Pengertian Sanksi, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Sanksi Adalah

Sanksi adalah istilah yang luas dengan makna yang berbeda dalam konteks yang berbeda. Sanksi dapat berupa batasan, tergantung pada konteksnya, karena kata tersebut adalah antonim dari otomatis. Dalam konteks pemerintahan dan hukum, sanksi (hukum) dapat berupa hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan. Ada pula sanksi ekonomi yang biasanya berupa larangan perdagangan, mungkin terbatas pada sektor-sektor tertentu (seperti persenjataan), atau dengan pengecualian tertentu (seperti makanan dan obat-obatan).

Dalam asas hubungan internasional, komunitas internasional dapat menggunakan sanksi untuk mengubah perilaku suatu negara atau rezim, dalam kasus di mana negara atau rezim itu melanggar hak asasi manusia, mengobarkan perang atau membahayakan perdamaian dan keamanan internasional. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang sanksi, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, jenis, dan contoh sanksi.

Sanksi

Sanksi adalah hukuman yang dikenakan pada negara lain, atau warga negara dari negara lain. Ini adalah instrumen kebijakan luar negeri dan tekanan ekonomi yang dapat digambarkan sebagai semacam carrot-and-stick approach untuk berurusan dengan perdagangan dan politik internasional.

Sanksi dapat diartikan sebagai akibat dari sesuatu perbuatan atau suatu reaksi dari pihak lain (manusia atau organisasi sosial) atas sesuatu perbuatan. Bila berkaitan dengan perbuatan yang penting bagi hukum ada reaksi dari pihak pemerintah yang memiliki tugas untuk mempertahankan tata tertib masyarakat.

Sanksi sosial digunakan oleh masyarakat untuk memotivasi orang untuk bertindak dengan cara yang dianggap benar. Sanksi tidak harus diaktifkan untuk menjadi efektif; seringkali, antisipasi imbalan atau hukuman cukup untuk memastikan kepatuhan.

Pengertian Sanksi

Sanksi adalah alat pemaksa agar seseorang menaati beragam macam norma-norma yang berlaku. Kata “sanksi” berasal dari bahasa Belanda yaitu Sanctie yang memiliki arti ancaman hukuman, yaitu suatu alat pemaksa agar ditaatinya suatu kaidah, undang-undang misalnya sanksi terhadap pelanggaran suatu undang-undang (J.C.T Simongkir, Rudy T. Erwin dan Aj.T.Prasetyo, 2000 : 152 ).

Sanksi, dalam ilmu sosial dapat didefinisikan sebagai reaksi oleh anggota kelompok sosial yang menunjukkan persetujuan atau ketidaksetujuan dari cara perilaku dan berfungsi untuk menegakkan standar perilaku kelompok.

Hukuman (sanksi negatif) dan hadiah (sanksi positif) mengatur perilaku yang sesuai dengan norma sosial (lihat norma). Sanksi dapat beragam-yaitu, ekspresi spontan oleh anggota kelompok yang bertindak sebagai individu atau mereka dapat diorganisasikan-yaitu, tindakan yang mengikuti prosedur tradisional dan yang diakui.

Oleh karena itu, sanksi tidak hanya mencakup hukuman hukum yang terorganisir tetapi juga penghargaan formal (misalnya penghargaan dan gelar) dan cemoohan atau penghargaan informal oleh anggota komunitas.

Apabila di dalam konteks hukum, sanksi memiliki arti hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan, dalam konteks sosiologi, sanksi dapat diartikan sebagai mekanisme kontrol sosial. Berbeda dengan bentuk kontrol internal, seperti norma dan nilai-nilai budaya, sosiolog menganggap sanksi sebagai bentuk kontrol eksternal

Pengertian Sanksi Menurut Para Ahli

Adapun definisi sanksi menurut para ahli, antara lain:

R.Subekti dan Tjitrosoedibyo (2005 : 98)

Sanksi ialah alat pemaksa, dimana sanksi memaksa menegakkan hukum atau memaksa mengindahkan norma-norma hukum. Sanksi sebagai alat penegak hukum dapat juga terdiri atas kebatalan perbuatan yang merupakan pelanggaran hukum. Baik batal demi hukum maupun batal setelah ini dinyatakan oleh hakim.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997 : 878)

Sanksi ialah tindakan-tindakan (hukuman) untuk memaksa seseorang menaati aturan atau menaati ketentuan undang-undang.

Duhaime’s Law Dictionary

Sanksi bisa berarti meratifikasi atau menyetujui tetapi bisa juga berarti menghukum. Sanksi kejahatan mengacu pada hukuman aktual, biasanya dinyatakan sebagai denda atau hukuman penjara.

The Free Dictionary

Istilah sanksi juga dapat menggambarkan ketidaksepakatan dan kecaman. Dalam Hukum Pidana, sanksi adalah hukuman untuk tindak pidana. Sanksi pidana untuk terdakwa kriminal bervariasi sesuai dengan kejahatan dan termasuk tindakan seperti kematian, penahanan, masa percobaan, pengabdian kepada masyarakat, dan denda moneter.

Dalam Hukum Perdata, sanksi adalah bagian dari hukum yang menetapkan hukuman karena melanggar ketentuan hukum. Sanksi sipil yang paling umum adalah denda moneter, tetapi ada jenis sanksi lain. Tergantung pada kasusnya, sanksi dapat berupa penangguhan atau pencabutan izin usaha, profesional, atau hobi, atau perintah pengadilan yang memerintahkan seseorang untuk melakukan atau menahan diri dari melakukan sesuatu.

 Thought

Sanksi, sebagaimana didefinisikan dalam sosiologi, adalah cara menegakkan kepatuhan dengan norma sosial. Sanksi positif digunakan untuk menghargai konformitas dan sanksi negatif digunakan untuk menghukum atau mencegah ketidaksesuaian.

Seseorang yang memilih untuk berperilaku tidak pantas dengan bertindak tidak pada gilirannya, mengatakan atau melakukan hal-hal aneh atau tidak baik, atau mengekspresikan kekasaran atau ketidaksabaran, diberi sanksi dengan ketidaksetujuan, pengusiran, atau konsekuensi yang lebih parah, tergantung pada situasinya.

Jenis Sanksi

Sanksi adalah cara pemaksaan yang bisa berupa politik, ekonomi, atau militer, mulai dari embargo senjata hingga impor kuota atau gangguan hubungan diplomatik. Berikut ini penjelasan dari masing-masing bentuk sanksi tersebut, yaitu:

Sanksi diplomatik

Sanksi diplomatik adalah tindakan politik yang diambil untuk menyatakan ketidaksetujuan atau ketidaksenangan pada tindakan tertentu melalui cara-cara diplomatik dan politik, daripada mempengaruhi hubungan ekonomi atau militer.

Tindakan termasuk pembatasan atau pembatalan kunjungan tingkat tinggi pemerintah atau mengusir atau menarik misi atau staf diplomatic dari suatu negara.

Sanksi ekonomi

Sanksi ekonomi dapat bervariasi misalnya dengan mengenakan bea impor pada barang, atau memblokir ekspor barang tertentu dari negara target, blokade laut dari pelabuhan target dalam upaya untuk memverifikasi, dan mengekang atau memblokir barang impor tertentu.

Contoh sanksi ekonomi yang terkenal meliputi: Sistem Kontinental Napoleon tahun 1806–1814, diarahkan melawan perdagangan Inggris; Sanksi PBB terhadap Afrika Selatan; Sanksi PBB terhadap Zimbabwe; Sanksi PBB terhadap Irak (1990-2003); Embargo Amerika Serikat terhadap Kuba; Sejak 1993 banyak negara memberlakukan sanksi perdagangan terhadap Burma (Myanmar).

Sanksi militer

Sanksi militer dapat berkisar dari serangan militer yang ditargetkan secara hati-hati hingga menurunkan kemampuan konvensional atau non-konvensional suatu negara, hingga bentuk embargo senjata yang kurang agresif untuk memotong pasokan senjata atau barang-barang keperluan ganda.

Sanksi olahraga

Sanksi olahraga digunakan sebagai cara perang psikologis, yang dimaksudkan untuk menghancurkan moral populasi umum negara target. Satu-satunya contoh dimana sanksi olahraga digunakan adalah sanksi internasional terhadap Republik Federal Yugoslavia, 1992-1995, diberlakukan oleh Dewan Keamanan PBB dengan resolusi 757.

Perjanjian internasional Gleneagles yang disetujui oleh Persemakmuran Bangsa-Bangsa pada tahun 1977, negara-negara anggota berkomitmen untuk mencegah kontak dan persaingan antara olahragawan dan organisasi olahraga, tim, atau individu mereka dari Afrika Selatan.

Namun, itu tidak mengikat dan tidak dapat menghentikan acara-acara seperti tur Lions Inggris 1980 ke Afrika Selatan atau tur rugby Afrika Selatan 1981 Selandia Baru.

Sanksi terhadap individu

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dapat menerapkan sanksi terhadap para pemimpin politik atau individu ekonomi. Orang-orang ini biasanya menemukan cara untuk menghindari sanksi karena mereka memiliki koneksi politik di dalam negara mereka.

Sanksi terhadap Lingkungan

Sanksi terhadap lingkungan mencakup masalah ekonomi dan politik seperti perdagangan karena semuanya saling tergantung. Hambatan perdagangan dan pembatasan perdagangan adalah faktor utama karena mereka terlibat dengan masalah spesies yang terancam punah, bahan kimia perusak ozon dan hukum lingkungan.

Meskipun sanksi dan undang-undang tentang lingkungan relatif baru, kekhawatiran baru-baru ini atas masalah lingkungan mendorong individu dan pemerintah untuk secara aktif bekerja sama dalam menangani masalah.

Dalam hubungan internasional, sanksi adalah alat yang digunakan negara dan lembaga nonpemerintah untuk mempengaruhi atau menghukum negara lain atau aktor non-negara. Macam-macam sanksi di atas dapat dikenakan oleh satu negara terhadap yang lain (sanksi sepihak) atau oleh sekelompok negara dalam kerangka organisasi internasional seperti dalam struktur PBB (sanksi kolektif).

Sanksi Sepihak

Negara dapat mencoba menyelesaikan perbedaan mereka dengan menggunakan sanksi diplomatik atau ekonomi. Namun, mereka juga dapat mengajukan sengketa mereka ke Mahkamah Internasional (ICJ) untuk arbitrasi atau kepada badan-badan regional.

Meskipun putusan tersebut merupakan putusan hukum dan mengikat Negara yang bersangkutan, mereka tidak mengumumkan sanksi pidana. Satu-satunya mekanisme penegakan dalam kasus kegagalan negara untuk mematuhi keputusan ICJ tergantung pada keputusan koersif pemungutan suara Dewan Keamanan PBB untuk menegakkan putusan tersebut (Pasal 94.2 Piagam PBB).

Sanksi Kolektif

Piagam yang menjadi sejarah PBB menetapkan sistem keamanan kolektif yang mengatur penyelesaian sengketa pasif di antara negara-negara. Jika mekanisme ini gagal, Piagam PBB Bab VII (Pasal 39-51) meramalkan kemungkinan menjatuhkan sanksi kolektif pada masing-masing negara atau aktor non-negara, dalam kasus “ancaman terhadap perdamaian, pelanggaran perdamaian, dan tindakan agresi”.

Tujuannya adalah untuk menekan negara atau entitas non-negara yang bersangkutan untuk mengubah perilakunya. Dalam kasus-kasus seperti itu, Dewan Keamanan dapat mengambil langkah-langkah paksaan tertentu, yang harus dihormati oleh semua negara anggota PBB.

Contoh Sanksi

Mengacu pada jenis-jenis sanksi yang telah disebutkan di atas, jika kita ambil salah satu contoh misalnya;

  1. Sanksi ekonomi
  2. Sanksi ekonomi

Kesemua contoh tersebut dapat berupa sanksi yang positif dan negatif, sanksi negatif adalah hukuman aktual atau ancaman, sedangkan sanksi positif adalah hadiah aktual atau yang dijanjikan.

Contoh sanksi negatif meliputi: menolak untuk mengekspor (embargo), menolak untuk mengimpor (boikot), penolakan terselubung untuk diperdagangkan (daftar hitam), pembelian yang dimaksudkan untuk menjaga barang-barang keluar dari tangan negara-negara target (pembelian khusus), perampasan kepemilikan (Pengambilalihan), pajak hukuman, penangguhan bantuan, dan pembekuan aset.

Contoh sanksi positif termasuk tarif preferensial, subsidi, bantuan asing, jaminan investasi, dan perpajakan preferensial investasi asing.

Itulah tadi materi yang dapat diberikan terkait dengan pengertian sanksi menurut para ahli, jenis, dan contohnya yang ada di dalam masyarakat. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan kepada segenap pembaca yang sedang mencarinya. Trimakasih,

Saya adalah lulusan Universitas Lampung Tahun 2022 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bercita-cita ingin menjadi dosen