatu yang baru tentang kebenaran yang belum diakui

Bentuk kebenaran yang belum diakui oleh masyarakat merupakan suatu hal yang asing dan belum dikenal sama sekali oleh publik.

Oleh karena itu dengan propaganda ini seseorang atau suatu kelompok dapat mengetahui ajaran atau keyakinan baru yang akan disampaikan melalui simbol, tulisan, maupun pesan yang lainnya. Sehingga hal-hal baru pun akan diketahui masyarakat luas dan mampu memberikan pengaruh baru untuk mempercayai ajaran tersebut.

  1. Memberikan teknik atau cara sistematis yang sungguh-sungguh agar dapat mempengaruhi pendapat maupun perilaku orang lain

Dalam menyebarkan ajaran propaganda, biasanya ada berbagai teknik sehingga dengan teknik-teknik tersebut akan menghasilkan penyampaian ajaran secara sistematis. Sedangkan pengaruhnya nanti yaitu dapat diterima masyarakat dengan lebih mudah dan membuat perilaku maupun opini seseorang berubah mau mengikuti ajaran yang disampaikan dalam propaganda.

  1. Menyebarkan informasi atau pesan-pesan yang mampu mengubah perilaku, sikap, dan pendapat seseorang

Propaganda bermanfaat untuk menyampaikan berbagai bentuk informasi maupun pesan-pesan kepada masyarakat secara luas. karena dalam propaganda akan diberikan suatu pengaruh kepada masyarakat lain agar mempercayai segala bentuk ajaran yang disampaikan.

Namun walaupun memiliki maksud untuk dapat mengubah perilaku, sikap dan pendapat orang lain agar sesuai dengan ajaran propaganda, bukan berarti seseorang harus dipaksakan untuk melakukan berbagai bentuk ajaran yang tidak diyakininya.

  1. Menumbuhkembangkan sikap yang jauh lebih baik dengan masing-masing kesadaran diri masyarakat

Ajaran yang disampaikan dalam propaganda merupakan bentuk ajaran atau pesan-pesan baru yang mungkin sebelumnya belum diketahui banyak orang. Sehingga dengan penyebaran informasi itu diharapkan masyarakat dapat mengetahui dan mampu mengubah pola pikirnya dengan ajaran baru tersebut.

Akan tetapi penerimaan suatu ajaran tersebut tidak akan dipaksakan kepada masyarakat, melainkan masyarakat harus bisa mengubah sikapnya menjadi jauh lebih baik atas dasar kesadaran diri masing-masing mengenai keyakinan dalam propaganda.

  1. Menyiarkan suatu perencanaan sistematis mengenai suatu bentuk kegiatan yang positif

Manfaat propaganda yang berikutnya yaitu mampu memberikan berbagai bentuk infomasi dengan teknik atau cara yang sistematis. Sehingga segala kegiatan yang dilakukan juga berdampak pada hal-hal positif yang sudah diterima dan diyakini oleh masyarakat secara umum.

  1. Terjadinya interaksi komunikasi antara pemberi pesan dan penerima pesan

Penyampaian informasi dalam kegiatan propaganda ini juga membuka hubungan interaksi sosial yang lebih baik. Alasannya karena ajaran propaganda ini menghubungkan komunikasi antara seseorang yang memberikan pesan ajaran propaganda kepada orang lain maupun penerima pesan. Sehingga kegiatan ini menyebabkan munculnya contoh proses sosial yang lebih baik.

  1. Menyebarluaskan ide dengan mengaitkan pada suatu hal yang ada disekeliling masyarakat

Propaganda mampu menyampaikan maupun menyebarluaskan ide-ide atau ajaran baru kepada masyarakat dengan cara yang beragam. Salah satunya yaitu dengan mengaitkan secara langsung pada hal-hal yang ada disekitar masyarakat, dengan maksud agar lebih diterima dan cepat diketahui masyarakat.

Semakin banyak penyebaran ide yang dihubungkan langsung dengan bentuk aktivitas manusia maka hal ini akan semakin cepat mempengaruhi seseorang untuk bisa yakin dengan ajaran propaganda tersebut.

Itulah tadi artikel yang bisa dituliskan tentang manfaat propaganda dalam kehidupan sehari-hari apabila mampu untuk dijalankan.

Gambar Gravatar
Anggita Ayuningtyas, Memiliki Hobi Menulis dan Lulusan S1 di Jurusan PPKN salah satu Kampus Negri di Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.