Contoh Asas Kebangsaan dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Contoh Asas Kebangsaan

Asas territorial, asas kebangsaan, dan asas kepentingan umum merupakan asas-asas yang biasa digunakan dalam arti hubungan internasional. Bahkan hukum internasional maupun penerapan hukum nasional senantiasa mempertemukannya.

Oleh karena itulah bentuk analisis terkait dengan peristiwa menggunakan asas kebangsaan ini menjadi penting. Alasannya karena karakteristik yang ada dalam asas ini mencangkup keprotokolan, pajak, hukum, politik, dan lain sebaginya.

Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan adalah asas yang didasarkan atas kekuasaan negara terhadap warga negaranya di manapun mereka berada. Berdasarkan asas ini setiap warga negara yang berada di dalam negeri maupun luar negeri mendapat perlakuan hukum yang sama dari negaranya tersebut.

Jadi, negara memiliki yuridksi atas warga negara mereka atas perbuatan yang ditentukan dalam hukum nasional yang sudah menjadi ketentuan. Ketika terdapat orang yang memiliki arti kewarganegaraan ganda, maka yuridiksi jatuh ke negara tempat orang tersebut memiliki keterikatan asli yakni tempat di mana dia tinggal dan bekerja, atau di mana rumah dan keluarganya.

Contoh Asas Kebangsaan

Adapun beberapa contoh penerapan asas kebangsaan antara lain sebagai berikut:

  1. Kasus Joko Tjandra

Joko Sugiarto Tjandra merupakan napi Indonesia karena kasus pengalihan hak tagih bank. Dia merupakan buronan selama kurang lebih sebelas tahun.

Hingga pada bulan Juli 2020 ia ditangkap di Malaysia dengan dijemput oleh POLRI. Ia diduga menggunakan e-KTP dan paspor palsu untuk keluar masuk penjara. Jadi, dimanapun berada Ketika WNI melakukan kasus kejahatan di Indonesia juga akan mendapatkan hukuman sesuai dengan hukum Indonesia.

  1. Penyanderaan ABK (anak buah kapal)

Terjadi penyanderaan anak buah kapal yang berasal dari Indonesia oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Hal tersebut terjadi berulang kali. Sehingga banyak pihak yang menilai keberadaan sistem pemerintahan kurang bisa melindungi pekerja Indonesia.

Kemudian, banyak kegiatan dalam berbagai jenis solidaritas buruh melakukan aksi damai. Aksi tersebut berusaha mendesak pemerintah agar memulangan anak buah kapal yang disandera.

  1. Penganiayaan TKI (tenaga kerja Indonesia)

Pada bulan Juli 2020, salah satu TKI yang berada di Arab Saudi mengalami penganiayaan oleh majikannya. Mulai dari mata yang disiram chlorin, tangannya yang diseterika dan penganiayaan lain.

Kemudian sang anak melaporkannya konsulat jenderal Indonesia dan kantor urusan migran yang ada di Jeddah untuk mendapatkan perlindungan dan meminta dipulangkan setelah haknya dipenuhi, Menindaklajuti hal tersebut, KJRI mengunjunginya dan melaporkan kasus tersebut ke polisi.

  1. Pemilu di luar Negeri

Sesuai dengan kebijakan pemerintah Indonesia, kegiatan dalam arti pemilu diperuntukkan bagi WNI yang berada di usia 17 tahun dan diatasnya.

WNI di luar negeri juga termasuk ranah tanggung jawab pemerintah. Sehingga setiap WNI juga memiliki hak untuk memilih dalam arti pemilu. Maka dari itu, di luar negeri juga dilaksanakan pemilihan umum bagi WNI layakya di Indonesia.

  1. Pemain Sepak Bola

Sebuah klub bola mempunyai pemain yang berasal dari dalam dan luar negeri. Tidak jarang pemain sepak dari luar negeri kembali membela tim nasional negara asalnya melawan teman-temannya di klub. Hal ini merupakan contoh asas kebangsaan di mana setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta untuk membela warganya sendiri.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai contoh peristiwa asas kebangsaan yang ada di berbagai negara, termasuk Indonesia. Semoga memberikan referensi untuk kalian yang membtuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *