Pengertian Hubungan Internasional, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Hubungan Internasional

Sebagai makhluk sosial pada hakikatnya setiap manusia membutuhkan kerja sama dengan manusia yang lainnya. Demikian pula halnya manusia di dalam lingkup negara akan dapat mempertahankan hidupnya apabila melakukan kerjasama dengan manusia yang ada di negara lain yang dikenal dengan kerjasama internasional.

Oleh karena itulah, dalam kehidupan bernegara di dunia setiap bentuk negara membutuhkan kerja sama dengan negara lain. Bertolak dan dasar pengertian inilah maka muncullah istilah hubungan internasional.

Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah serangkaian proses singkronisasi yang dilakukan dalam rangka mencukupi kebutuhan warga negara. Setiap negara perlu menjalin kerjasama dengan negara lain. Kerja sama antarnegara tersebut dinamakan arti kerjasama nternasionaI.

Melalui proses kerjasama dalam internasional yang melibatkan hubungan antarnegara dapat terselenggara dengan baik, selain itupula berbagai bentuk kabijakan serta kepentingan yang dibutuhkan Negara satu dan Negara yang lainnya akan mudah untuk dipenuhi.

Pengertian Hubungan Internasional

Pengertian hubungan internasional adalah proses komunikasi antarnegara yang dapat dilakukan melalui kontak Iangsung maupun komunikasi tidak langsung dalam bentuk kerjasama yang tidak terbatas pada halangan asas teritorialnya.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Adapun pendapat para ahli tentang arti hubungan internasional ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Vladimir I. Lenin

Definisi hubungan internasional adalah proses kerjasama yang dilakukan dalam ruang lingkup hukum-hukum internasional serta kepentingan internasional dalam rangka mencapai kedamaian serta menjaga kesetabilan yang ada di setiap Negara.

  1. Andrew Linklater

Arti hubungan internasional adalah ilmu pengetahuan yang mengungkap segala disiplin internasional dalam tatanan dunia, baik dalam segi hukum, kerjasama politik, ekonomi, dan lain sebaginya. Dalam arti ini secara langsung kehidupan antar Negara maju dan berkembang akan senantiasa melakukan kerjasama.

  1. Johan Galtung

Makna hubungan internasional adalah struktural sosial Negara yang melakukan kerjasama politik global atas dasar metode ilmu sosial serta tatanan kehidupan dunia internasional. Maka seyogyanya materi ini lebih fokus pada kerjasama tanpa batas.

  1. K.J. Hoksti

Makna sarana hubungan internasional adalah studi pengetahuan yang mendalami tentang sistem kerjsama internasional dari serangkaian kumpulan politik yang berdaulat dan merdeka (seperti suku bangsa, negara-negara bangsa, negara-negara kota atau imperium) yang selalu membutuhkan perenan dalam interaksi frekuensi teratur.

Kesimpulan Arti

Dari pengertian hubungan internasional menurut para ahli di atas, sangatlah jelas bahwa hubungan internasional dapat dipandang sebagal fenomena sosial maupun sebagal disiplin ilmu atau bidang studi. Sebagai fenomena sosial, hubungan internasional akan senantisa menberikan pengrauh yang luas.

Fenomena sosial dalam asas hubungan internasional ini dapat pula menyangkut konferensi-konferensj internasional kedatangan dan kepergian para diplomat, penandatanganan perjanjian-perjanjian pengembangan kekuatan militer, dan arus perdagangan internasional.

Tujuan Hubungan Internasional

Tujuan Hubungan Internasional

Beberapa tujuan yang diharapkan dari lahirnya hubungan internasional ini antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Menghindari Perang

Perang atau konflik sosial antar Negara senantiasa melahirkan banyak kerugian, baik material atupun non material. Atas dasar itulah dengan metode-metode perdamaian untuk menyelesaikan beragam pertikaian menjadi salah satu tujuan hubungan internasional di jalankan.

  1. Pengendalian Penduduk

Jumlah penduduk yang dapat mengancam keberlangsungan ekosistem menjadi salah satu landasan mengapa hubungan internasional dilakukan. Melalui kerjasama inilah setidaknya antar Negara akan mudah belajar dari proses pengendalian jumlah kuantitatif penduduk.

  1. Perlindungan Lingkungan

Tujuan dijalankan hubungan internasional yang dilakukan antar Negara akan dapat menjadi solusi atas perlindungan lingkungan. Hal ini lantaran setiap Negara yang melakukan kerjasama akan senantiasa melindungi dari keadaan yang membahayakan.

  1. Pemberantasan Penyakit

Tujuan dijalalankannya hubungan internasional dalam kesehatan Negara-negara di dunia, termasuk Indonesia ialah prosesi pemberantaskan penyakit yang saat ini ada beragam penyakit muncul dalam kondisi alam yang jauh lebih buruk.

Misalnya saja dalam hal ini seperti penyakit HIV dan penyakit kusta. Bahkan di Tahun 2020 lalu saat Idul Adha yang setiap negara terjangkit virus Corona menjadikan presiden Indonesia menghubungi Presiden Turki yang membicarakan terkait dengan penanggulangan wabah penyakit, khususnya corona.

  1. Kemelaratan Manusia

Tujuan hubungan internasional selanjutnya dalam rangka ekonomi ialah dengan menekan jumlah kemelaratan yang dialami oleh bangsa-bangsa di dunia. Kemelaratan ini bisa dilakukan misalnya dengan proses export atau impor, perdagangan internasional, dan lain sebaginya.

Manfaat Hubungan Internasional

Fungsi adanya kerjasama antar Negara-negara di dunia dapat menimbulkan beragam manfaat, hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh John Lewis Gaddis dalam bukunya, yang mendeskripsikan hubungan internasional akan mampu menjadikan sebuah tokoh negarawan untuk membangun dunia yang lebih baik.

Misalnya saja, dalam kondisi ini seperti terciptanya kedamaian sosial, kesejahteraan internasional, dan mengindari perang yang hanya dapat menimbulkan kerusakan-kerusakan alam, dan kondisi mengerikan lainnya.

Contoh Hubungan Internasional

Contoh kejadian yang dapat dilustrasikan sebagai bentuk kerjasama internasional, khususnya yang dilakukan Indonesia pada saat ini antara lain sebagai berikut;

  1. PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Badan-badan PBB bermarkas di Amerika Serikat dengan menangi dan menjaga perdamaian dunia. Bahkan Indonesia pada saat ini sampai tahun 2020 akan menjadi Dewan Keamanan Tidak tetap PBB. Bentuk kerjasama dilakukan oleh PBB ini misalnya saja memberikan bantuan resolusi konflik antar Negara, memberikan sosulusi atas ketidakmerataan ekonomi, dan lain sebaginya.

  1. ASEAN

Contoh lainnya peran Indonesia dengan negara lain dalam hubungan internasional ini misalnya saja adanya kerjasama ASEAN yang menjadi simbul daripada perkumpulan Negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Bentuk yang termuat dalam kerjasama ini bisa meliputi pada hukum, olahraga, dan ekonomi.

Untuk penjelas dari serangkaian bahasan tentang contoh kerjasama internasional di atas, dapat dikatakan bahwa materi hubungan internasional yang ada disuatu Negara dan telah disepakati bersama-sama antara lain adalah sebagai berikut;

  • Politik dunia internasional
  • Ilmu pengetahuan terhadap peristiwa internasional
  • Hukum
  • Organisasi administrasi
Kesimpulan

Penjelasan yang telah disebutkan secara tidak langsung mengindentifikasikan bahwa hubungan internasional sudah merupakan prinsip yang penting dalam berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini misalnya saja negara Indonesia menghendaki hubungan antarbangsa yang toleran, berperikemañusiaan, tidak merendahkan derajat bangsa lain, tidak saling menyerang, dan tidak dilandasi oleh chauvinisme.

Sehingga manfaat dalam hubungan internasional inilah setidaknya dapat diungkap bahwa bagi bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia sendiri. Kesadaran akan prinsip hubungan internasional semacam itu menegaskan perlunya kerja sama dengan bangsa lain.

Demikianlah pembahasan secara lengkap mengenai pengertian, tujuan, manfaat, dan contoh hubungan internasional. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bagi segenap pembaca yang membutuhkan pemahaman mengenai “hubungan internasional”. Trimakasih,

Saya adalah lulusan Universitas Lampung Tahun 2022 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bercita-cita ingin menjadi dosen