Manfaat Disiplin Secara Umum dan Prilakunya

Diposting pada

Kegunaan Disiplin

Prilaku disiplin merupakan sikap yang penting dalam hidup. Orang yang disiplin akan senantiasa mudah untuk mendapat kepercayaan dari orang lain, baik dalam dunia kerja, lingkungan sekolah, keluarga, ataupun di dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai penjelasan lebih lanjut, artikel ini akan menuliskan tentang manfaat disiplin dan contohnya. 

Disiplin

Definisi disiplin adalah serangkaian tindakan atau tidak bertindak yang dilakukan oleh seseorang dalam kelompok masyarakat agar diatur secara jelas, sehingga sesuai (atau untuk mencapai kesepakatan) dengan sistem tata kelola tertentu agar tidak menyimpang dari tujuan awal.

Pengertian Disiplin

Disiplin adalah kegiatan dalam manajemen untuk memperteguh pedoman-pedoman organisasional yang sehingga dapat menjadi pendorong/stimulus dalam mencapai suksesi untuk dirinya sendiri ataupun berguna untuk orang lain. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh ahli, yakni Mangkunegara,

Manfaat Disiplin

Berikut adalah serangkaian manfaat disiplin yang bisa diterpakan oleh seseorang di dalam sekolah/masyarakat. Antara lain sebagai berikut;

Tumbuhnya Kepekaan

Dengan disiplin akan menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini bisa memudahkan dirinya mengungkapkan perasaanya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Sehingga kita akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.

Tumbuhnya Kepedulian

Dengan disiplin yang dilakukan oleh seseorang dapat membuat pribadi menjadi mempunyai sikap integritas yang tinggi, selain dalam hal ini bisa memikul tanggung jawab, dapat memecahkan masalah dengan baik, cepat serta mudah.

Mengajarkan Keteraturan

Seseorang yang menjalajan disiplin dengan terus menerus akan bisa mempunyai pola hidup yang teratur dan dapat mengelola waktu yang dimilikinya dengan baik. Sehingga atas keadaan inilah seseorang tersebut dapat mencapai hal-hal yang direncanakan.

Menumbuhkan Ketenangan

Percaya ataupun tidak, dengan adanya disiplin hidup akan tenang karena semuanya sudah teratur sebagimana yang menajdi konsekuesnsi dalam hidup. Ketenangan itu juga akan membuat sesorang lebih cepat berinteraksi dengan orang lain pada tahap berikutnya.

Tumbuhnya Rasa Percaya Diri

Sikap disipin yang ada dalam kehidupan juga akan terus berkembang ketika seseorang diberi sebuah kepercayaan dalam melakukan suatu pekerjaan yang dapat ia kerjakan dengan sendiri ataupun dikerjakan untuk kelompok.

Tumbuhnya Kemandirian

Dengan disiplin, seseorang akan belajar mandiri dan bisa diandalkan agar dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Sehingga atas konsepsi inilah prilaku disiplin yang dimiliki akan mengatarkannya mencapai gerbang kesuksesan seseorang/kelompok.

Tumbuh Keakraban

Dengan kemampuan beradaptasi yang terus diasah, seseorang akan menjadi lebih cepat akrab dan ramah terhadap orang lain. Kondisi ini bisa terjadi jika ada disipin dalam menjaga hubungan sosial sesame manusia, baik dalam berinteraksi, sosialisasi, dan lain sebagainya.

Prilaku Disiplin

Berikut adalah beragam kasus yang berhubungan dengan contoh-contoh disiplin di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, antara lain;

  1. Bangun di pagi hari ketika kita ingin begadang.
  2. Pergi bekerja ketika meski kita membenci pekerjaan dan ingin tinggal di rumah.
  3. Menahan diri dari makan terlalu banyak atau dari makan hal-hal tertentu karena tahu itu buruk untuk kesehatan walaupun sangat menginginkannya.
  4. Menolak untuk melihat materi pornografi atau melihat atau mendengarkan apa pun yang sesuai dengan nafsu karena tahu bahwa itu merusak secara spiritual.
  5. Menyensor semua yang kita baca atau tonton di TV, menolak membaca, menonton, atau mendengarkan yang tidak berkualitas, memantau dengan hati-hati makanan yang saya makan secara mental dan spiritual karena kita menjadi apa yang kita makan.
  6. Penekanan pada perbaikan diri terus menerus. Belajar memperbaiki diri saya meskipun saya tidak terlalu menikmati melakukannya.

Dan masih banyak lagi contoh disiplin yang ada. Disiplin harus diterapkan dimanapun dan kapanpun. Seperti disiplin di rumah, jalan raya, sekolah bahkan masyarakat. Demikianlah telah dijelaskan tentang manfaat disiplin. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *