7 Manfaat Solidaritas dan Bentuknya di Masyarakat

Diposting pada

7 Manfaat Solidaritas dan Bentuknya di Masyarakat

Pada hakekatnya solidaritas adalah serangkaian sifat (perasaan) solider, sifat satu rasa (senasib), perasaan setia kawan yang dilakukan seseorang pada suatu kelompok/individu lainnya. Sedangkan sosial adalah berkenaan dengan masyarakat, perlu adanya komunikasi dalam usaha menunjang pembangunan, suka memperhatikan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. Sifat solidaritas adalah bentuk rasa persatuan yang menjadi pengamalan nilai pancasila ke tiga tentang persatuan untuk menyatukan semuanya dari latas belakang yang berbeda.

Kondisi diatas menjadi faktor yang amat urgen mengingat sampai dengan sekarang ini persoalan yang muncul kerapkali banyak masyarakat yang mengutamakan penetingan dirinya sendiri dengan tidak memperdulakan kepeluan yang lainnya. Sehingga solidaritas bisa tidak memiliki manfaat yang berarti.Kesetiakawanan dapat mempupuk rasa persatuan kepada seluruh orang.

Solidaritas

Solidaritas adalah kesatuan atau rangkaian hubungan persahabatan yang dilakukan oleh semua insan, dengan landasan untuk saling percaya yang muncul dari tanggung jawab dan kepentingan bersama diantara para anggota-anggota yang ada di dalamnya. solidaritas adalah tentang kesetiakawanan.

Pengertian Solidaritas

Solidaritas adalah kohesi yang ada antara anggota suatu asosiasi masyarakat, kelompok, kelas sosial, kasta dan antara berbagai individu dan kelompok maupun kelas-kelas membentuk masyarakat dengan bagian-bagiannya sebagai satu kesatuan yang samat kuat serta juga solidaritas adalah tentang kesetiakawanan. Hal ini sebagimana yang dijelaskan oleh Soerjono Soekanto sebagai salah satu pakat ilmu sosial di Indonesia. solidaritas adalah sikap yang harus dikembangkan oleh siapa saja karena manfaatnya sangat banyak sekali.

Manfaat Solidaritas

Adapun fungsi yang di dapatkan dari macam solidaritas di masyarakat secara umum adalah sebagai berikut;

  1. Terjaganya Rasa Persaudaraan/Pertemanan

Beragam bentuk persoalan serta pertamanan yang ada di dalam kehidupan akan bisa terjaga dengan baik jika memiliki solidaritas yang tinggi. Hal inilah menjadi stimulus bagi setiap organisasi masyarakat di dorong untuk memiliki solidaritas yang tinggi. Pertemanan sangat dianjurkan agam islam karena akan menjadi salah satu alat tameng untuk semuanya.

  1. Munculnya Rasa Kepedulian

Rasa kepedulian yang ada di dalam kehidupan masyarakat akan terjadi jika memiliki solidaritas. Kepedulian ini misalnya saja terhadap sesama teman, keluarga atau orang lainnya. Sehingga bisa memperkuat kesatuan dan persatuan di dalam kehidupan. kepedulian yang berlebihan pada diri sendiri akan membawa dampak pada sikap percaya diri sendiri dan juga pada sikap yang lainnya.

Contoh yang nyatanya saja misalnya ketika di Indonesia sebagai salah satu arti negara berkembang yang kerapkali mendapatkan masalah-masalah bencana alam selalu mendapatkan perhatian baik dari masyarakat Indonesia sendiri ataupun masyarakat dari negara lain. Kondisi ini muncul lantaran Indonesia dikenal sebagai negara dengan tingkat kepedulian yang tinggi.

  1. Lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Manfaat lainnya yang ada di dalam solidaritas di masyarakat jika terjadi secara intens akan menimbulkan sikap kepekaan yang tinggi. Kondisi inilah menjadi salah satu penguat hukum serta penguat terjadinya rasa kepedulian dengan sesama masyarakat.

  1. Terjalinnya Kekompakan

Kompak merupakan salah satu prilaku yang didorong untuk dapat mencipatakan tujuan dengan mudah. Kompak ini menjadi kehendak bersama dengan didasari pada tujuan yang sama. Sehingga diyakini oleh semua pihak bahwa dengan kompaklah seseorang dapat dengan mudah mendapatkan apa yang diinginkan.

  1. Menjaga Tali Persaudaraan

Manfaat lainnya dala tercapainya solidaritas di dalam kehidupan masyarakat adalah tercipatakan tali perosaudaraan. Hubungan persaudaraan ini menjadi salah satu kehendak masyarakat yang didambakan. Lantaran dapat memperkuat persatuan dan kesatuan dalam menjaga identitas nasional.

Bentuk Solidaritas

Manifestasi solidaritas sosial yang ada di dalam masyarakat sangat beragam berdasarkan pada kerja kolektif dan hubungan antara individu atau kelompok yang terjalin. Sementara itu, bentuk-bentuk solidaritas solidaritas di masyarakat adalah sebagai berikut (Soyomukti, 2016);

  1. Gotong Royong

Wujud solidaritas yang sering kita temui di dalam masyarakat adalah gotong royong. Gotong royong adalah rasa dan pertalian kesosialan yang sangat teguh dan terpelihara. Kegiatan gotong royong lebih banyak dilakukan di desa daripada di kota. gotong royong adalah sifat kerja yang dikerjakan bersama-sama.

Kolektifitas sosial terlihat dalam ikatan gotong royong yang menjadi adat masyarakat desa. Gotong royong menjadi bentuk solidaritas yang sangat umum dan eksistensinya di masyarakat juga masih sangat terlihat hingga sekarang, bahkan negara Indonesia dikenal sebagai bangsa yang mempunyai jiwa gotong-royong yang tinggi. Kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh masayarakat ini merupakan pengamalan nilai sikap pancasila yang ke 5.

  1. Kerjasama

Kerjasama adalah bentuk penggabungan antara individu dengan individu yang lain, atau kelompok dengan kelompok yang lain sehingga bisa mewujudkan suatu hasil yang dapat dinikmati bersama. Kerjasama diharapkan memberikan suatu manfaat bagi anggota kelompok yang mengikutinya dan tujuan utama dari bekerjasama bisa dirasakan oleh anggota kelompok yang mengikutinya. Kerjasama adalah kegiatan yang dilakukan secara berkelompok untuk mencapai tujuan yang sama.

Nah, itulah tadi beragam materi yang dapat dituliskan terkait dengan manfaat solidaritas dan bentuknya di dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.