Contoh Modus Vivendi dalam Perjanjian Internasional

Diposting pada

Contoh Modus Vivendi

Makna istilah modus vivendi dan contohnya dalam perjanjian internasional menjadi sangat penting untuk diketahui. Hal ini lantaran pada bidang perekonomian akan senantisa muncul hubungan terkait dengan kerjasama internasional atau sering disebut dengan istilah perdagangan internasional.

Tentunya dalam perdagangan semacam ini memiliki nilai positif diantaranya menjalin hubungan persahabatan antar negara agar lebih erat, mudah dalam mendapatkan barang yang dibutuhkan dan lain sebagainya. Meski demikian, agar sesuai dengan keteraturan sosial diperlukan adanya penerapan dalam modus vivendi.

Modus Vivendi

Modus vivendi adalah sebuah persetujuan sementara dari dua belah pihak yang sedang mengalami suatu sengketa atau permasalahan untuk mencapai kesepakatan tertentu. Persetuuan modus vivendi ini akan dilakukan hingga muncul persetujuan baru yang sifatnya pasti dan permanen.

Setidaknya, perlu anda ketahui bahwa modus vivendi umumnya dapat dibuat melalui cara yang informal dan tidak memerlukan sebuah ratifikasi dalam tahapan perjanjian internasional.

Contoh Modus Vivendi

Adapun untuk beberapa contoh modus vivendi dalam perjanjian internasional yang pernah terjadi. Yaitu;

  1. Sengketa antara negara Amerika dan Kanada yang pada akhirnya memunculkan perjanjian Washington

Permasalahan atau sengketa antar dua negara ini yaitu berkaitan dengan pelanggaran perbatasan dalam mencari perikanan di Kanada. Garis perbatasan tersebut yaitu bernama Dixon Entrance. Perselisihan dua bentuk negara ini dimulai pada abda ke-18 dan berakhir tahun 1885.

  1. Perjanjian yang dilakukan dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia yang sedang memperebutkan Pulau Sipadan dan Ligitan

Perselisihan antar kedua negara ini bermula sekitar tahun 1960-an. Pada akhirnya negara Indonesia dan Malaysia melakukan perjanjian modus vivendi yang menyimpulkan diantara kedua negara tersebut belum ada pihak yang mengklaim wilayah tersebut.

Hingga pada akhirnya tahun 2002, Malaysia lah yang mendapat wilayah atau pulau tersebut atas ketetapan dari mahkamah internasional. Tepatnya pada saat itu dibawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.

  1. Modus vivendi yang dilakukan antara negara Irak dan Kuwait sekitar tahun 1961

Modus vivendi yang dilakukan antar dua negara ini yaitu bertujuan agar mencegah peperangan yang dilakukan antar negara Irak dengan Kuwait. Peranjian modus vivendi ini berisi bahwa negara Kuwait merupakan negara yang merdeka dan bukan termasuk dari wilayah Irak hingga isi perjanjian yang lebih lengkap lagi.

  1. Perjanjian vivendi yang dilakukan antara negara Indonesia dan Malaysia yang dilakukan pada tanggal 10 Mei 2004

Dimana perselisihan ini dimulai karena adanya pertentangan mengenai penempatan tenaga kerja Indonesia di Malaysia. Bahkan hal yang lebih menentang yaitu perlakuan TKI yang tidak manusiawi, eksploitasi, kekerasan fisik, gaji yang tidak dibayarkan dan lain sebagainya yang dilakukan oleh Malaysia.

  1. Modus Vivendi yang dibuat antara Filipina dan China pada tahun 2017 mengenai sengketa Laut Cina Selatan

Kedua negara tersebut memiliki kesepakatan untuk melarang adanya aksi unilateral yang terjadi di pulau – pulau perairan tersebut. Sehingga dengan adanya kesepakatan tersebut maka diharapkan bisa memberikan contoh pada negara-negara lain yang ada disekitar wilayah Laut Cina Selatan agar tidak terjadi konflik.

Karena pada dasarnya Laut China Selatan ini termasuk perairan yang mencakup banyak sekali negara di Asia Tenggara. Bahkan di Laut China Selatan ini ada banyak hasil perikinan yang begitu menggiurkan.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh modus vivendi yang ada di Indonesia dan berbagai belahan dunia.

Rate this post
Gambar Gravatar
Anggita Ayuningtyas, Memiliki Hobi Menulis dan Lulusan S1 di Jurusan PPKN salah satu Kampus Negri di Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *