9 Sarana Hubungan Internasional dan Contohnya

Diposting pada

DosenPPKN – Beragam kebutuhan yang dimiliki masyarakat dalam setiap arti bangsa mengindikasikan bahwa tidak ada bentuk negara yang bisa hidup secara mendiri. Kesemuanya memerlukan kerjasama yang dilakukan melalui serangkaian sarana hubungan internasional.

Sarana Hubungan Internasional dan Contohnya

Tujuannya sangatlah jelas, selain dapat memenuhi keinginan masyarakat juga dapat menjadikan landasan menjaga kedamaian dunia agar tetap pada kaidah yang berlaku. Hubungan internasional adalah studi mengenai keadaan keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah bentuk kerjasama internasional yang dilakukan setiap Negara dengan Negara lain dengan ciri khas kompleksitas tinggi. Hal ini lantaran dalam asas hubungan internasional senantiasa terdapat kesepatakan berbagai bidang yang diperlukan mekanisasi tersendiri untuk kepentingan bersama (umum).

Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Definisi mengenai hubungan inetrnasional ini secara langsung juga dikemukakan oleh banyak ahli, antara lain;

  1. Tulus Warsito, menurutnya definisi hubungan internasional adalah ilmu pengetahuan berkaitan dengan interaksi ekonomi, politik, budaya yang dilakukan suatu bangsa dengan bangsa yang berbeda, baik dengan jumlah banyak ataupun sedikit.
  2. Para Tradisionalis, menurutnya pengertian hubungan internasional adalah upaya diplomasi antar Negara dengan sistem strategi untuk mendiptakan kedamaian. Pengertian lain yaitu hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa dan berkembang pula kebiasaan.
  3. Trygive Mathisen, arti hubungan internasional kompleksifitas kerjasama yang dilakukan masyarakat dalam menjalani kehidupan untuk seluruh umat manusia yang berbeda Negara atau bangsa. Pendapat lain juga bahwa hubungan internasional adalah hubungan yang melibatkan bangsa bangsa.

Kesimpulan

Dari pengertian hubungan internasional menurut para ahli diatas dapatlah disimpulkan bahwa sejatinya kerjasama yang dilakukan oleh beda Negara dengan jumlah lebih dari 2 merupakan bagian hubungan internasional dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakatnya dan menciptakan kedamaian.

Sarana Hubungan Internasional

J. Frankel yang mengungkap bahwa ada beberapa sarana yang dapat senantiasa untuk dipergunakan oleh Negara-negara di dunia dalam hubungan internasional. Antara lain;

1. Diplomasi

Diplomasi adalah sarana hubungan internasional yang menjadi bagian bentuk kegiatan untuk menentukan tujuan dengan menggunan kemampuannya untuk mencapai tujuan tersebut, menyesuai kepentingan nasional dengan negara lain, menyelaras tujuan nasional agar berjalan dengan kepentingan bangsa atau negara lain, serta menggunaa sarana dan kesempatan sebaik-baiknya.

Fungsi diplomasi yang dilakukan oleh departemen luar negeri yang biasanya berkedudukan di setiap Ibukota Negara dilakukan dengan proses pengiriman dan perwakilan diplomatik yang berkedudukan di ibukota negara penerima Petugas yang mewakili negara di perwalcilan diplomatik disebut diplomat.

2. Propaganda

Propaganda dalam sarana hubungan internasional adalah usaha sistematis yang digunakan untuk memengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum, bukan kepada Pemerintahannya.

Informasi apapun dapat dijadikan bahan propaganda, tanpa ada batasan media yang pada saat ini sangatlah terbuka. Hal ini bisa mudah dilakukan lantaran adanya peran globalisasi yang sedang terjadi di setiap Negara-negara dunia.

3. Ekonomi

Sarana ekonomi dalam hubungan internasional digunakan oleh setiap perwakilan diplomatik secara luas, baik di masa damai maupun dilakukan pada masa perang. Dalam masa damai bisa sarana ekonomi ini terjadi dalam bentuk perdagangan atau bantuan internasional. Adapun khusus untuk masa perang bisa dalam tindakan perang ekonomi

4. Sosial

Bidang sosial dalam proses terjadinya hubungan internasional ini bisa terjadi beragam bentuknya. Misalnya pengiriman bantaun takalan suatu Negara terkena bencana alam, seperti halnya Indonesia pada tahun 2004 terjadi tsunami.

Pada masa itulah beberapa Negara yang menjalin kerjasama melalui hubungan internasional memberikan sejumlah bantau kemanusian dengan tanpa pinjaman. Sebagaimana hal ini dilakukan oleh Asutralia, Japang, Amerika Serikat, dan lain sebaginya.

5. Budaya

Sarana hubungan internasional  dalam budaya dapat dipastikan dapat menjadi pendukung bidang ekonomi sekaligus sarana untuk mempererat hubungan internasional yang ada di setiap Negara. Budaya ini bisa dilakukan proses kerjasama dengan pementasan musik klasik ataupun musik tradisional.

6. Kekuatan Militer

Sarana militer atau angkatan dalam hubungan internasional diaharapkan mampu memberikan kepercayaan diri suatu bangsa untuk menghadapi berbagai tekanan dan ancaman yang mungkin dilancarkan oleh negara lain. Bahkan kerapkali diperlukan latihan bersama dengan tujuan agar dapat diperhitungkan oleh negara lain.

Keadaan seperti itulah diharapakan akan menjadi kekuataan yang diperhitungkan sehingga membuat Negara-negara terasa berkesan dengan jumlah angkatan tentara serta keahliannya untuk bisa survaif takalan terjadi perang yang menakutkan.

7. Loby

Loby adalah salah satu bentuk yang menjadi bagian daripada sarana dalam hubungan internasional. Konsep lobby ini menyesuaikan dengan kepentingan yang dimiliki oleh setiap negara melalu Kementrian Luar Negeri atau perwakilan diplomatik untuk kemudian mempengaruhi negara lain agar bertindak sesuai keinginan.

Adapaun sebagai contoh lobby yang pernah dilakukan oleh Indonesia misalnya saja manakala Indonesia menjadi Dewan Keamanan PBB. Sebanyak empat kali, yang terakir di periode 2019 sampai dengan Tahun 2020. Keberhasilan ini selain menunjukan peran Indonesia dalam hubungan internasional juga mampu membuktikan esksitensi kemampuan orang-orang Indonesia di mata dunia.

Manfaat Hubungan Internasional

Hubungan internasional memiliki banyak manfaat bagi negara-negara ataupun aktor-aktor internasional lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari adanya hubungan internasional

Manfaat hubungan internasional dalam bidang ideologi

artinya menjadi benteng pertahanan bangsa terhadap ideologi negara asing yang berdampak negatif, sebagai bahan introspeksi jika ideologi Indonesia keluar atau menyimpang dari asal-usul nilai-nilai kebenaran, mempublikasikan bentuk ideologi kita kepada bangsa lain, dan menilai ciri-ciri ideologi negara lain, baik kaku maupun fleksibel.

Manfaat hubungan internasional dalam bidang sosial budaya

artinyauntuk memudahkan Indonesia menekankan budaya global, menambah wawasan budaya asing, menambah devisa negara, dan memperkenalkan negara Indonesia, baik budayanya berbeda atau ada. memiliki kesamaan dengan budaya lain.

Contoh Sarana Hubungan Internasional

Contoh yang dikemukakan dalam proses terjadinya hubungan internasional, khususnya pernah dilakukan Indonesia, antara lain;

1. Tindakan Militer

Tindakan pengamanan militer yang dilakukan Indonesia untuk daerah-daerah konflik. Hal ini terjadi sebagai pertsipasi dalam sikap kesosialan. Bentuknya misalnya saja dengan mengirimkan anggota TNI ke berbagai negara-negara di Timur Tengah yang tengah dilanda konflik, seperti Libanon dan Suriyah.

2. Kemerdekaan Palestina

Contoh lainnya, kasus dalam hubungan internasional bisa dilihat pada masyarakat Indonesia yang mengemukakan tentang kemerdekaan Rakyat Palestina di akui oleh PBB.

Kondisi seperti ini sebagai contoh diplomasi yang senantiasa menjadikan dalam hubungan diplomatik Indonesia selalu menyerukan kemerdekaan Palestina, khususnya untuk beragam Negara yang terjalin hubungan internasional dengan Indonesia.

Demikianlah serangkaian penjelasan mengenai macam sarana dalam hubungan internasional serta contohnya. Semoga melalui uraian ini bisa memberikan wawasan dan menambah ilmu pengetauan bagi segenap pembaca yang memerlukan literasi tentang “hubungan internasional”.

Arti Penting Sarana Hubungan Internasional

setiap negara yang akan menjalin hubungan internasional tentunya memiliki arti yang cukup penting bagi suatu negara tersebut. Berikut ini merupakan arti penting hubungan internasional bagi sebuah negara adalah:

  1. Menciptakan dan memelihara hubungan damai dan adil dengan negara lain
  2. Mencegah atau menyelesaikan konflik, perselisihan, permusuhan, persengketaan yang mengancam perdamaian dunia
  3. Mengembangkan cara menyelesaikan masalah melalui diplomasi atau perundingan yang berprinsipkan nilai-nilai etik
  4. Membangun solidaritas antarnegara
  5. Membantu negara lain yang sedang terancam hak kemerdekaannya
  6. Berpartisipasi dalam menciptakan ketertiban dunia
  7. Menjamin kelangsungan hidup suatu negara, kelangsungan keberadaan dan kehadirannya di tengah negara lain

Demikianlah artikel dari DosenPPKN tentang Sarana Hubungan Internasional. Semoga artikel yang tertulis dapat bermanfaat bagi paca pembaca. Terimakasih

Baca Juga :

Saya adalah lulusan Universitas Lampung Tahun 2022 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bercita-cita ingin menjadi dosen