Pengertian Viral, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Viral Adalah

Teknologi informasi yang berkembang dengan pesat mempengaruhi perkembangan bahasa yang ada di dalam bentuk negara dunia, termasuk Indonesia. Dengan adanya teknologi-teknologi yang ada muncul banyak sekali fenomena-fenomena yang cukup asyik untuk diperbincangkan. Contoh fenomena yang sedang hitz diperbincangkan banyak orang adalah fenomena “viral”. Banyak dari sebagian orang yang ada seluruh dunia dan di Indonesia khususnya berlomba-lomba agar menjadi “viral” di media sosial dengan tujuan untuk menjadi terkenal. Lalu, Apa sih sebenarnya viral itu? dan kenapa bisa terjadi viral?. Oleh karena itulah tulisan ini akan membagikan tentang pengertian, ciri, dan contoh viral.

Viral

Viral merupakan singkatan Virus Virtual. Istilah ini sangatlah populer keberadaannya dalam dunia maya, khususnya di media sosial seperti instagram, twitter, facebook, line, dan lain-lainnya.

Mengapa sesuatu yang viral  kebanyakan di media sosial?. Alasannya karena media sosial merupakan suatu sarana yang digunakan oleh sebagian atau seluruh pengguna internet untuk melakukan suatu interaksi melalui dunia maya yang dapat diakses dengan sangat cepat dan praktis. Sehingga, media sosial menjadi salah satu sarana yang tepat sebagai tempat untuk menyebarkan informasi ataupun berita yang sedang viral tersebut.

Pengertian Viral

Pengertian viral adalah sesuatu yang menyebar dengan cepat di internet dan sesuatu tersebut bisa berupa informasi, berita, gambar, ataupun video yang isinya merupakan hal unik, langka, dan antimainstream. Bahkan tak jarang kabar tersebut menjadi bagian daripada hoaks. Baca juga; Pengertian Hoax, Ciri, dan Contohnya

Kata “Viral” sebenarnya sudah muncul dan digunakan sejak tahun 1944 silam. Kata tersebut berasal dari bahasa asing (bahasa inggris) yang artinya “ segala sesuatu yang berhubungan dengan virus”. Sedangkan virus merupakan istilah yang berasal dari bidang kedokteran untuk menyebutkan mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata yang dapat menyebarkan penyakit tertentu kepada makluk hidup khususnya manusia dan hewan. Namun, akhir-akhir ini kata virus itu digunakan untuk menyebutkan sebuah software illegal yang masuk kedalam sebuah sistem komputer yang dapat merusak program yang ada di dalamnya.

Pada bidang kedokteran maupun bidang komputer terdapat kesamaan dasar arti dari kata “virus”. Kedua bidang tersebut sama-sama memiliki arti “menyebarkan” sehingga dapat disimpukkan bahwa kata viral memiliki dua pengertian umum yaitu:

  • Definisi viral adalah kata yang berhubungan dengan bidang kedokteran yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus.
  • Arti viral adalah kata yang berhubungan dengan internet yaitu untuk menggambarkan atau menjelaskan sesuatu yang sangat cepat menjadi populer di kalangan pengguna internet khususnya media sosial dengan cara mempublikasikan atau menyebarkan sebuah cuplikan informasi, foto, ataupun video yang dibuat oleh seseorang.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kata “viral” berasal dari bahasa inggris sehingga kata tersebut tidak ada dalam kosa kata bahasa Indonesia. Maka dari itu, kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari arti kata “viral” di dalam KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia) karena memang belum tercantum secara resmi didalamnya.

Namun, di dalam masyarakat sekarang ini informasi-informasi yang viral di internet khususnya media sosial banyak mengandung hal yang negative dan kurang bermanfaat walaupun tetap ada juga informasi yang bersifat positif.

Ciri Viral dan Contohnya

Adapun karakteristik yang melakat pada istilah viral dan contohnya, antara lain sebagai berikut;

Unik dan tidak biasa

Biasanya fenomena-fenomena yang menjadi viral adalah sebuah berita, video kejadian, atapun gambar gambar yang unik dan tidak biasa ada ditengah masyarakat sehingga hal tersebut bisa menjadi viral, lantaran di bagikan secara terus menerus oleh seseorang.

Contohnya saja,  “Kisah Wanita yang tak ingin hidup melarat, memaki pacar nya yang tukang ojek” Atau ”Video  Seorang “Satpam wanita cantik” mengcover lagu dengan bermain gitar”

Dua judul diatas merupakan dua contoh kejadian dari banyak kejadian yang sempat viral di media sosial. Keduanya memiliki suatu keunikan tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk melihat dan menyebarluaskan kembali informasi-informasi yang viral tersebut.

Keunikan suatu informasi bisa dilihat dari judul yang digunakannya apakah judul tersebut unik atau mainstream, sehingga ketika pengguna media sosial hanya melihat judulnya saja sudah tertarik maka informasi tersebut akan mudah tersebar dan menjadi viral dengan memberikan dorongan pada peranan pres.

Ada yang sifatnya positif dan negatif

Di masyarakat sekarang ini informasi-informasi yang viral di internet khususnya media sosial banyak mengandung hal yang negatif dan kurang bermanfaat,  walaupun begitu masih ada juga informasi yang bersifat positif dan seharusnya perlu di tiru.

Di Indonesia sendiri banyak sekali orang-orang yang berlomba-lomba untuk menjadi viral hanya dengan bermodalkan kepercayaan diri yang terkadang malah cenderung “terlalu percaya diri” sehingga hal tersebut dianggap hal negatif dan kurang bermanfaat.

Contohnya saja tersebarnya video dari sebuah aplikasi yang sedang viral di instagram dan isinya mengarah ke pornografi yang dapat merusak mental anak bangsa padahal sebenarnya aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengasah kreatifitas seseorang jika dimanfaatkan dengan baik dan benar.

Walaupun banyak mengarah ke hal negatif, akan tetapi ada juga informasi-informasi bersifat positif dan bermanfaat yang viral di masyarakat. Contohnya saja “seorang kakek penjual sapu lidi yang sedang berjualan akan tetapi belum laku satupun barang yang dijualnya.

Kemudian seseorang yang melihat kakek tersebut terketuk hatinya untuk membantu dengan mempublikasikan gambar atau video kondisi kakek penjual sapu lidi tersebut ke media sosial instagram, dalam waktu beberapa jam saja video atau gambar tersebut langsung tersebar diberbagai akun instagram dan menjadi viral. Banyak orang yang akhirnya membeli sapu lidi milik kakek tersebut setelah adanya berita yang viral tersebut.

Ada juga kisah seorang bapak, sebut saja Jono yang ingin sekali ke mekah untuk pergi haji namun karena keterbatasan biaya beliau nekat untuk pergi kesana menggayuh sepedanya sendirian. Peristiwa tersebut akan langsung viral dengan adanya point  “pergi haji dengan mengayuh sepeda” karena itu merupakan suatu kejadian yang langka, bagaimana mungkin bisa? Itu pertanyaan netizen yang mungkin tidak percaya melihat berita tersebut. Akan tetapi ketika berita tersebut membuktikan bahwa Pak Jono berhasil mencapai apa yang menjadi keinginannya, beliau bisa sampai di mekah dengan selamat dan dapat menunaikan ibadah haji.

Hal ini dapat memotivasi semua orang, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika dibarengi dengan usaha yang keras dan keyakinan diri.  Sehingga banyak orang-orang yang akhirnya menyebarkan informasi tersebut sehingga menjadi viral juga. Berdasarkan hal tersebut bisa kita simpulkan bahwa berita atau informasi yang viral dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sedang Hitz

Sesuatu hal yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan pastinya akan lebih banyak menarik minat orang untuk dibahas, begitu juga informasi atau berita “viral”. Informasi atau berita “viral” biasanya berisi hal-hal yang sedang Booming atau bahasa kekiniannya adalah sedang Hitz diperbincangkan.

Adanya berita hitz yang menjadi viral tersebut akan membuat banyak orang tertarik dan mungkin orang-orang yang melihat pun bisa ikut meniru untuk melakukan hal yang sama dengan berita yang sedang viral tersebut.

Dalam masyarakat sendiri  banyak video-video atau gambar-gambar yang sedang Hitz dan menjadi viral di media sosial. Contohnya adalah video yang didalamnya berisi mungkin tentang orang yang melakukan dance sambil mengendarai mobil yang akhirnya banyak ditiru oleh sebagian orang.

Walaupun sebenarnya manfaat yang didapat ketika meniru melakukan kegiatan yang ada di video tersebut kurang atau bahkan dapat membahayakan si pelaku video tetapi karena merupakan sesuatu yang sedang viral maka tetap saja banyak orang yang ikut membuat video yang serupa.

Ada juga gambar atau foto yang sedang hitz di media sosial yaitu foto dengan gaya-gaya yang mungkin cukup aneh dilihat tetapi hal tersebut merupakan suatu trend yang ada, sehingga banyak orang yang ikut meramaikan media sosial dengan foto-foto mereka hasil dari meniru sesuatu yang sedang viral tersebut.

Demikianlah serangkain penjelasan mengenai materi pengertian viral, ciri, dan contohnya di masyarakat. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *