9 Manfaat PBB Bagi Indonesia dan Dunia

Diposting pada

9 Manfaat PBB Bagi Indonesia dan Dunia

PBB menjadi salah satu simbul organisasi internasional yang mampu menyatukan seluruh Negara berdaulat, secara de facto setiap arti bangsa merdeka akan senantiasa mentaai aturan yang menjadi komitmen bersama, yakni menjaga perdamaian dan kenyamanan bagi setiap warga Negara, PBB adalah singkatan dari persatuan bangsa-bangsa. Bahkan sampai saat ini, yang menjadi anggota PBB berjumlah 193 Negara, termasuk di dalamnya adalah negara Indonesia.

Adapun untuk peran PBB bagi Indonesia dan Negara diseluruh dunia, antara lain menjaga kerjasama internasional dan penyimpangan atas norma hukum yang ada. Bahkan prihal ini dalam upaya perdamaian antara suku yang datang di Indonesia Pasca Indonesia merdeka juga banyak dibantu oleh PBB dalam menjembatani sekaligus memediasi.

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

PBB yang memiliki singkatan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau dalam Bahasa Asing dikenal dengan United Nations Organization pertamakli dicetuskan oleh dua tokoh dunia, Franklin Delana Roosevelt (Presiden Amerika Serikat) dan Winston Churchill (Perdana Mentri Inggris) pada Tanggal 14 Agustus 1941 yang menghasilkan Piagam Atlantic Charter.

Sejarah singkat PBB ini tidak boleh terlupakan bagi siapapun, lantaran didalamnya terdapat asas-asas PBB dan Tujuan PBB dilahirkan sebagai upaya menjaga keamanan, kedamaian, dan memperlancar sarana hubungan internasional antar bentuk negara.

Manfaat PBB

Peran PBB
Peran PBB

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus mengenai peranan PBB bagi Indonesia dan bangsa-bangsa di dunia. Yakni;

  1. Peran PBB untuk Indonesia

Salah satu manfaat PBB bagi Indonesia ialah mampu menyelesaikan sengketa antara Indonesia dan Kolonial Belanda untuk masalah Irian Barat (Irian Jaya) yang saat ini menjadi Provinsi Papua. Hal ini dilakukan sejak bergabungnya Indonesia kedalam anggota PBB.

Manfaat menjadi anggota PBB bagi Indonesia pada saat itulah menjadikan U Thant sebagai sekjen PBB yang menganjurkan Ellsworth Bunker mengajukan usulan agar Belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia melalui PBB dalam waktu 2 tahun.

Usulan penyelesaian Irian Barat yang berisi penyerahan Irian Barat kepada Indonesia melalui PBB dalam kurun waktu 2 tahun inilah akhirnya Indonesia secara resmi memiliki makna kedaulatan secara penuh sehingga manfaat pbb bagi indonesia dapat dirasakan.

  1. Anti Penjajahan

Peran PBB untuk warga Negara ini khususnya dilakukannya kampanye program antipenjajahan di Kawasan Benua Asia dan Benua Afrika sehingga pada akhirnya banyak lahir negara-negara merdeka. Hal ini dilakukan lantaran pada saat itu terjadi perjajahan yang sangat siginifikan, seperti Penjajahan dilakukan Inggris, Belanda, dan Negara Eropa lainnya.

  1. Penyelesaian Konflik

Peran PBB yang sangat terasa bagi masyarakat dunia ialah mampu memberikan solusi bahkan menyelesaikan konflik yang peranah terjadi Timur Tengah perebutan kekuasaan dalam Terusan Suez antara Negara-negara yang berada di dalamnya sampai akhirnya konflik tersebut selesai.

  1. Menyelesaikan Konflik Amerika dan Rusia

Kedua Negara maju ini seringkali terlibat konflik yang berkepanjangan, bukan hanya soal teknologi akan tetapi dalam arti ideologi kedua Negara sangatlah berbeda, prihal ini Amerika lebih cenderung pada kapitalisme pasar sedangkan untuk Uni Soviet yang pada saat ini dikenal secara resmi menjadi Rusia ialah sosialis komunisme.

Adapun sebagai salah satu peran PBB untuk kedua Negara ini mampu memberikan penyelesaikan konfrontasi Amerika Serikat dan Rusia mengenai masalah penempatan peluru kedali di Kuba yang sebelumnya telah berlangsung konflik yang berkepanjangan.

  1. Pasukan Perdamaian

Peran lainnya yang terlihat dalam PBB ialah penempatan pasukan perdamaian di berbagai negara yang sedang dilanda konflik untuk mengawasi secara serius gencatan senjata seperti di Timur Tengah (Iran, Irak, Palestina, Afganistan, dan Israel), Namibia, Afrika, Vietnam, Bosnia, dan lain sebaginya lain-lain.

  1. Ekonomi

Peran PBB dalam ekonomi yang terlihat secara nyata misalnya saja ialah memberikan serangkaian bantuan keuangan, fasilitas, dan tenaga ahli untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat di negara berkembang seperti melalui badan-badan PBB di bawah kendalinya, seperti UNICEF, WHO, FAO, UNESCO, UNDP (United Nations Development Programme), IMF, Woild Bank, dan sebagainya.

Bahkan untuk di Indonesia peran PBB dalam ekonomi ini juga terlihat pada masa Jatuhnya Orde Baru yang pada saat itu dibawah kendali Presiden Soeharto. Secara serius PBB memberikan bantuan pengentasan krisisi moniter melalui pinjaman uang dari IMF  (International Monetary Fund).

  1. Bagunan Sejarah

Nilai sejarah menjadi salah satu unsur yang tidak boleh dilupakan setiap bangsa-bansga di dunia, dalam peranannya PBB pernah memberikan serangkaian bantuan dana untuk renovasi bangunan bersejarah seperti Candi Borobudur di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

  1. Kesehatan

Dalam urusan kesehatan peran PBB juga terlihat siginifikan. Misalnya saja dalam upaya ini PBB membentuk WHO yang berusaha memberikan bantuan penanggulangan penyakit-penyakit kronis dan menular, seperti cacar dan HIV (AIDS).

Bahkan sejak adanya virus corona pada saat ini yang menyerang beberapa negara besar di dunia termasuk juga Indonesia tak luput dari adanya saran atas bantuan PBB dalam menanganinya. Misalnya, bantuan dari bidang kesehatan adalah pemberian vaksin, pemberian alat kesehatan yang sangat berguna bagi bangsa Indonesia.

  1. Sosial

Dalam segi sosial peran PBB yang dapat dilihat misalnya saja tentang pemberiankan bantuan kepada pengungsi internasional, yang dilakukan melalui UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees). Bantuan ini khusus diberikan kepada Warga Negara dunia yang sedang dilanda bencana alam, konflik sosial, dan lain sebaginya.

Bahkan khusus bidang sosial PBB juga berperan dalam membantu pengungsi di Aceh (Indonesia) dan rekonsiliasi pembangunan melalui struktur organisasi PBB, yang pada tahun 2004 salah satu Provinsi di Indonesia ini terkena Tsunami dengan kerugian material dan non material rutasan miliar.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang peran PBB bagi Indonesia dan dunia diatas secara keseluruhan dapatlah disimpulkan bahwa konsep utama dari organisasi ini ialah mengangkat harkat dan martabat setiap manusia, untuk mendapatkan hak-haknya sebagai Warga Negara melalui proses untuk mewujudkan perdamaian, keamanan, peningkatan kesehatan, dan kesejahteraan secara ekonomi serta mewujudkan perdamaian dunia untuk semua negara di belahan dunia.

Demikianlah tulisan tentang manfaat PBB bagi Indonesia dan dunia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan edukasi bagi segenap pembaca yang mencari referensi tentang materi terkait dengan bahasan “PBB”.

Saya adalah lulusan Universitas Lampung Tahun 2022 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bercita-cita ingin menjadi dosen